Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Tebing Keraton-Daya Tarik Sejarah Fasilitas Dan Harga Tiket Masuk Lengkap

/
233 Views
img

Sedang mencari informasi mengenai Tebing Keraton Bandung? inilah Review Info Paguci mengenai Daya Tarik , Fasilitas, Serta lokasi Loaksi Tebing Keraton Bandung terbaru. Jika sebelumnya Info Paguci membahas tentang Floating Market Lembang, nah edisi kali ini Paguci akan membahas secara lengkap tentang Tebing Keraton untuk melengkapi informasi mengenai objek Wisata Bandung.

Jalan – jalan di kota Bandung sangat indah jika anda menyambut datangnya pagi di tebing keraton, (dalam bahasa sunda disebut karaton) yang berlokasi di taman hutan raya (Tahura) di daerah Dago atas Bandung. Indahnya cahaya matahari ketika terbit mengintip dari balik pepohonan hutan dan bukit membuat suasana menjadi terkesan romantis, garis-garis sinar matahari yang muncul diantara kabut tipis dalam foto hasil jepretan kamera adalah tujuan utama pecinta fotografi yang rela jauh-jauh datang kesini, perjalanan yang tidak mudah menuju lokasi ini tidak menjadi hambatan demi melihat pemandangan alam Dago yang cantik.

Daya Tarik Wisatawan di Tebing Keraton

Seperti wisata alam lainnya di Bandung, di tebing menakjubkan di Dago ini pengunjung pasti akan akan berfoto dengan berbagai gaya dengan latar belakang hutan pinus dan perbukitan, Posisi yang paling di jadikan spot untuk berfoto adalah batu yang berada di tepi jurang. Matahari yang terbit seakan membuka semua tirai dari lebatnya kabut yang menutupi hamparan pepohonan di sekitar tebing ini.

Begitu pula dengan sunsetnya (Matahari terbenam). Momen sunset yang terekam di tebing ini menjadi sebuah alasan bagi para wisatawan untuk tidak beranjak pergi dari tebing ini. Karena pada waktu inilah momen paling romantis yang terjadi di Tebing Keraton. Dengan panorama alam yang memukau tak heran jika tebing ini sering dijadikan sebagai spot pengambilan gambar photography untuk keperluan iklan maupun prawedding.Dan salah satu spot terbaik mengambil gambar di tebing ini terletak pada sebuah bongkahan batu yang cukup besar dan berada tepat di tepi tebing ini.

Tempat Foto Favorit Di Tebing Keraton
Spot foto terbaik di Tebing Keraton

Memang di lokasi ini belum ada hotel atau penginapan, karena lokasinya di tengah hutan, maka tempat menginap yang disarankan adalah di kawasan dago Bandung, Tempat ini juga bukan untuk wisata anak kecil , Pengaman tebing keraton yang sederhana menyebabkan tempat ini tidak disarankan untuk didatangi anak-anak, kebanyakan pengunjung yang datang adalah anak muda dan dewasa yang berjiwa muda karena harus melakukan petualangan yang melelahkan , terutama ketika sedang naik menuju tebing keraton, tidak membutuhkan tenaga ekstra, hanya sikap dewasa dan tidak mudah emosional saat melewati rute yang tidak mudah

Waktu Terbaik Untuk Pergi Ke Tebing Keraton

Waktu yang tepat emang di pagi hari, karena berhadapan langsung dengan matahari yang terbit seolah kita menyambut kedatangannya. jika anda datang di sore hari, maka anda akan “mati gaya” karena pada saat sunset anda tidak akan bisa menikmati foto2 dengan latar cahaya matahari, karena tertutup pepohonan dan gunung di wilayah Dago atas, wisata ke tebing keraton adalah wisata pagi hari untuk menikmati keindahan alam kota Bandung.

Sejarah Tebing Keraton
Tidak seperti Bukit Moko, Tebing Keraton menyuguhkan hamparan jalur patahan Lembang, hutan yang lebat dan kabut yang tebal. Tebing ini sebenarnya sudah ada sejak dulu kala. Namun namanya belum setenar seperti sekarang. Dulu warga sekitar menyebut dengan Karang Jontor. Karena merupakan karang yang menjorok ke depan dibandin karang yang lainnya.

Pemandangan dari Tebing Keraton

Objek wisata ini sebenarnya bernama Tebing Karaton bukan Tebing Keraton seperti yang kita kenal saat ini. Namun karena orang-orang lebih familiar dengan sebutan “Keraton” dibanding “Karaton” maka nama Tebing Keratonlah yang sering diucapkan oleh orang untuk merujuk ke tempat wisata ini.

Awalnya Tebing ini dikenal oleh orang-orang dari komunitas sepeda. Mereka gowes dari kota Bandung hingga kesini. Namun sejak pertengahan tahun 2014 banyak pengunjung yang memposting foto-foto keindahan Tebing Keraton sehingga menjadi HITS dan sangat populer di sosial media seperi Instagram

Tiket Masuk Tebing Keraton
Tiket masuk ke objek wisata ini terbilang cukup murah, Berikut rinciannya:

  • Tiket Masuk Rp 11.000/orang
  • Parkir Mobil Rp 10.000
  • Parkir Motor Rp 5.000

*Tiket masuk sudah termasuk Asuransi Rp 1.000.

Tata Tertib Pengunjung

Peraturan Tebing Keraton

Ada beberpa Tata Terib dan Peraaturan yang wajib ditaati oleh pengunjung di Tebing Keraton, sepert:

  • Pengunjung wajib membeli karcis/tiket tanda masuk Tahura IR. H Djuanda
  • Jam buka kunjungan mulai pukul 05.00-16.000 WIB
  • Pengunjung dilarang menuruni tebing
  • Dilarang membawa senjata tajam, miras, narkoba, membuat keributan, dan melakuka curat-coret di dalam kawasan
  • Dilarang mengambil, merusak tumbuhan, menagkap satwa di dalam kawasan.

Lokasi Tebing Keraton
Tebing Keraton berada di dalam kawasan Tahuran Djuanda, desa Ciburial, Kabupaten Bandung (kawasan Bandung Utara) atau lebih tepatnya berada di kampung Ciharagem Puncak Rw. 11.

Alamat: Lembang, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Cimenyan, Ciburial, Cimenyan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40198

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di google map pada link berikut: https://goo.gl/maps/RBgRByMfCkN2

Status Kawasan Tebing Keraton

Pemerintah Provinsi Jawa Barat Dinas Kehutanan Balai Pengelolaan Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda-Tebing Keraton berada dalam wilayah Pengkayaan Tanaman Tahura Ir. H. Djuanda

  • Kawasan: Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda
  • Blok/UTP: Negla, Kordon dua dan Puncak Kordon
  • DAS/SUB DAS: Citarum/Cikapundung
  • Jenis RHL: Pengkayaan Tanman
  • Jenis Tanaman: Bayur, Beringin, Binar, Banut, Cedar Honduras, Cengal, Pasir, Gadog, Hantap, Paray, Jaha. Kalapa Ciung, Karundung, Kayu Manis, Ki Dahu, Ki Hoe, Ki Sireum, Kampini, Leungsir, Loa,Lokus, Merbau, Nyatoh, Salam, Sampoleh Sentang, Teureup,
  • Tahun Tanam: 2015

Tebing Keraton merupakan salah satu titik yang dilintasi jalur migrasi Burung Raptor Dunia.

Cara Menuju Tebing Keraton

Untuk menuju ke lokasi akan sangat sulit jika anda menggunakan mobil. Jalan menuju kesana hanya direkomendasikan untuk penggguna sepeda motor, belum ada perbaikan jalan, Banyak lubang dan aspal yang terkelupas saat anda melalui tempat parkir Tahura Juanda, jarak beberapa ratus meter dari parkir Tahura anda akan menemui petunjuk menuju bukit Dago pakar utara, ikuti jalan itu dan anda akan menemui banyak tanda-tanda menuju tebing keraton, sejak pagi, sudah ada puluhan sepeda motor yang parkir diatas tebing tertinggi di Bandung itu, memang urusan biaya parkir yang dikenakan belum diatur resmi oleh pemerintah, hal ini swadaya yang dilakukan warga yang membangun lokasi penitipan motor.

Tips Wisata Ke Tebing Keraton
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan jika akan berwisata ke tebing ini, diantaranya.

  • Pastikan kondisi kesehatan anda prima karena anda akan menempuh perjalanan yang cukup melelahkan hingga bisa sampai ke tebing ini.
  • Jangan membawa anak-anak ke tebing ini tanpa ada perhatian mengingat lokasi objek wisata ini berada disebuah ketinggian yang tentu sangat rawan bagi ukuran anak kecil.
  • Bawa kamera yang berkualitas baik ke tempat wisata ini agar anda bisa mengabadikan salah satu panorama alam terbaik yang pernah ada.
  • Jika Anda menginap di Hotel yang ada di Bandung, sebaiknya memilih yang lokasinya berada tidak jauh dari Tebing Keraton.
  • Bulan terbaik mengunjungi Tebing Keraton Bandung adalah ketika musim kemarau.
  • Harap berhati-hati di Tebing Keraton! Pasalnya Jalanan yang curam dan menanjak ketika menuju kesini! Slain itu lokasi tebing keraton yang dari segi keamanan masih belum 100% aman untuk sebuah lokasi wisata.

Wajah Baru Tebing Keraton
Setelah renovasi yang dilakukan Pemrov Jabar yang dilaksanakan pada tahun 2017 dengan menggunakan dana APBD Provinis Jawa Barat banyak banget hal yang berubah dari tempat ini,. Perbuhan terlihat dari  infrastruktur sampai fasilitas penunjang lainnya.

Setelah melewati gerbang pintu masuk/ticket box kita bakal dihadapkan sama dua pilihan jalan, yaitu paving block di sebelah kiri dan jalan kayu di sebelah kanan. Jalan Kayu jalur menuju ke Camping Ground, sedangkan Jalan Paving Block jalur menuju ke ujung tebing.

Yang paling terlihat perbedaaanya dari tempat ini yaitu adanya jembatan kayu yang menuju ke tebin. Selan buat dijadikan akses jalan, jembatan ini juga cocok buat dijadiin tempat foto. Di sini kita mengngabisikan banyak waktu buat berselfie. Selain jembatan ada juga penambahan beberapa fasilitas mulai dari tempat sampah, tempat duduk dan ada juga sejenis monumental bertulis puisi tentang Tebing Keraton. Berikut foto-fotonya:

Jembatan Tebing Keraton
Wajag Baru Tebing Keraton Bandung
Prasasti Puisi Tebing Keraton

 

Nah Sobat Paguci demikianlah ulasan seputar Daya tarik ,Sejarah, serta Harga Tiket MasukTebing Keraton.

Sumber: https://www.sharetempatwisata.com

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar