Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Tanah Lot Bali | Harga Tiket Masuk Fasilitas & Sejarah Lengkap

/
34 Views
img

Berlibur ke Bali tentunya menjadi keinginan banyak orang dan saya secara pribadi. Banyak para wisatawan menghabiskan waktu liburan mereka untuk mengunjungi bali dengan Berbekal dengan uang tabungan yang telah mereka kumpulkan sebelum nya. Ketika banyak yang bertanya bertanya destinasi yang terbaik untuk melihat sunset di bali, maka banyak pilihan yang menjadi spot menarik untuk dikunjungi saat sunset, dikarenakan bali dikelilingi oleh lautan.

Namun dalam hal ini saya akan membahas daerah tanah lot untuk yang menjadi tempat wisata di bali yang wajib untuk di datangi untuk menyaksikan sunset. Silakan gunakan informasi dari saya ini untuk pergi ke tempat yang di katakan ekostik tersebut.

Tanah lot ini merupakan wisata pantai yang terdapat pulau kecil di tengahnya, itu merupakan pura yang biasa di pakai untuk sembahyang bagi umat hindu di bali. Tanah Lot adalah salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan atau ketinggalan disaat melancong atau berwisata kepulau dewata bali. Dengan kearifan lokal budaya warga setempat yang sangat ramah dan tentunya menjunjung tinggi rasa persaudaraan. Toleransi antar umat beragama yang sangat besar dan ditonjolkan di tanah lot. Banyak penjual souvenir ataupun makanan makanan khas pulau dewata bali.  Pura Tanah Lot merupakan salah satu Pura Kayangan Jagat yang sangat disucikan oleh umat Hindu. Di sini ada dua Pura yang terletak di atas Batu Besar. Satu terletak di atas Bongkahan Batu dan satunya terletak di atas Tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura yang berada di tengah laut ini memang paling menarik dari tempat ini, sayangnya tidak sembarang orang bisa memasuki pura karena pura tersebut dikhususkan untuk  mereka yang memang ingin berdoa.

Sejarah Tanah Lot

Menurut kisah legenda dan sejarah yang admin kuti dari Wikipedia, Pada abad ke 15 dulu ada seorang bangsawan bernama Bhagawan Dang Hyang Nirartha atau dikenal dengan nama Dang Hyang Dwijendra yang melakukan misi penyebaran agama Hindu dari pulau Jawa ke pulau Bali. Dang Hyang Dwijendra disambut baik oleh raja ang berkuasa pada zaman itu yaitu Raja Dalem Waturenggong. Penyebaran agam Hindu tersebut berjalan lancar dan berhasil tersebar hingga ke pelosok desa yang ada di pulau bali.

Sejarah mencatat bahwa Dang Hyang Nirartha, seperti melihat sinar suci dari arah laut selatan Bali, maka Dang Hyang Nirartha mencari lokasi asal sinar muncul sampai tibalah beliau di sebuah pantai di desa yang bernama desa Beraban Tabanan.

Pada zaman tersebut esa Beraban Tabanan. sedang dipimpin oleh Bendesa Beraban Sakti yang menganut kepercayaan monotheismesangat menentang ajaran dari Dang Hyang Nirartha dalam menyebarkan agama Hindu. Kemudian Dang Hyang Nirartha melakukan ritual semacam meditasi di atas batu karang yang menyerupai bentuk burung beo yang pada awal mulanya batu karang tersebut berada di daratan.Bendesa Beraban melakukan berbagai cara untuk mengusir keberadaan Dang Hyang Nirartha dari tempat meditasinya.

Berdasarkan sejarah Tanah Lot legenda Dang Hyang Nirartha memindahkan batu karang (tempat bermeditasinya) ke tengah pantai menggunakan kekuatan spiritual. Batu karang tempat meditasi tersebut lalu diberi nama Tanah Lot yang memiliki arti batukarang yang berada di tengah lautan. Sejak peristiwa tersebut Bendesa Beraban Sakti mengakui kesaktian yang dimiliki Dang Hyang Nirartha dengan menjadi pengikutnya untuk memeluk agama Hindu bersama-sama dengan seluruh warga setempat.

Baca Juga:  Candi Sukuh di Karanganyar yang Sedikit Vulgar

Diceritakan dalam sejarah Tanah Lot, sebelum meninggalkan desa Beraban, Dang Hyang Nirartha memberikan sebuah keris sakti yang memiliki kekuatan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kepada Bendesa Beraban. Kemudian Keris tersebut disimpan di Puri Kediri lalu dibuatkan upacara keagamaan di Pura Tanah Lot setiap enam bulan sekali. Semenjak peristiwa itu maka ada kegiatan rutin yang dilakukan oleh penduduk desa Beraban, Dan sejak saat itu kesejahteraan penduduk sangat meningkat pesat dengan hasil panen pertanian yang melimpah dan mereka hidup dengan saling menghormati.

Daya Tarik Tanah Lot

Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah. Wisata Tanah Lot ini keberadaannya sudah dikenal di dunia setiap harinya ribuan pengunjung mendatangi tempat ini dari seluruh penjuru baik turis domestik maupun turis mancanegara. Semua pemandangan dari Utara timur barat dan selatan di tanah lot sangat menarik, lebih mnearik datang langsung dibandingkan hanya melihatnya dari gamabar ataupun foto. Tanah Lot sangat bagus viewnya . Spot ini sangat cocok dilihat di sore hari untuk melihat sunset saat saat matahari tengggelam dari belakang pura atau batu yang bolong. Karena saking terkenalnya tempat wisata di Bali ini, maka hampir setiap hari, objek wisata Tanah-Lot selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Aktivitas wisatawan yang saat berada di kawasan Pura Tanah-Lot, sebagian besar akan jalan-jalan, foto-foto. Beberapa wisatawan ada yang duduk santai, sambil menikmati jagung rebus sambil menunggu pemandangan sunset.

Tiket Masuk Tanah Lot

Pemandangan pantai yang sangat spektakuler. Instagramable. Pilihan tempat makan yg beraneka dengan harga yang sesuai. Toko pakaian dan aksesoris khas Bali dengan harga yang murah. Tanah Lot is amazing places!! Dengan semua daya tarik tersebut tentunya semua orang penasan dan ingin liburan ke sana. Untuk Anda yang sudah punya rencana liburan ke Tanah Lot ini dan mencari info harga tiket masuk terbaru berikut kami berikan info harga tiket masuk Tanah Lot terupadate berikut ini.

Tieket Masuk
  • Dewasa Rp 20.000 / Orang
  • Anak – Anak Rp 15.000 / Orang.
Parkir Kendaraan
  • Parkir Motor Roda Dua Rp 2.000 / 1 Motor.
  • Parkir Mobil Roda Empat Rp 5.000 / 1 Mobil.
  • Parkir Bus Rp 10.000 / 1 Bus.

Catatan:

  1. Harga di Update tanggal 16 Januari 2019.
  2. Harga Tiket Masuk di atas berlaku hanya untuk wisatawan Domestik
  3. Update Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali /2019/2020 dan seterusnya akan kami update terus.
Waktu Terbaik Ke Tanah Lot
Sunset Tanah Lot

Sebaiknya Anda harus tahu waktu terbaik untuk mengunjugi Tanah Lot agar liburan Anda lebih berkesan. Anda perlu mengetahui jadwal pasang surut supaya bisa berfoto di bawah pura. Kalau laut lagi surut, Anda akan beruntung bisa mendekat ke pura yg berada di laut dan mencoba air tawar yg disucikan disana, selain itu, Anda bisa juga melihat sepasang ular suci. November bulan yg tepat untuk ke Tanah Lot karena bulan tersebut low season jadi tidak terlalu parah macatnya dan pengunjungpun tidak terlalu banyak. Di sarankan pada pagi atau sore hari melihat sunset dan supaya tidak terlalu panas.

Berdasarkan info yang saya dapat dari orang orang yang berkunjung ke bali, banyak dari mereka mengatakan tanah lot merupakan destinasi yang paling wajib masuk dalam daftar tour mereka. Memang hal tersebut terbukti. Jika air laut surut, anda bisa mendekati pelataran pura dan mencoba air tawar yang muncul di bawah pura tersebut, keren bukan? di tengah – tengah air laut terdapat sumber air tawar.

Selain menikmati pemandangan yang indah, wisatawan bisa meluangkan waktu untuk membeli beberapa oleh oleh di sekitar pintu masuk. Sangat di sarankan ketika anda ke sana yakni mengambil waktu mendekati jam jam matahari akan tenggelam. pemandangan sunset atau matahari tenggelam di sana sangat lah indah dan sangat patut untuk di nikmati

Lokasi Tanah Lot Bali

Untuk lokasinya tempat wisata tersebut terletak di Desa Brabaan, dan masuk kedalam kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan Bali

Alamat: Beraban, Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82121
Jam buka:
Buka ⋅ Tutup pukul 19.00

Mulai dibangun: Abad ke-15 Masehi
Jenis: Pura
Telepon: (0361) 880361

  • Jika dari Kuta – Seminyak – Kerobokan – canggu – pererenan – bebaban
  • Jika dari arah denpasar – kerobokan – canggu – pererenan – beraban
  • Jika Dari Ubud – penarungan – beringkit – mengwi – kediri – beraban
Cara Mencapai Tanah Lot

Perlu diperhatikan, hal yang paling termudah dan termurah untuk mencapai daerah ini adalah dengan menggunakan motor, jika anda sedang berlibur di bali, maka anda bisa mencoba untuk menyewa kendaraan bermotor yang banyak terdapat di daerah objek wisata seperti kuta, legian, sanur.

Jarak Tempuh
Dari daerah kuta jarak menuju tanah lot sekitar 20 km, dengan waktu tempuh 30 menit jika tidak macet. Jika dari denpasar waktu tempuh bisa mencapai 60 menit. jika dari seminyak hanya berjarak dengan tempat ini sekitar 17 Km.

Cara termudah menuju Lokasi
Dengan menggunakan motor bisa dikatakan anti macet, karena motor tidak banyak menghabiskan space jalanan. Selain itu alternatif lain bisa menggunakan taxi, atau mobil sewaan, atau lebih mudah nya lagi bisa menggunakan jasa travel agent di bali.

Saya sangat merekomendasikan kepada anda untuk bisa mengunjungi tempat wisata ini ketika anda mungkin memiliki agenda berlibur ke Bali.

Yang jelas banyak wisatawan telah membuktikan keindahan yang luar biasa dari tempat wisata ini. Selain itu jika anda ingin mengunjungi tempat wisata lain dari sini ternyata tidak begitu jauh sehingga tanah lot cocok untuk anda kunjungi lebih dahulu.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar