Ini Dia Panduan Wisata Untuk Liburan Paling Seru di Sabang

0
()
Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata yang keindahannya tiada tara. Salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi untuk holiday anda yang luar biasa adalah kota Sabang.
Ini adalah salah satu kota yang terletak tepat pada bagian paling barat Pulau Sumatera dan merupakan kota paling ujung di wilayah barat Indonesia. Wisata ke kota ini akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk Anda dibandingkan kota besar di Indonesia lainnya.
Jika Anda sudah bosan dengan gaya hidup modern yang penuh dengan mall dan pusat perbelanjaan high class maka sudah saatnya Anda menikmati keindahan alam Indonesia di tempat ini. Ada yang mengatakan bahwa nama Sabang memiliki arti yang unik yaitu Santai Banget karena memang berkunjung ke kota ini akan membuat Anda lupa akan segala penat akibat kesibukkan yang menyita waktu dan pikiran Anda.
Berikut ini adalah beberapa daftar tempat wisata yang wajib harus Anda datangi ketika menginjakkan kaki ke kota Sabang Indonesia.
1. Menapak Kaki di “Kilometer 0” Paling Ujung Barat Indonesia
Yang pertama adalah kita akan mengunjungi kawasan wisata Tugu Titik Nol Kilometer Indonesia. Ini adalah penanda yang berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Sabang.
https://www.flickr.com/photos/141651263@N04/

 

Ketika Anda sudah berhasil menginjakkan kaki ke titik nol kilometer di Sabang ini Anda akan langsung mendapatkan surat seperti sertifikat yang diberikan oleh biro perjalanan asli Sabang sebagai bukti nyata bahwa Anda sudah pernah berdiri secara langsung ke kawasan titik nol kilometer Indonesia.

Lokasi: 60 menit dari kota sabang, Penginapan: Penginapan terdekat berjarak 5 Km dari tugu 0 km, Tips: pastikan bensin kendaraan yang anda bawa cukup, karena anda tidak akan menemukan pom bensin disekita lokasi 0 kilometer.

2. Tersihir Indahnya Alam Bawah Laut “Iboih”
Setelah mengabadikan moment di kawasan titik nol kilometer Indonesia di kota Sabang, saatnya Anda menjelajah kawasan wisata alamnya yang pertama yaitu Pantai Iboih. Ini adalah salah satu pantai andalan di kota Sabang yang memiliki pemandangan bawah laut yang luar biasa indahnya.
https://www.flickr.com/photos/yunaidi-joepoet/

 

Di Ujung bagian paling Barat pulau Sumatera ini Anda bisa menikmati hamparan pasir putih yang bersih dengan air laut yang biru tenang. Kawasan pantai ini masih sangat asri dan orang sekitar banyak menyebutnya juga dengan nama Teupin Layeu. Air pantainya masih sangat jernih dan kebersihannya sangat terjaga. Berada di pantai ini Anda sekaligus bisa snorkeling atau menyelam dan menikmati secara langsung banyak jenis ikan dan hamparan karang hidup yang sangat indah.

Lokasi: Pantai iboih berlokasi di kelurahan iboih kecamatan sukakarya, 40 menit dari pusat kota sabang, Penginapan: tidak perlu khawatir akan fasilitas penunjang yang terdapat di pantai iboih, disekitaran pantai terdapat hotel dan cottage yang dapat anda sewa dengan harga variatif.

3. ” Benteng tua Anoi Itam” dengan pemandangan indah
Selanjutnya kita akan mengunjungi tempat wisata yang kaya akan nilai sejarah yaitu benteng Anoi Itam yang merupakan salah satu benteng peninggalan bangsa Jepang saat masa penjajahan di Indonesia dahulu kala. Letak benteng ini sangat dekat dengan pantai Anoi Itam tepatnya di bagian timur dari pusat kota Sabang.
pedomanwisata.com
Baca Juga:  Objek Wisata Khas Yang bisa Anda Kunjungi di Sumatera Barat

 

Dulu, benteng ini berfungsi sebagai gudang senjata tentara Jepang sekaligus sebagai benteng pertahanan saat perang. Posisinya sangat unik karena berada di dalam tanah dan bagian atasnya hanya terlihat seperti telapak kaki kuda saja. Berkunjung ke tempat ini bisa sekaligus membuat Anda seakan kembali ke masa lampau saat masa perang Indonesia melawan Jepang.

Lokasi: Terletak di desa anoi itam sekitar 15 kilometer dari kota sabang, Penginapan: takjub dan ingin berlama lama di pantai ini? jangan khawatir di sekitaran pantai terdapat penginapan yang dapat anda pilih dengan harga sekitarRp.200.000 an per malamnya.

4. Berasa Memiliki Pulau Pribadi di Pulau Tanpa penghuni “Pulau Klah”
Setelah lelah mengunjungi bangunan jaman perang, sekarang kita akan mengunjungi sebuah pulau indah yang terletak di bagian barat Pulau Weh. Pulau ini bernama Klah yang memiliki pemandangan yang sangat indah. Berada di tempat ini seketika akan membuat rasa lelah Anda hilang karena hamparan lautan biru dengan banyak batuan karang yang tersebar secara alami.
blog.redoorz.com

 

Udara yang masih sangat segar dan bersih dengan situasi yang sangat tenang cocok sekali digunakan untuk santai dan istirahat. Untuk Anda yang ingin bulan madu, Pulau Klah merupakan salah satu tempat yang paling direkomendasikan di Sabang.
Pagi hari Anda bisa snorkeling, diving atau bermain pasir di pantai lalu sore hari Anda bisa menikmati pemandangan romantic matahari terbenam dari pinggir pantai.
Malam harinya, jangan lupa nikmati suasana intim bersama pasangan dengan barbeque makanan laut yang segar. Untuk yang ingin bermalam disini bisa membangun tenda kemping sendiri karena memang Pulau Klah termasuk pedalaman yang masih terbatas fasilitas umumnya.

Lokasi: sebelah barat pulau sabang, Penginapan; terdapat banyak bungalow dengan harga variatif bahkan anda dapat berkemah sendiri di tepi pantai

5. Menemukan Hidden Paradise di Pulau Weh
Sekarang kita akan menjelajah salah satu pulau di Sabang yang tersohor sampai ke berbagai belahan dunia lainnya yaitu Pulau Weh. Ini adalah salah satu pulau teramai di kota Sabang. Bagi Anda yang hobby olahraga air seperti surfing, menyelam atau sekedar snorkeling dan berenang di pantai yang landai maka tempat ini adalah yang terbaik.
embunpagitours.com

 

Pulau Weh merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola secara professional baik oleh pemerintah maupun oleh masyarakat sekitar sehingga sudah tertata dan terdapat berbagai fasilitas lainnya juga sudah tersedia seperti cottage, villa dan hotel yang bisa Anda sewa untuk bermalam sembari liburan disini bersama keluarga. Untuk yang ingin honeymoon bisa memesan tempat jauh hari sebelum kedatangan Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajah setiap tempat yang ada di Pulau Weh selama masa liburan Anda disini.
6. Berpetualang Menemukan Air Terjun Rahasia “Air Terjun Pria Laot”
Siapa biang sabang cuma punya pantai yang indah, disini Anda juga dapat bepetualang dan menemukan air terjun yang sangat cihuuui sekali, air terjun yang dikelilingi panorama perbukitan dan hijaunya alam.
ksmtour.com
Baca Juga:  Kumpulan Tempat Wisata Sumatera Barat Terbaru

 

Eiits, tapi untuk menemukan lokasi air terjun ini tidak lah mudah, karena lokasinya tidak dapat dijangkau oleh kendaraan anda harus berjalan kaki sepanjang 1 kilometer melewati hutan, tapi jangan khawatir di sepanjang jalan anda juga dapat menikmati pemandangan hutan yang eksotis.

Lokasi: Berada di hulu gunung sarung keris sebelah selatan pulau sabang atau sekitar 12 kilometer dari pusat kota sabang, Penginapan: sayangnya belum ada penginapan di sekitar air terjun, Tips: gunakanlah kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan karena tidak ada angkutan menuju ke arah lokasi air terjun, lalu siapkan uang sebesar Rp.5000,- untuk biaya parkir kendaraan, karena anda hanya bisa memarkirkan kendaraan anda di jembatan desa sekitar wilayah air terjun.

7. Melihat Kawah Aktif di “Kawah Volcano Jaboi”
hijrahheiji.blogspot.com

Ingin melihat kawah aktif sambil merebus telur? maka pergilah ke kawah volcano jaboi..

Anda dapat melihat kawah aktif sekaligus merebus telur disini, tapi ingat untuk membawa masker karena aroma kawah mengandung sulfur yang sangat menyengat hidung.

Lokasi: Anda dapat menuju ke lokasi volcano jaboi sekitar 15 kilometer dari kota sabang, tepatnya di desa jaboi (gampoeng jaboi), Tips: Bawalah masker

8. Memanjakan Lidah Dengan kenikmatan Sate Gurita dan Mie Jalak 
Sudah berpetualang keliling kota Sabang??… jangan lupa berburu sajian kuliner khas yang tidak akan Anda temukan di kota asal Anda. Salah satu sajian yang cukup menggugah selera adalah sate gurita. Hmmm…
ummimazzam.xyz

 

Yang istimewa adalah daging sate yang digunakan bukanlah ayam, sapi atau cumi-cumi melainkan gurita yang sudah dipotong kecil-kecil lalu diberi  bumbu khas. Penyajiannya hampir sama dengan menu sate pada umumnya berupa bumbu kacang atau kecap.
Selain itu ada juga makanan khas Sabang berupa mie jalak yang konon sudah menggunakan resep special sejak dari jaman Belanda dulu. Rasa khas mie dengan bumbu unik akan membuat menyantap satu porsi mie jalak tidaklah cukup.
9. Berburu Souvenir ala Sabang
fotosabang.blogspot.com

Setelah perut kenyang jangan lupa berburu berbagai macam souvenir dan oleh-oleh khas Sabang seperti salak yang asli dari perkebunan di Balohan. Salak khas Sabang tidaklah basah melainkan kering, renyah namun rasanya manis.

Harga perkilonya cukup terjangkau sehingga cocok sekali untuk dibawa sebagai oleh-oleh keluarga. Kemudian Anda bisa juga belanja di Kaos Piyah yang alamatnya terletak di Jln Cut Mutia nomer 11 di kota Atas. Selain kaos unik dengan desain yang tidak pasaran disini juga tersedia berbagai cinderamata seperti gantungan kunci, mug, tas, boneka, pin, topi.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *