Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Tirta Sanita

/
82 Views
4
(4)

Kamu yang ingin mencari objek wisata di sekitar daerah Bogor bisa datang ke tempat wisata tirta sanita. Tempat wisata tersebut belakangan tengah menjadi destinasi wisata favorit yang dikunjungi baik oleh masyarakat lokal maupun luar kota. Di tempat tersebut, kamu bisa berendam air panas guna menyegarkan tubuh setelah penat seharian. 

Kamu yang tertarik datang ke pemandian air panas ini tidak perlu menyediakan hari khusus, sebab tempat wisata ini buka setiap hari. Bagi yang ingin berendam untuk alasan kesehatan bisa datang dari pukul 10 pagi sampai dua siang, namun ia sudah boleh dimasuki pengunjung dari jam setengah 8 pagi dan tutup pukul 5 sore. 

Wahana & Daya Tarik

Selain berendam air panas, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain di tempat wisata ini. Sebaran luas dari tirta sanita mencapai 8 hektar, beberapa jenis aktivitas yang bisa kamu lakukan secara mandiri maupun dengan teman adalah sebagai berikut:

  • Berendam

Aktivitas utama tentu saja berendam, namun jangan salah, kamu berendam bukan di kolam buatan, melainkan kolam alami. Penampakan kolam di tempat ini sangat alami dengan pemandangan langsung yang terbuka ke area di sekitar kolam. 

Beberapa kolam di tirta sanita memang dibentuk oleh manusia di beberapa bagian, namun sebagian besar terbentuk secara alami dalam proses biologi yang panjang. Air panas yang terdapat di kolam renang ini berasal dari air gunung Kapur Ciseeng. 

  • Berendam secara Privat

Jika sebelumnya kamu berendam di tempat yang terbuka, ternyata terdapat kolam khusus bagi yang ingin menikmati privasi. Kamu hanya perlu memilih kolam dengan fasilitas VIP atau tertutup, sehingga kamu tidak perlu merasa tidak nyaman ketika berendam. 

Terdapat dua buah kolam yang dikhususkan untuk tempat berendam privat di tempat wisata ini, yakni pemandian bougenvile dan teratai. Di dalamnya kamu akan menemukan bak air panas dengan ukuran orang dewasa. Menariknya, bak mandi tersebut berwarna putih bersih disebabkan karena endapan kapur di dalamnya. 

  • Terapi Kesehatan

Di tirta sanita, kamu juga bisa melakukan terapi kesehatan. Terdapat dua jenis terapi kesehatan, yakni terapi bekam dan terapi lintah. Untuk menggunakan fasilitas tersebut kamu harus membayar tarif yang terpisah dengan biaya masuk sebelumnya. 

Kedua terapi kesehatan tersebut memberikan efek yang baik bagi tubuh, terutama jika sebelumnya kamu sudah berendam air panas. Bekam dan lintah akan menghisap darah kotor yang ada di tubuh, sehingga proses peredaran darah akan berlangsung dengan baik. terapi ini juga bisa membantu kamu untuk menghilangkan pegal di otot. 

  • Bermain Outbond
Baca Juga:  Hotel Cipaganti Cipanas Garut

Jika sudah puas berendam, jangan ragu untuk melakukan penjelajahan di sekitar tempat wisata. Kamu bisa bermain outbond yang disediakan, bermain gokart mini, hingga menyewa ATV. Terdapat kereta mini yang bisa digunakan pengunjung untuk memutari kawasan tirta sanita.

Untuk outbond, terdapat flying fox yang bisa kamu coba untuk menguji adrenalin. Kalau kamu ingin bermain permainan tim, jangan ragu mencoba point ball, dimana kamu akan menyerang pemain lain menggunakan senapan plastik. 

  • Selfie dan Berfoto

Banyak tempat di kawasan wisata ini yang memiliki pemandangan menarik dan cantik, sehingga cocok untuk kamu yang senang melakukan hunting foto. Spot yang sering digunakan untuk berfoto adalah gundukan endapan kapur yang terletak di depan pintu masuk. 

Kamu juga bisa melakukan foto dengan ikan kecil di wahana terapi ikan tirta sanita, disana ikan-ikan kecil akan memakan kulit mati di permukaan tubuhmu. Ikan tersebut memiliki warna yang menarik dan berenang secara bergerombol, sehingga mudah untuk diabadikan menggunakan kamera. 

Tiket Masuk

Terdapat beberapa biaya yang harus kamu bayarkan ketika mengunjungi objek wisata ini. Selain tiket masuk, kamu juga harus membayar biaya parkir yang telah ditetapkan oleh pengelola. Terdapat juga tarif untuk beberapa wahana permainan jika kamu ingin menaikinya, berikut dengan outbond. 

Agar memudahkan kamu untuk mendata apa saja pembayaran yang harus dilakukan, berikut merupakan tabel yang mungkin bisa membantu kamu.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk WeekdayRp10.000
Tiket Masuk WeekendRp12.000
Tiket Masuk AnakRp8.000
Tarif Parkir MotorRp3.000
Tarif Parkir MobilRp5.000
Tarif Parkir BisRp10.000
Tiket Kolam RendamRp5.000
Tiket Pemandian VIPRp10.000
Tiket Pemandian TertutupRp15.000
Tiket OutboundRp25.000-Rp35.000
Tiket Permainan AnakRp5.000-Rp50.000
Penginapan Per 6 JamRp130.000
Penginapan Per Malam (Max 2 Orang)Rp170.000
Jam Operasional

Objek wisata Tirta Sanita buka setiap hari. Bagi pengunjung yang ingin berendam dengan alasan kesehatan, dianjurkan untuk berendam antara pukul 10 hingga pukul 2 siang.

Sedangkan untuk outbond di tirta sanita kamu harus membayar tarif sebesar 25 ribu sampai 35 ribu rupiah, tergantung dengan jenis permainan dan durasi kamu bermain disana. Kamu yang hendak menginap juga bisa bermalam di tempat yang disediakan, untuk 6 jam pertama kamu akan dikenai tarif 130 ribu rupiah. 

Berbeda jika kamu bermalam selama satu hari, tersedia paket dua orang yang akan membuat biaya menginap menjadi lebih murah, yakni sebesar 170 ribu rupiah. Fasilitas lain yang bisa kamu gunakan antara lain toilet, mushola, dan tempat makan. 

Baca Juga:  Status Kawasan Tegal Munding Buffalo Hill Garut

Lokasi

Kamu yang hendak mengunjungi tempat wisata ini tak perlu khawatir tersesat, sebab ia sudah bisa diakses dengan mudah oleh pengunjung. Lokasi tempat wisata ini terletak di Bogor, tepatnya di Bojong Indah, seitar jalan raya Ciseeng. Kalau kamu berangkat dari wilayah Depok, jarak yang ditempuk sekitar 15 km 

Jika kamu hendak berangkat dari Bogor, kau bisa mengikuti jalan Bogor-Jakarta hingga tiba di jalan Mad Nur. Dari sana, kamu akan mengambil belokan sebelah kiri dan menuju jalan Ciseeng. Ikuti jalan tersebut sampai kamu menemukan tempat wisata pemandian air panas tersebut.

Peta Lokasi

Berbeda jika kamu datang dari arah Depok ke wahana tirta sanita, kamu harus menyusur jalan Sawangan dan beralih ke jalan Muchtar Raya. Dari sana, kamu akan melalui jalan Jakarta-Bogor dan menuju arah selatan sampai ke pertingan Parung. 

Dari Parung, Anda berbelok ke jalan H. Mawi sampai bertemu persimpangan jalan Ciseeng. Jika sudah sampai di jalan tersebut kamu hanya perlu berbelok dan menyusuri jalan tersebut sampai menemukan objek wisata pemandian air panas ini. 

Jika tidak ingin tersesat, kamu bisa menggunakan Maps di ponsel yang kamu miliki. Jangan lupa baca tanda jalan untuk memudahkan perjalanan kamu kesana. Apabila kamu berangkat dari Jakarta, kamu hanya perlu waktu satu jam untuk sampai ke pemandian tirta sanita

Sebagai tambahan, untuk kamu yang hendak berendam di air panas waktu 20 menit merupakan waktu yang disarankan. Dalam kurun waktu tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan manfaat berendam air panas untuk kesehatan. Demikianlah informasi singkat mengenai tempat wisata tirta sanita dan berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan disana. Jika kamu datang di akhir pekan, kamu bisa menikmati acara musik yang disediakan oleh pihak pengelola untuk menghibur pengunjung.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating 4 / 5. Vote count: 4

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar