Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Taman Wisata Wendit

/
33 Views

Malang, Kota di Jawa Timur ini terkenal memiliki ragam budaya yang unik. Selain itu Kota Malang juga terkenal memiliki tempat wisata rekreasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Salah satu tampat wisata yang dapat di jadikan tempat liburan di Malang yaitu Taman Wisata Wendit yang menyediakan kolam renang anak dan kolam untuk orang dewasa. Menghabiskan waktu dengan bersantai dan berenang di tempat ini sepertinya akaan sangat menyenangkan.

Baiklah masih dengan saya Gungun Gunawan, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Taman Wisata Wendit yang memiliki kisah masa lampau yang menarik. Postingan kali ini saya buat untuk melengkapi informasi seputar wisata Kolam Renang di Malang. Ada apa saja sih di Taman Wisata Wendit ini? yuk simak ulasannya dibawah ini.

Taman Wisata Wendit merupakan salah taman wisata air legendaris yang Ada di Malang. Bagi masyarakat Kota Malang tempat wisata ini sudah tidak asing lagi karena sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Taman wisata yang dukunya disebut Pemandian Wendi dulunya adalah kolam renang biasa, namun sekarang tampat ini menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang banyak dikunjungi wisatawan.

Sejarah & Mitos

Foto Taman Wisata Wendit Tempoe Doelo (Foto: Flickr Yan Arief)

Wendit diyakini sudah ada dan dibangun pada masa kerajaan Mataram di abad X Masehi. Raja Majapahit, Prabu Hayam Wuruk mengunjungi telaga untuk wisata sekaligus ritual karena adanya bangunan suci.

Konon, kolam pemandian Wendit ini menjadi favorit bagi para selir dan raja Majapahit untuk pelesir sekaligus menjalankan prosesi ritual. Sumber air yang ada disini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit, memudahkan jodoh, rezeki serta membuat wajah tampak “awet muda”. Dan masyarakat suku Tengger juga mengambil air dari “Sumber Air Mbah Kabul” ini, dibawa pulang dengan kepercayaan yang sama seperti di Pulau Sempu, yaitu untuk kesembuhan dan kesehatan. Menurut mereka khasiatnya sama dengan “Air Widodaren” dari Gunung Bromo yang merembes ke arah Wendit.

Baca Juga:  Dago Dream Park

Nama Wendit berasal dari ‘wendito’ yang artinya pendeta. Menurut cerita, pendeta bersemedi di Mangliawan saat kekeringan melanda, lalu munculah sumber air ini. Pada masa kolonial, Wendit dijadikan pemandian dilengkapi lapangan tenis menyerupai hutan kecil. Kini, Taman Wisata Wendit dikelola BUMD Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Wahana

Ada beberpa tempat dan wahana yang menarik untuk Anda coba di Taman Wisata Wendit ini. Ada Perahu Dayung, Water Technology berupa Kolam Gelombang dan Kolam Arus, Waterboom, Bom-bom Car; Worm Coaster, Carousel dan Sepeda Air, Restoran, Restoran Apung, Food Centre atau Kantin, Pentas Musik, Outbond, Spa, Cottage serta berderet toko yang menjajakan cenderamata khas Wendit.

Kolam Alami
(Foto: Gmap Indah Laili)

Kolam alami, sebuah kolam yang sudah ada sejak lama. Airnya berasal dari sumber air alami yang dipercaya memiliki khasiat seperti yang telah dijelaskan diatas.

Kolam Buatan
(Foto: Gmap Mimin Mintuno)

Dikolam buatan ini kita bisa mengelili kolam dengan menggunakan perahu. Ada dua perahu yang disediakan disini yaitu perahu dayung dan perahu yang satu lagi cukup besar. Selain itu disini juga kita bisa bermain sepeda air.

Waterpark

Ada waterpark dengan beberpa kolam renang yang berbeda disini. Ada kolam renang dewasa dengan kedalaman standar dan kolam renang anak yang dilengkapi dengan waterboom dan fasilitas lainnya.

Fasilitas

Fasilitas umum yang tersedia sudah memadai. Tersedia beberapa kamar mandi dan ruang ganti. Juga terdapat musala untuk beribadah. Warung-warung makanan juga banyak berjejer di sana.

Tempat parkir pun nyaman dan teduh di bawah rindangnya pepohonan. Juga terdapat pendopo, gazebo dan tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat dan menikmati pemandangan. Pengunjung dapat memperoleh cinderamata hasil kerajinan penduduk setempat dan dijual di sekitar area.

  • Gazebo
  • Musholla
  • Toilet
  • Loker
  • Shower
  • Kamar Bilas (Wanita dan Pria)
  • Ruang Ganti (Wanita dan Pria)
  • Kantin (Makanan & Minuman)

Tiket Masuk

Dewasa (lebih dari 5 tahun)Rp 15 ribu | Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 19.200
Anak-anak (usia 3-5 tahun)Rp 10 ribu | Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 13.200
Tiket Wahana
Sewa Perahu DayungRp 20 ribu per jam (perahu dayung sedang)Rp 15 ribu per jam (Perahu dayung kecil)
Kolam renang internasionalRp 25 ribu
Tiket Water TechnologyRp 15 ribu
Sewa sepeda airRp 10 ribu
Fishes ParkRp 15 ribu
Galeri IPTEKRp 15 ribu
WaterboomRp 25 ribu
Bom-bom CarRp 10 ribu
Worm CoasterRp 10 ribu
CarouselRp 15 ribu
Layanan Salon dan SpaRp 200 ribu
Baca Juga:  Berburu Golden Sunrise Gunung Bromo di Penanjakan

Lokasi

Taman Wisata Wendit, terletak di Desa Mangliawan, Kec. Pakis, Kabupaten Malang ± 8 Km dari pusat Kota Malang. Lokasinya terletak di tepi kanan jalan utama arah ke Gunung Bromo melalui Tumpang Poncokusumo. Alamat: Jl. Raya Wendit Tim., Lowoksoro, Mangliawan, Kec. Pakis, Malang, Jawa Timur 65154

Peta Lokasi

Kesimpulannya: Wisata Wendit adalah tempat wisata lama yg masih diminati oleh pengunjung hingga kini, selain berwisata disini kita dapat mengenal sejarah Kerajaan Singosari, kita dapat memberi makan langsung monyet yang berkeliaran dimana-mana, namun harus tetap waspada. Saat ini ada bebrpa fasilitas yang kurang terawat, pengelolaan harus lebih ditingkatkan terutama masalah kebersihan.

Nah itulah ulasan saya tentang Taman Wisata Wendit ini. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan selamat Liburan!

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat