Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Tonjong Kanyon

/
33 Views

Tonjong, ternyata ada dua tempat wisata yang memiliki nama yang sama namun berbeda tempat. Leuwi Tonjong di Garut dan Tonjong Kanyon di Tasikmalaya. Kedua tempat ini sama dari segi nama juga memiliki keindahan yang hampir sama pula. Kedua tempat ini sama-sama sebuah sungai  yang dijadikan tempat wisata. Postingan kali ini Pagguci akan membahas tentang Tonjong Kanyon. 

Tasikmalaya adalah kota yang penuh dengan suguhan wisata yang menarik dan unik , untuk anda yang sedang mencari tempat liburan yang menyuguhkan memandangan alam yang menarik. Ternyata di kota yang memiliki julukan kota santri ini masih banyak wisata alam yang masih tersembunyi dan terkenal akan pesona keindahan wisatanya. Tonjong Canyon Cipatujah Tasikmalaya Desa Nagrog adalah wisata yang saat ini menjadi perbincangan di kalangan para petualang wisata dan mencari keindahan alam.

Tonjong Kanyon

Keindahan alam yang mempesona akan membuat para wisatawan yang datang terhipnotis dan terpana oleh pemandanganya. Tempat wisata sungai dengan aliran sungai berwarna hijau ,dikelilingi tebing batu yang berwarna kecoklatan yang bertekstur seperti ukiran  mirip batu yang ada di Leuwi Korsi Garut .

Selain menikmati keindahan alam yang menyejukan anda juga dapat berenang , bermain air dan berswafoto di atas bebatuan atau di pinggir sungai dengan background tebing bebatuan berwarna kecoklatan yang berada di sekeliling sungai seperti Grand Canyon di Pangandaran.

Curug tonjong yang mengalirkan air kesungai membuat para pengunjung terhipnotis dan terpikat karena menambah pesona keindahan ditempat tersebut . Bagi anda yang menyukai wisata air akan merasa puas dengan mengunjungi tempat wisata ini. Jika anda sedang berada di tasikmalaya tidak ada salah nya berkunjung dan menikmati keindahan bebatuan yang indah dan air jernihnya .

Namun sayangnya pemkab tasikmalaya kurang memeberikan perhatian pada objek wisata ini sehingga kondisi nya sangat terabaikan padahal surga tersembunyi ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan memiliki potensi alam wisata baru yang dapat menghasilkan pendapatan untuk warga sekitar maupun pemerintahan tasikmalaya itu sendiri.

Aktifitas yang bisa dilakukan pun berenang dan bermain air karena masih kurang nya fasilitas yang mendukung, panjang sungai ini sekitar 60 meter dan lebar 30 meter sehingga masih aman jika ingin berenang sampai hilir.

Jika anda punya nyali yang lebih anda bisa lompat dari bebatuan untuk berenang. Lompat dari tebing bebatuan masih tergolong aman karena kedalaman sungai hanya 8-10 meter juga tidak ada nya bebatuan di sungai tersebut , namun tidak di sarankan berenang pada saat hujan turun karena aliran air disungai tersebut sangat deras dan tinggi .

Fasilitas

Berikut beberapa fasilitas yang ada di wisata tersebut :

  • Kamar mandi /MCK
  • Area parkir
  • Home stay /penginapan
  • Mushola

Tiket Masuk

Foto Tonjong Kanyon

Meskipun fasilitas di Tonjong Kanyon masih sangat terbatas , pengunjung yang datang begitu antusia untuk menikmati keindahan alam disana . Banyak wisatawan lokal / asing yang datang kesana terutama pada hari sabtu dan minggu , karena tiket masuknya yang masih terjangkau yaitu 10.000 -15.000 / orang .

Anda tidak akan merasa lelah meskipun telah melakukan perjalanan dengan berjalan kaki karena sepanjang perjalanan anda akan di manjakan oleh pemandangan sungai tonjong yang mengalirkan air berwarna hijau jernih . Juga bebatuan yang menyerupai ukiran berwarna kecoklatan yang membuat anda merasa nyaman , tenang dan betah jika berlama-lama di lokasi tersebut

Lokasi

Lokasi wisata air Tonjong Kanyon, masih perawan, berada di antara perkebunan rakyat di Tonjong, dulunya bekas penambangan pasir/batu. Untuk menuju lokasi tidak bisa pakai kendaraan roda empat. Hanya menggunakan Kendaraan Roda Dua, itupun jalanannya sempit dan licin, cocok pake motor trail, atau berjalan kaki lebih kurang 2 KM dari lokasi bisa parkir kendaraan roda empat.

Peta Lokasi

Alamat: Nagrog, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat 46189

Bagi anda yang ingin berkunjung kesana dari kota tasikmalaya menuju arah karangnunggal -pamijahan Belok kiri menuju ke arah cipatujah. Lalu menuju desa nagrog kecamatan cipatujah. Jika anda mengendarai mobil/motor dapat melalui jalan cikangkung kira-kira 7 Km , setelah itu anda harus berjalan kaki sekitar 3 Km menuju lokasi

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat