Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Wisata Ke Lombok Ala Backpacker

/
25 Views
img
Lombok…. surganya pantai .. gili.. dan … pulau dengan gunung no 2 tertinggi di indonesia. Di pikiran saya kalo ke lombok itu budget pasti harus banyak paling enggak bawa sekitar 2 juta an lah.. tapi praktek nya gk harus bawa duit banyak kok ke lombok. Waktu saya nekat ke sana ,saya hanya mengantongi budget sekitar satu juta an.. limit kan? Dengan budget segitu harus cukup buat keliling lombok dan sampai lagi ke rumah. yuhuu.
Solusinya saya memakai perjalanan dengan cara backpaker. of cours.. sebelum gowes paling enggak kita harus punya info ato cari tau dulu kita mau kesana naik apa, jalur- jalur untuk kendaraan nya dan juga di mana kita nginep ntar. Nah.. itu juga saya lakuin, sebenarnya ada 2 pilihan buat kita bisa nyampe Lombok dengan cara backpaker, yang pertama bisa naik bus yang langsung sampai ke kota Mataram dengan harga tiket sekitar Rp.350000 – 400000 ribu an. Dan lagi”
Saya harus meminimalkan anggaran , so… saya coba alternatif  ke 2 yaitu naik kereta dari stasiun Lempuyangan jogja dengan tujuan stasiun Banyuwangi baru di banyuwangi kemudian nglanjutin lagi dengan naik kapal feri dari pelabuhan ketapang sampai ke gili manuk ,dan dari gilimanuk di lanjutin lagi pake kendaraan darat yaitu bus menuju pelabuhan Padang bai di Bali untuk bisa nyebrang ke pelabuhan Lembar di lombok.
Dan, pagi itu saya berangkat bersama 3 orang teman saya dari stasiun Lempuyangan, dengan Tiket kereta yang sudah di pesan jauh” hari untuk tujuan banyuwangi, dengan harga tiket Rp.50.000 dan saya saranin buat backpaker yang berniat pake kereta buat pulang pergi nya , mending booking tiket nya buat 2x jalan waktu pergi dan pulang nya.Untuk ukuran kereta api ekonomi backper semua pasti udah tau lah tingkat kenyamanan nya kaya gimana… pasti bisa bayanginn dong..?? tapi lumayan lah AC jalan walupun  nggak dingin ,di saranin buat temen” yang pergi nya rame” mending bawa permainan kaya kartu uno ato permainan yg lain , biar di dalem kereta kita nggak mati gaya, soal nya kita di dalem kereta selama 12 jam.
Setelah perjalan yang lumayan bikin pantat tepos akhir nya kita nyampe juga di stasiun banyuwangi baru.dari situ kita masih harus harus ngelewatin satu pulau lagi yaitu Bali. Jarak dari stasiun banyuwangi baru ke pelabuhan ketapang nggak jauh kok kurang lebih 500meter an lah. jadi begitu kita turun dari kereta perjalan bisa kita tempuh pake kaki, alias jalan kaki.
Begitu nyampe di pelabuhan ketapang kita langsung aja tu masuk lewat jalur khusus buat pejalan kaki, nggak jauh dari pintu masuk udah terdapat loket penjualan tiket kapal penyebrangan feri, dan harga tiket untuk pejalan kaki hanya Rp.6500 . Nggak perlu nunggu lama buat bisa nyebrang ,soal nya armada kapal nya banyak kok , jadi begitu kita dapet tiket bisa langsung naik kapal nya. Lama perjalan pas kita nyebrang ke bali itu sekitar 30 menit, buat temen” yang memang meminimalkan budget di saranin buat membeli makan ato minuman di darat aja.. karna harga makanan dan minuman di atas kapal harga nya bisa naik sampai 3x lipat nya.
Pukul 00.45 wita kita tiba di pelabuhan Gilimanuk bali, begitu kita turun.. udh banyak tu calo yang nawarin tiket bus tujuan pelabuhan padang bai, tapi hati” pandai”lah menawar. Setelah negosiasi dengan salah satu calo di pelabuhan, akhirnya kita sepakati kita bayar Rp. 40.000 per orang .dengan harga segitu akhirnya kita berangkat menuju pelabuhan Padang bai Bali.
Nggak berasa tau” pas bangun sekitar jam setengah 4 pagi waktu bali ehh udah nyampe aja di pelabuhan Padang bai. begitu nyampe pelabuhan di sini sepi , nggak seramai di gilimanuk tadi, cuma dari jauh udah keliatan kapal Dharma Nusantara yang udah nyander di dermaga. Harga tiket untuk nyebrang ke lombok seharga Rp.40.000 untuk pejalan kaki.
Setelah nyampai, beli tiket dan nggak lama setelah kita masuk ke kapal, kapal nya langsung angkat jangkar dan gowess…….. sekedar info.. pas kita nyebrang ke lombok kita pakai kapal dharmanusantara2 kapal nya bisa di bilang bagus, jauh dari kapal feri yang huat nyebrang dari ketapang ke bali tadi, dan fasilitas di dalam kapal ini semua nya free.. termasuk kalo kita mau tidur ,
Kita nggak harus bayar chars.. kalo udah kaya gini manfaatin aja fasilitas yang udah ada, tapi jangan lupa.. keep cleaning ya.. sampah nya jangan di buang kelaut… begitu masuk tempat pertama yg saya cari adalah tempat buat tidur, dan disini nyaman bgt… tapi saya pikir sayang juga kalo nggak manfataain buat jalan” ngliat” kapal. akhir nya saya keliling kapal dan pas banget pas nyampe di dek paling atas.. beuhhh view nya gunung gede.
Gunung tertinggi di pulau bali dan waktu itu pukul 05.30wita, bener banget moment nya pas sunrise. Tpai sayang waktu itu matahari nya ngumpet di balik kabut yang agak tebel jadi “dia” nya nggak keliatan, but its oke… suasana sama background gunung gede nya ngobatin.
setelah hampir 4 jam di dalam kapal, akhirnya pulau lombok pun mulai keliatan, pertama kali liat gk nyangka kalo termnyata lombok bakal keren banget, soal nya tu pas liat cuma bukit” tandus dan gersang karna memang curah hujan di lombok sangat sedikit di bandingkan dengan wilayah indonesia yang lain.
Welcome to lombok… after a long trip yang lumayan capek…tujuan pertama begitu sampai di lombok adalah mencari Ru,mah singgah backpaker lombok, yang letak nya ada di jalan bangil 6 mataram lombok. buat sampai kesana kita dapet mobil sewaan seharga Rp.20000 per orang dan di anterin sampe tujuan guys.. kayak travel gitu, dan jangan salah lagi” kita harus pintar” bernegosiasi dengan calo yang ada. karna di lombok ini minim dengan ada nya angkutan kota ya mau gimana lagi , ini adalah sarana transportasi yang memang harus dipilih. selain menyewa mobil ada juga alternatif lain yaitu dengan menyewa kendaraan roda dua alias motor.
Biaya sewa motor disini sama kaya di jogja Rp.50000 perhari dan permotor, belum termasuk bensin ya… Setalah perjalan kurang lebih 45 menit dari pelabuhan Lembar sampailah kita di Rumah singgah Lombok backpaker, disini.. kita banyak ketemu sama temen” backpaker dari seluruh Nusantara bahkan dari Luar negri.Kita bisa saling sharing pengalama” selama kita menjelajah negri yang Amazing ini. Di rumah singgah ini tuan rumah nya baik nya parah banget, kita semua di ijinin buat bermalam tanpa di pungut biaya , tapi buat temen”backpaker semua di mohon kerjasama dalam menjaga rumah singgah ini agar keberadaan rumah singgah ini berlangsung lamaaaaa.
Kebetulan malam ini di Rumah singgah yang empunya rumah lagi mau ngadain acara tahlilan bareng sekaligus syukuran ulang tahun nya anak nya Bapak sama ibuk yang punya rumah, jadi suatu kebetulan yang menguntungkan buat kita, karna malam ini bakal diadain acara makan bersama , di lombok acara seperti ini di namain BAGIBUNG makan bersama dengan alas daun pisang yang panjang, menu nya ajibb banget , plecing kangkung, di tambah dengan ayam bakar dan ikan bakar . nikmat banget.. karna masakan nya enak bgt buat pecinta pedes bakalan ketagihan makan plecing kangkung buatan emak ini. selain keberuntungan dapet makanan yang enak, kita juga nggak harus mikirin keluar duit lagi buat beli makanan buat malam ini, alhadullillah…
Dan hari berikutnya kita berada di lombok…. hari ini kita berencana mengeksplor keindahan pantai yang berada di lombok selatan, sudah dapet beberapa rekomendasi dari mas” Lmbock backpaker semalam. Perjalan pagi ini bakalan kita tempuh dengan menggunakan sepeda motor yang kita sewa seharga Rp.50000 per motor , karna kita pergi ber4 maka kita sewa dua motor. kalo udah di rumah singgah sih nggak perlu susah nyari sewaan motor ato mobil, karna disini bapak sama emak baik banget mau bantuin kita buat nyari sewaan motor ato mobil.
Setelah sarapan sekitar pukul 08.30wita kita gowes berangkat menuju selatan Lombok. destinasi pertama kita adalah pantai Kuta yang berada di selatan Lombok. pantai Kuta iini terletak di desa Kuta Nusa tenggara barat. pantai dengan Hamparan pasir putih ini Indah banget.. Kuta di bali indah juga cuma saya lebih seneng berada di Kuta lombok , nggak ada tiket masuk disini, kita hanya di kenakan biaya parkir saja sebesar Rp.5000 . puas kita jalan” main-main di pantai ini , perjalanan kita lanjutin ke pantai tanjung a’an .
Tempat ini nggak jauh dari pantai kuta, hanya berjarak 3km dari pantai kuta dan masih termasuk di dalam desa kuta, pantai ini terletak di kawasan mandalika resort. ada yang menarik dari pantai tanjung a’an ini. pantai iini sebenar nya berdampingan dan di pisahkan oleh tanjung yang berubpa bukit batu. di kedua sisi pantai nya juga terdapat perbedaan , di sisi kanan pantai ini berpasir kecoklatan dengan butiran pasir yang lebih gede.. mungkin segede biji merica, dan sisi kiri pantai ini berpasir putih dan sangat lembut hampir menyerupai terigu.
Bening nya air laut yang di padupadankan dengan perbukitan hijau dan putih nya wawan komposisi yang ciamik banget buat yang hobi foto untuk menambah koleksi foto lanscape nya. Dan dari pantai ini kita juga bisa menuju ke batu payung, salah atu alternatif nya dengan menunggangi perahu nelayan , ato menunggu air laut saat surut dan kita berjalan kaki sampai ke batu itu.
Batu payung sendiri adalah Batu besar yang letak nya di tepian tebing, menyerupai payung?? mungkin juga iya jika di saksikan dari sudut tertentu, Batu payung ini mulai naik pamor ketika tempat ini di jadikan lokasi untuk sebuah iklan rokok.Saya dan teman” berkesempatan melihat batu payung ini dari sudut yang berbeda,
Kita coba melihat batu payung dari sudut yang jauh dari lokasi dan juga melihat dari dekat sekali bahkan di bawah batu payung itu.Subhanalloh… maha besar Alloh… jika kita melihat batu payung dari sudut yang agak lebih tinggi memang berbentuk seperti payung, tapi jika kita berada dekat dengan batu payung , saya rasa batu pauyung menyerupai lekukan wajah manusia. Untuk melihat batu payung dari dekat saya dan teman-teman menunggu air laut pada saat surut kita jalan kaki dari bibir pantai menuju tepian karang yang berada agak di tengah” laut. Lagi” kita di suguhi dngan pemandangan yang indah banget, hamparan karang laut yang terlihat, bukit yang tandus, dan batu payung yang kokoh.sebuah mahakarya Tuhan yang Luar biasa.
Puas berada di batu payung tujuan kita berikut nya adalah desa suku sasak “sade” . tapi sebelum itu kita berniat untuk mengisi perut terlebih dulu, karna saking asik nya hunting” gambar nggak bersa udah sore dan kita belum juga makan siang. kita putusin buat nyari makan yang murah meriah dan ngeyangin, mengingat budget kita yang terbatas, dan pilihan nya tertuju pada Nasi kerucut.nasi yang sebungkus di hargai Rp5000 saja.
Bungkusan nasi ini mirip banget sama kerucut , berisi nasi dengan laut ayam suwir pedas khas lombok , dan juga abon daging, ad juga yang berisi abon ikan. Porsi dari nasi ini sendiri menurut saya bikin kenyang dan yang pasti pas di kantong.Keberadaan nasi ini juga banyak banget di lombok jadi nggak susah buat yemen” backpaker yang mencari makanan murah, enak dan pas di saku tentu nya.tapi tetep keep cleaning ya.. bungkus nya di buang ke sampah jangan ke laut, karna laut buakan tempat sampah:D
Perjalanan kita lanjutin menuju dusun sade yang berada di desa Rimbitan pujut Lombok tengah. Dusun sade ini adalah dusun yang masih mempertahan kan adat istiadat susu sasak, ya.. suku sasak adalah suku asli Lombok. Di dusun ini selain kita bisa melihat lebih dekat kehidupan suku sasak , kita juga bisa sekalian berbelanja souvenir khas lombok.
Oya yang unik lagi dari dusun sade ini , selain letak nya yang berdampingan dengan jalan aspal dan lalulintas yang ramai, tetapi masyarakata di dusun ini masih menjaga dan berpegang teguh pada keaslian serta adat istiadat suku mereka. ngagak salah kalo sade ini menjadi cerminan suku asli sasak lombok. menjelang senja kita bergegas menuju mataram agar bisa menikmati sunset di pantai senggigi.
Di tengah perjalanan menuju senggigi kita sempat singgah di taman bisa di bilang juga icon nya lombok barat patung karapan sapi kita sempat berfoto sebentar di sini. disini kejadian yang tidak di inginkan terjadi, mesin motor tiba” mati dan nggak bisa nyala sama sekali,setelah kita coba perbaiki tetap nggak bisa nyala , dan akhirnya kita memutuskan untuk kembali ke rumah singgah dan melanjutkan perjalan kami esok hari.teliti sebelum membeli sama hal nya teliti sebelum meminjam.. dan sunset sore ini di senggigi terlewatkan sudah, tapi it’s oke kita ora opo”kata salah satu temen si A goodfriend listens to your adventures.
A bestfriend makes them with you. petualan itu kan nggak harus di pantai, di gunug di jalan juga bisa dengan mendorong motor yang jarak nya lumayan bikin kaki linu. hari ini di tutup dengan cerita menarik ,dari lombok tengah dan selatan, dan perfjalanan pulang yang tak terlupakan .
Hari ke dua berada di Lombok , kita sepakat untuk bermalam di gili trawangan. Dari tempat kita di Rumah singgah Lombok backpaker kita mulai perjalan kita hari ini. sebelum ke trawangan kita berencana buat membeli sesuatu untuk sekedr kenang kenangan ato oleh” untuk di bawa pulang nanti. sesuai saran dari Emak mending belanja oleh” di toko oleh” deket mall mataram ,
Jadi kita mutusin buat beli oleh” nya di sana, karna jarak yang nggak terlalu jauh dari rumah singgah kita ber 4 berjalan kaki menuju mall mataram. sesampai nya kita di sana ada satu toko oleh” yang menjual banyak sekali cindera mata dari lombok, dan pilihan saya jatuh ke selendang motof suku sasak dengan harga Rp.35000 , gelang kayu seharga Rp.10000 dan dua kaos etnik bermotif khas lombok yang harga masing” nya Rp.25000 cukup untuk oleh” ..
Dari tempat oleh” kita masih harus menuju pelabuhan bangsal , pelabuhan penyebrangan untuk menuju ke gili trawangan. Karna di lombok ini minim dengan angkutan umum seperti kopaja dan yang ada hanya taxi , maka taxi menjadi pilihan kita saat itu. dan kami menumpang taxi sampai di perempatan pasar rembiga, dari perempatan pasar tersebut baru deh ada angkot yang samapi di pelabuhan bangsal.
Ohh iyaa tarif taxi dari mall mataram sampai di perempatan rembiga ini argo nya menunjuk kan Rp.95000, karna kita ber 4 jadi setiap orang kena Rp.20000 untuk membayar taxi.Dari perempatan pasar Rembiga kita bergegas ke pelabuhan bangsal menggunakan angkutan umum, kendaraan yang kita pakai sejenis minibus merk IZusu gitu, yang kayak jaman dulu, tarif nya Rp.20000 . nggak lupa sebelum kita ke trawangan kita siapin logistik dulu dari sini, soal nya di gili trawangan harga makanan dan minuman di sana bisa 2x lipat .
Jadi untuk makan siang kita cari nasi bungkus dari pasar rembiga, pilihan nya masih nasi kerucut. Perjalan sekitar 1,5 jam dari rembiga akhir nya sampai di tujuan yaitu pelabuhan bangsal. Tapi angkot yang tadi nggak langsung turun di depan pelabuhan, melainkan di perempatan yang menuju ke pelabuhan. Sebenarnya nggak jauh dari tempat kita turun jarak nya hanya 700 meteran lah kira” dari perempatan udah sampai aj di pelabuhan, cuma karna siang itu matahari sangat terik dan kita udah keburu kelalahan berjalan tadi jadi kita mutusin untuk naik CIDOMO. atau dokar atu andong kalo di jawa. cidomo ini kendaraan yang di tarik oleh tenaga kuda. tarif cidomo sendiri cukup murah menurut saya dengan Rp.5000 saja kita bisa sampai di pelabuhan bangsal , slow.. santai dan bonus nya dapet menikmati perjalanan yang sebentar, tapi untung kuda nya nggak buang angin sembarangan . hehehe…..
Sampai di pelabuhan bangsal ada 2 pilihan untuk menyebrang ada penawaran dengan menggunakan boeat cepat yang tarif nya lumayan mahal Rp.150000 – Rp. 200000 per orang nya dengan waktu tempuh 5 menit. lagi” karna pertimbangan biaya kita memilih dengan menggunakan alternatif ke dua yanitu dengan menunggang kapal biasa dengan harga tiket Rp.10000 dengan waktu tempuh sekitar  setngah jam dari pelabuhan.  walla.. welcome to Gili trawangan, Gili dalam bahasa Lombok berarti pulau jadi gili trawangan adalah pulau trawangan.
Trawangan adalah salah satu dari 3 banyak gili yang ada di Lombok. Dan pulau trawangan ini termasuk gili yang punya bukit, di banding dengan gili mano dan gili air, trawangan ini lebih ramai pengunjung, terutama wisatawan asing, saya berasa sedang berada “enggak”di Indonesia waktu di trawangan ini.
Selain wisata laut yang keren banget trawangan juga nyuguhin pemandangan alam yang luar biasa, turata saat tenggelam nya matahari dan terbit nya matahari. Kita ber4 sampai di trawangan ini sudah sekitar pukul 2 siang waktu Lombok, jadi kita ber4 memutuskan untuk langsung mencari penginapan. Setelah kita browsing dan atas rekomendasi temen” yang berada di rumah singgah, kami akhir nya dapetin home stay dengan harga Rp.150000 /malam dengan 2 tempat tidur tanpa menggunkan AC melainkan kipas angin.Satu satu nya model transportasi darat di sini hanya cidomo dan sepeda,
Karna di pulau ini sama sekali nggak ada kendaraan bermotor,Harga sewa sepeda disini 35ribu untuk perhari nya , Dengan budget minim untuk berwisata laut kita bisa mengikuti tour snorkling dengan biaya Rp.100000 per orang sudah termasuk includ makan siang, buat temen” yang pengen mengabadikan moment di bawah air bersama ikan nemo… kita bisa menyewa kamera under water dRute pulang nya kita masih sama , dari pelabuhan di trawengan harga sewa Rp.100000 per seklai tour snorkling.
Di hari pertama kita di trawangan , setelah dapet penginapan , kita mutusin buat istirahat sebelum kita hunting sunset sore nya. Yang asik di trawangan ini kita bisa nikmatin sunset di dua tempat, bisa di bukit atau di sunset bar, dan kita mutusin buat nikmatin sunset di atas bukit sebelum kita nikmatin jingga nya di sunset bar.. Hari ke dua di trawangan , kita sengaja bangun pagi sekitar jam setengah 5 pagi waktu lombok buat ngabadiin Sunrise yang kata nya indah banget.
Dan kita semua sepakat kalo di trawangan ini sunrise nya indah banget.. spot bgus buat bisa ngabadiin sunset menurut saya ya di dermaga, waktu itu saya dapet beberapa jepretan yang lumayan bagus pas ngambil nya di dermaga. Sebelum snorkling kita nyempetin buat nyari sarapan, agi” kita dapet nasi kerucut, tapi beda, nasi kerucut di sini saya rasa lebih enak , dengan lauk yang dominan sama cuma harga yang berbeda, 2x lipat dari nasi kerucut yang di mataram harga disini Rp.10000 per bungkus, mungkin ini yang bikin berasa lebih enak. hehe….
Tepat jam 10 kita di anter untuk meeting point sebelum kita bersnorkling, dari paket yangg kita pesen, kita dapet fasilitas, kapal selama snorkling, snorkel, air mineral , makan siang yang menu nya bisa milih sendiri, life jaket atau fin. setelah persiapan sudah cukup, akhir nya kita gowes menuju spot” indah bawah laut trawangan.Destinasi pertama kita di  berentiin di antara gili trawangan dan gili mano,
Di sana kita bisa berenang dengan penyu hijau, tapi jangan di sentuh ya penyu nya, karna penyu hijau termasuk binatang laut yang di lindungi. di spot ke dua kita di berentiin di gili air setelah mengambang dan menikmati keindahan laut nya, di air ini kita bersama” menikmati makan siang kita, dengan menu yang sudah di pilih sebelum nya. Seusai makan siang kita segera bergegas untuk menikmati spot yang ke 3, di gili mano, setelah itu kita kembali lagi menju trawangan.
Di hari ke dua ini kita mutusin untuk balik ke mataram dan meninggalkan lombok, makanya seusai snorkling sekitar jam 3 sore waktu setempat kita bergegas meninggalkan penginapan agar nggak ketinggalan perahu , karna penyebrangan terakhir dari trawangan ke bangsal yaitu pada jam 5 sore. Rute pulang nya masih sama dari pelabuhan di trawangan menuju pelabuhan bangsal di lombok, di saranin buat temen” dengan budget terbatas ,di usahain sampai di pelabuhan bangsal jangan terlalu malam soal nya kendaraan yang menuju mataram sudah tidak ada.
Keberuntungan mungkin sedang berpihak pada kita ber4, jadi ad seorang temen calo yang kebetulan searah dengan tujuan kita yaitu pelabuhan lembar memberikan kami tumpangan, tapi itu nggak gratis, kita masing” harus membayar 40000 per orang, tapi setidak nya kita dapet kendaraan nyaman dan mengingat jarak tempuh yang jauh, harga segitu termasuk dalam kategori murah.
Waktu nunjukin pukul 9 malam waktu Lombok, dan kita baru saja tiba di pelabuhan lembar, setelah membeli tiket kapal, kita bergegas untuk naik, karna kapal akan berjalan 5 menit lagi. Di perjalanan pulang ini kita tidak seberuntung saat datang kemren , karna kapal yang kita tumpangi tidak sebesar kapal yang kemaren, dengan fasilitas yang minim, untuk sekedar tidur atau beristirahat di tempat istirahat kita harus menyewa tempat tidur dari kasur bbusa tipis sebesar 80 ribu per kasur,
Setelah 4jam kita menyebrangi selat lombok, sampailah kita di pelabuhan padang bai tepat tengah malam , sekitar pukul1 dini hari.Karena tidak ada kendaraan kita mutusin untuk bermalam di pelabuhan. Pagi hari nya setelah sholat subuh, kita nglanjutin perjalanan pulang dari padang bai ke gilimanuk bali. Disini kita kemakan calo, kita dapet travel 60000 per orang cuma nggak sampe tujuan dan di oper di denpasar, baru kita bisa sampai di gilimanuk..
Kira” tepat tengah hari kita sampai di pelabuhan gilimanuk, kapal penyebrangan juga banyak yang standby untuk mengangkut penumpang, kita bergegas naik setelah membeli tiket di loket yang tersedia. sekitar jam 2 siang, kita tiba di pelabuhan ketapang banyuwangi. dengan muka yang sudah lusuh dan terlihat capek , kita langsung menuju stasiun banyuwangi baru setelah kita makan siang dengan menu bakso yang lumayan enggak enak , dan di bandrol dengan harga 10000 per mangkok.
Sempat kita berpikiran untuk melanjutkan perjalanan kembali ke jogja dengan bus, karena tiket kereta yang kita pesan untuk hari berikut nya, tapi pada akhir nya kia sepakat untuk menunggu kereta yang baru akan datang pagi berikut nya, dan menghabiskan malam di stasiun banyuwangi baru. Sebuah perjalan yang menyenangkan, petualan yang hebat menuurut saya, karna ini kali pertama saya pergi ke lombok dan pasti nya dengan dana yang terbatas. semoga cerita ini menginspirasi teman” yang hobi travelling. salam ransel, dan bersama kita jaga dan cintai kekayaan alam ini.
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar