Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Tempat-Tempat Paling Menarik Untuk Dikunjungi Di Gunung Guntur

/
76 Views
img

Info Guntur – Gunung Guntur merupakan salah satu Gunung tertinggi ketiga sekaligus objek wisata alam di Kabupaten Garut. Inilah dia sisi keindahan si gunung gersang dan tandus, susah untuk didaki namun nempel dihati. Bagi sobat yang suka banget sama yang namanya Hiking, Berkemah, Tracking, atau kegiatan alam bebas lainnya Gunung Guntur bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan karena di Gunung Guntur ada beberapa objek atau lokasi yang menarik untuk di kunjungi dan asyik untuk dijelajahi. Berikut beberapa lokasi yang menarik untuk dikunjungi di Gunung Guntur

Yang paling menarik dari wisata pemandian air panas ini adalah air panas yang mengalir berasal dari Gunung Guntur dengan udara yang sejuk serta lanscap Gunung Guntur menjulang tinggi menjadi pemandangan yang indah. Sumber air panas ini mengandung berbagai jenis mineral yang sangat baik dan bermanfaat untuk kesehatan bahkan sebagian orang percaya dapat menyembuhkan penyakit rematik dan penyakit kulit lainnya. Disini juga terdapat wahana air Waterboom yang sangat menyenangkan untuk anda dan keluarga. Sobat bisa memanjakan tubuh, melepas penat, merilekskan tubuh yang terasa pegal dengan berendam dikolam rendam yang telah tersedia di lokasi wisata. Rasa capek setelah mendaki gunung akan terobati dengan berendam di wisata pemandian air panas.

Cara Ke Cipanas Garut

Setelah sobat melewati gapura atau gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Kabupaten Garut”, belok kiri sobat akan menjumpai pemandangan Gunung Guntur dan permukiman penduduk dan panorama alam terbuka lainnya disekitar kaki Gunung Guntur. Kurang lebih 2,5 Km dari gapura selamat datang sobat akan menemui tempat wisata kolam renang dan pemandian air panas. Disini sobat bisa beristirahat sambil menikmati kolam dan pemandian air panas di kawasan Cipanas Tarogong  Kaler Garut. Di Cipanas terdapat beberapa penginapan mulai dari hotel sampai penginapan sederhana dengan harga yang cukup murah. Banyak tempat yang bisa sobat pilih buat berendam dan menginap, misalnya: Danau Darijat, Sumber Alam, Tirta Gangga, dan masih banyak yang lainnya. 

Baca Juga:  30 Tenda Hancur Diterjang Badai Di Gunung Guntur
Aliran Sungai Citiis

Aliran sungai Citiis merupakan sungai yang terbentuk dari mata air dari alairan Cuug Citiis. Sungai Citiis merupakan Sungai kecil yang sumber airnya bersumber dari beberapa sumber di kawasan Gunung Guntur. Aliran sungai ini mengalir dari atas Gunung Guntur hingga ke pemukiman masyarakat. Aliran Sungai ini  berada di sepanjang jalur pendakian serta biasa dilalui para pendaki dan masyarakat sekitar. Airnya yang jernih  dipakai masyarakat kaki Gunung Guntur untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

Setelah melakukan pendakian satu jam perjalanan atau setelah tiba di ujung penambangan pasir sobat akan menemui Sungai Citiis. Di sepanjang jalur Sungai Citiis sobat akan menemui dua vegetasi alam yang berbeda. Sebelah kiri adalah vegetasi hutan dari Gunung yang berada di ebelah Gunung Guntur, sedangkan di sebelah kanan adalah vegetasi campuran antara hutan, tebing batu dan padang ilalang. Disepanjang jalur sungai Citiis sobat juga akan menemui beberapa air terjun kecil dan pohon Kaliandra.

Curug Citiis

Air terjun yang memiliki arti nama air dingin ini berada di ketinggian 1000 mdpl dan berada di tengah-tengah Gunung Guntur. Air terjun Citiis ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Disini sobat bisa kemping, atau sekedar bermain-main mandi dan cuci mata dengan pemandangan di sekitar air terjun Citiis. Air terjun Citiis merupakan salah satu air terjun dari tiga air terjun di atasnya. Tidak hanya pendaki pada hari libur Curug Citiis banyak dikunjungi para wisatawan.

Curug Pertama Citiis

Curug pertama Citiis merupan curug yang berada di atas Curug Citiis. Lokasinya sedikit tersembunyi dan berada tidak jauh dari Curug Citiis. Sobat tinggal berjalan ke atas menaiki punggungan gunung denga trek jalur bebatuan.

Puncak Pertama (Puncak Bohong) Gunung Guntur
Kawah Gunung Guntur

Kawah Gunung Guntur berada disebelah kiri puncak pertama. Apabila menghadap ke seletan maka kawah akan terlihat berhadapan dengan Gunung Cikuray yang terlihat menjulang tingi dari puncak pertama ini. Kawah Gunung Guntur ini merupakan kawah bekas letusan dengan lubang yang cukup luas seluas stadion sepak bola yang dipinggirnya ditumbuhi beberapa pohon Cantigi serta memiliki kedalaman yang cukup dalam.

Padang Savana

Hampir disemuakawasan Gunung Guntur di tumbuhi ilalang. Hamparan ilalang berwarna kuning tua yang sangat luas bisa kita lihat di kawasan antara puncak kedua dan puncak tertinggi Gunung Guntur. Hamparan padang savana menghampar membentang membentuk lukisan yang indah. Dibulan-bulan tertentu kita juga bisa melihat keindahan lainnya yaitu Ilalang Jimgga Gunung Guntur. 

Puncak Kedua Gunung Guntur

Disini kita dapat melihat pemandangan berupa vegetasi tumbuhan berupa padang savana, menarik, jenis tanaman lain seperti pohon Cantigi juga akan sobat temui di sepanjang jalur menuju Puncak utama Gunung Guntur. Pohon Cantigi tumbuh terbatas turut menambah pesonanya Gunung Guntur. Gunung-gunung berhutan rimbun di sisi Gunung Guntur yang dibatasi lembah terlihat jelas. Lubang-lubang-lubang kawah tanah menganga serta beberapa kepulan asap kecil juga akan terlihat sepanjang perjalanan menuju Puncak utama Gunung Guntur.

Puncak Tertinggi Gunung Guntur

uncak Gunung Guntur cukup datar dan memiliki luas dua kali lapangan Voli. Di sebelah barat terlihat jelas situ atau danau Bagendit, pemukiman penduduk kota Garut, deretan gunung gunung lainnya. Sebelah selatan Gunung Cikuray yang menjulang tinggi, kepulan asap di kawah Gunung Papandayan, kepulan asap kawah Kamojang dan Darajat, pemukiman penduduk Kecamatan Bayongbong, Cisurupan dan Samarang dan yang terakhir Gunung Putri. Sebelah timur terlihat menjulang puncak kembaran Gunung Guntur yaitu puncak Gunung Masigit dan Gunung Parupuyan. Di sebelah utara jajaran gunung berpohon Rimbun.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar