Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Wisata Songgoriti Batu Malang

/
523 Views
0
()

Sebentar lagi, musim liburan akan segera tiba. Tidak ada salahnya jika Anda merancanakan liburan sejak sekarang. Nah, bagi Anda yang sedang ingin berlibur tapi tidak tahu mau kemana, tenang saja. Kali ini akan ada informasi tempat wisata yang sangat recomended untuk dikunjungi bersama keluarga besar yaitu Wisata Songgoriti.

Ya tentu saja pilihannya akan jatuh ke Kota Batu Malang. Kenapa harus Kota Batu Malang? Tidak ada alasan lain, karena Kota Batu Malang adalah surganya orang-orang yang ingin mendapatkan liburan nyaman dibarengi dengan suasana sejuk dingin pegunungan. Jarang sekali lho ada tempat seperti ini, dan Batu adalah satu yang terbaik di Indonesia.

Bagi Anda yang berada di luar Kota dan mengira bahwa Kota Batu hanya memiliki Jatim Park 1, Jatim Park 2, Museum Angkut, dan BNS, maka Anda perlu tahu yang satu ini. Bukan bermain wahana seru yang penuh dengan atraksi, namun justru wisata keren yang membuat Anda makin dekat pada alam. Jangan salah, Kota Batu juga punya wisata alam yang menakjubkan selain gunung-gunung.

Wisata Songgoriti adalah taman wisata yang bisa juga disebut sebagai surga air di kawasan Kota Batu, Malang. Bagaimana tidak, Wisata Songgoriti menyajikan pesona air khas kawasan pegunungan. Ada banyak fasilitas juga, termasuk pemandian air panas, kamar hotel, lapangan parkir, kolam renang, asrama karyawan, mushola, restoran, dan dua lapangan tenis berstandar nasional.

Wisata Songgoriti ini masih dikelola oleh PD Jasa Yasa milik Pemerintah Kabupaten Malang, meskipun berada di wilayah Kota Batu. Pemkab Malang mulai mengelola wisata ini sejak tahun 1969, dan pada tahun 1973 diserahkan kepada PD Jasa Yasa.

Daya Tarik

Di halaman depan Taman Wisata Songgoriti terdapat banyak batu yang dipahat membentuk topeng mengelilingi tembok lokasi ini. Memasuki tempat wisata, beberapa patung anak-anak yang sedang memainkan alat musik akan menyapa pengunjung. Semakin ke dalam, suasana asri kian terasa dengan hadirnya pepohonan cemara nan rimbun.

Yang menarik adalah Wisata Songgoriti memiliki tiga pulau buatan di tengah danau. Pulau pertama terdapat patung legenda Kera Sakti Sun Go Kong lengkap dengan teman-temannya dan Bikso Tong yang berniat mencari kitab suci ke Barat. Patung mereka digambarkan seolah sedang menyeberangi sungai dengan bantuan kura-kura raksasa.

Nah, di pulau kedua terdapat patung seorang ksatria yang sedang menaiki sebuah kereta lengkap dengan sejumlah ekor kuda di depannya. Sementara itu, pulau ketiga berupa pulau kecil yang memiliki patung menyerupai pohon tinggi yang diukir mirip dengan patung khas kerajaan Inca.

Baca Juga:  18+ Kolam Renang di Malang

Menariknya, dari tepian danau menuju ke pulau ini juga dihubungkan dengan jembatan kecil melengkung nan indah yang bisa dilewati bagian bawahnya. Pengunjung yang ingin menikmati pemandangan air di sepanjang kolam ini bisa menyewa sepeda air atau perahu seharga 5.000 per orang selama 15 menit.

Area di bawah kolam sepeda air adalah taman luas untuk tempat bermain anak-anak yang dilengkapi dengan berbagai jenis mainan anak-anak seperti ayunan, jungkatan, dan berbagai jenis mainan lainnya. Ada juga berbagai jenis patung, mulai dari patung hewan seperti gajah dan juga patung cerita anak-anak seperti putri salju dengan tujuh kurcacinya.

Uniknya, ada replika buah-buahan raksasa yang terdapat di sini dan memiliki lubang besar, dengan tempat duduk di dalamnya. Ini bisa digunakan untuk tempat selfie bersama keluarga. Keren deh pokoknya!

Kesan pertama yang akan sangat menempel diingatan Anda adalah saat baru masuk kompleks wisata ini. Anda akan disambut dengan gapura megah lengkap dengan tulisan ‘Selamat Datang di Wisata Songgoriti’. Anda hanya perlu menempuh sekitar 100 meter saja dari gerbang, maka Anda sudah dapat menjumpai loket.

Fasillitas & Wahana

Wisata Songgoriti bisa digunakan sebagai tempat outbond. Banyak sekali orang yang melakukan outbond disini karena memang suasana dan tempatnya cukup mendukung. Misalnya saja udara yang sejuk lantaran banyak pohon randu, beringin, dan asem yang ada di dalam Tirta Nirwana Songgoriti.

Selain itu juga ada fasilitas kolam renang yang bisa digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak. Ini menandakan bahwa Tirta Nirwana Songgoriti bisa digunakan sebagai lokasi outbond untuk TK, SD, SMP, SMA, dan perusahaan.

Belum lagi adanya gazebo dan pendopo yang bertebaran di setiap blok taman Wisata Songgoriti. Dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang, dan aman pula.

Di tempat outbond Wisata Songgoriti terdapat banyak sekali fasilitas menarik, seperti ammusement park atau tempat bermain anak-anak, flying fox, dan dekat dengan pasar khas oleh-oleh Batu, dan juga pasar Buah-Sayur dan kelinci.

Selain bisa menikmati semua wahana menarik di lokasi ini, Anda juga bisa berlama-lama di sini untuk sekedar menikmati panorama pegunungan dan menghirup udara yang sejuk. Anda bisa menyaksikan pemandangan ini dengan sempurna dari semua titik.

Kolam Renang Tirta Nirwana Songgoriti
Tirta-Nirwana-Songgoriti

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Tirta Nirwana Songgoriti memiliki kolam renang yang dapat digunakan untuk kalangan dewasa dan anak-anak. Kolamnya pun sangat luas dan bersih.

Baca Juga:  Taman Rekreasi Tlogomas

Selain itu, ada fasilitas penunjang khas dari pemandian, yaitu kamar mandi untuk membilas tubuh dan ganti baju, toilet, dan musholla yang semuanya gratis. Dari kolam renang ini pun pengunjung lokasi outbound di Malang ini dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang hijau nan cantik.

Kolam renang di Tirta Nirwana Songgoriti ini juga menjadi salah satu daya tarik yang besar. Karena biasanya setelah melakukan outbond, para peserta di ajak berenang bersama dengan keceriaan yang luar biasa. Itu bisa menjadi penutup kegiatan yang menyenangkan, lho.

Pasar Sognggoriti
Pasar Songgoriti
Sumber Foto: Gm Rudy Prayitno

Nah, bagi Anda yang berasal dari luar Kota Batu Malang dan ingin membawa oleh-oleh, jangan khawatir. Di samping area wisata Songgoriti juga terdapat pasar wisata yang menyediakan oleh-oleh khas Batu. Masyarakat sekitar banyak yang berjualan beraneka ragam tanaman hias, bunga-bungaan hingga buah-buahan.

Di sini banyak tersedia aneka sayuran pegunungan dan buah-buahan seperti mangga, apel, alpukat dan sebagainya. Tentu saja dengan harga yang masih bisa ditawar. Ada juga yang berjualan binatang peliharaan seperti kelinci, hamster, marmut, burung dan lain-lain. Banyak juga yang berjualan souvenir dan berbagai peralatan rumah tangga. Bahkan mainan anak-anak, baik yang berbahan kayu atau plastik juga dijual di kawasan pasar wisata ini.

Candi Songgoriti
Candi Songgoriti

Candi Songgoriti ini adalah candi yang paling tua yang ada di Jawa Timur. menariknya, meskipun demikian sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan tahun pembuatannya. Diduga berasal dari masa pemerintahan Mpu Sindok, yakni sekitar abad ke 9 sampai 10 Masehi ketika perpindahan kekuasaan dari Jawa Tengah ke Jawa Timur.

Akan tetapi sejarah menyebutkan bahwa Candi Supo ini pertama kali ditemukan oleh Van ijsseldijk pada tahun 1799. Candi Songgoriti berukuran 14,36 x 10 meter, tinggi 2,44 meter. Candi ini menjadi hal menarik yang dapat Anda temui jika berkunjung ke sini.

Tiket Masuk

Tiket masuk ke dalam kawasan Tirta Nirwana sendiri dibandrol Rp 15.000 rupiah per orang jika ada di akhir pekan. Namun jika Anda datang ke sini di hari biasa atau hari kerja, tiket masuknya hanya Rp 12.500 saja. Cukup murah, bukan? Selain untuk karcis, pengunjung harap menyediakan uang untuk ongkos parkir jika membawa kendaraan pribadi.

Alamat & Lokasi

Bagi Anda yang tidak tahu, Wisata Songgoriti terletak di Jl. Songgoriti No.51 Desa Songgokerto, Kota Batu, Malang.

Untuk menuju tempat wisata Songgoriti ini cukup mudah, karena akses jalan dan letaknya strategis di antara Jalan Songgoriti dan Jalan Arumdalu, Batu. Dari pusat Kota Malang berjarak sekitar 21 km. Udaranya terbilang sejuk karena berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut. Kawasan ini juga dikelilingi oleh Gunung Banyak, Gunung Bale, dan Gunung Rajekwesi, yang menambah keindahan panorama sekitarnya.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat