Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Tepus Jahe Tanaman Survival Yang Bisa Dimakan Di Hutan

/
85 Views
img
Tepus adalah salah satu dari beberapa jenis jahe-jahean yang tumbuh di hutan yang dapat dimakan. Daun jahe sering tampak sebagai dua jajaran sepanjang “batang” membungkus, hampir seperti belahan bawang merah. Karena itu, daun yang muncul di pucuknya Daun pacar tere ini merupakan tumbuhan obat tradisional untuk mengobati sariawan mulut dan obat disentri.memiliki tangkai beberapa meter.

Honje hutan (Etlingera hemisphaerica) adalah sejenis tumbuhan rempah dari suku jahe-jahean (Zingiberaceae). Bunga dan buahnya yang masam dan berbau harum khas merupakan bahan campuran dan sekaligus bumbu penyedap berbagai macam masakan di Nusantara.

Tepus merupakan tanaman jangkung dengan daun dua deret daun yang termasuk famili Zingiberaceae berkerabat dengan tanaman pisang. Kedua famili ini menyukai sinar, tidak tumbuh baik di dalam hutan. Carilah bunga dari tanaman ini yang berwarna merah dan kuning terang. Daging yang mengelilingi biji rasanya manis. Jus dari daunnya dapat digunakan sebagai obat luar untuk menanggulangi demam.

Bunga honje hutan juga disebut combrang atau kecombrang dan dimanfaatkan sebagaimana bunga honje biasa; yakni dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap aneka masakan di Nusantara. Kuntum bunga ini sering dijadikan lalap atau direbus lalu dimakan bersama sambal di Jawa Barat. Demikian pula buahnya dan bagian dalam dari pucuk (tunas) yang muda, biasa digunakan dalam masakan atau campuran sambal. Walaupun kurang populer, honje hutan umum dimanfaatkan dalam masakan sebagaimana halnya, atau sebagai pengganti honje biasa.

Baca Juga:  Lagi Liburan Pun Kamu Masih Bisa Diet-Ini Tipsnya
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar