Taman Nasional Wakatobi-Taman Laut Terindah di Sulawesi Tenggara

0
()

Taman Nasional Wakatobi adalah sebuah taman wisata yang terletak di Sulawesi Tenggara. Taman wisata ini memiliki banyak potensi yang dapat di manfaatkan oleh para wisatawan mulai dari keindahannya, dan sumberdaya yang terdapat di dalamnya.

“Ayo Ke Taman Nasional Wakatobi”! itulah ajakan Agar Anda mengunjungi Taman Nasional yang satu ini. Apa saja yang menarik di taman ini? Berapa tiket masuknya? Bagaimana cara daftar izin masuk ke kawasan ini?  Tenang, semua informasi tentang Taman Nasional Wakatobi akan terangkum dalam artikel kali ini.

Banyak wisatawan yang tentunya ingin sekali merasakan semua keindahan yang di tawarkan oleh Wakatobi, selain dari keindahan pantai Wakatobi yang terkenal sebenarnya ada sebuah danau yang terletak tidak jauh dari pantai, danau itu memiliki keindahan yang tidak jauh berbeda dengan pantai yang ada di wakatobi.

Sekilas Tentang Taman Nasional Wakatobi
Dikutif langusng dari situs web resmi, menjelaskan bahwa: Taman Nasional Wakatobi (TNW) merupakan salah satu dari sedikit dan terluas taman nasional laut di Indonesia. Terumbu karang dan ikan termasuk sumberdaya penting yang menjadi fokus pengelolaan TNW. Ekosistem terumbu karang dinilai sebagai ekosistem laut pantai yang sangat produktif yang dapat ditemui di perairan tropis (Supriharyono 2007).

Secara ekologis terumbu karang memegang peranan penting sebagai habitat komunitas ikan karang yang menjadi target tangkapan nelayan. Masyarakat nelayan dalam kawasan TNW telah menggantungkan kelangsungan hidupnya pada sumberdaya ini sejak zaman dahulu. Pemanfaatan yang dilakukan selama ini adalah penangkapan ikan dan pengambilan batu karang oleh masyarakat secara tradisional.

Apabila kegiatan ini tidak dikelola secara arif maka cenderung akan berkembang ke arah ekploitasi yang berlebihan. Hal ini akan mengancam kelestarian sumberdaya yang pada gilirannya akan mempengaruhi kehidupan masyarakat sekitar juga.

Danau ini di beri nama oleh wargara setempat sebagai danau Wakatobi, dimana ini merupakan danau satu-satunya yang terdapat di daerah Sulawesi Tengara. Jadi tentunya ini sangat langka dan anda patut mencoba keindahan yang di tawarkannya.Taman nasional Wakatobi adalah sebuah Taman wisata yang terletak di sulawesi tenggara. Taman wisata ini memiliki banyak potensi yang dapat di manfaatkan oleh para wisatawan mulai dari keindahannya, dan sumberdaya yang banyak di dalamnya.
Pada tahun 2012 Taman nasional wakatobi menjadi taman terindah yang dimana taman ini bersaing dengan taman nasional bunaken yang terletak sama di pulau sulawesi. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi para wisatawan yang pastinya bingung dengan pilihan wisata yang di tawarkan keduanya, dimana keduanya juga memberikan semua keindahan sama seperti di surga, maka tidak heran jika kedua tempat wisata ini menjadi primadona bagi para wisatawan manca negara.

Aksesibilitas
Menuju Taman Nasional Wakatobi dapat ditempuh melalui jalur udara maupun jalur laut.  Melalui udara menggunakan pesawat Express Air (Dornier) dengan  penerbangan 5 kali dalam seminggu dan Merpati Air dengan penerbangan 2 kali dalam seminggu, dengan lama perjalanan dari Jakarta sekitar 3,5 jam. Melalui jalur laut melalui pintu laut dengan menggunakan kapal Pelni yang menyinggahi Pelabuhan Murhum Bau-Bau sebanyak 23 kali dalam sebulan dan dilanjutkan dengan menggunakan kapal motor dari Bau-bau – Wanci dengan lama perjalanan 8-9 jam.  Lamanya perjalanan laut dari Jakarta ke Bau-Bau hanya ditempuh selama 3 hari, sedangkan dari Makassar ditempuh selama 13 jam.

Baca Juga:  Taman Nasional Wakatobi-Tiket Masuk SIMAKSI & Cara Pendaftaran Online Lengkap

Peta Lokasi
Taman Nasional Wakatobi memiliki luas sekitar 1,39 juta ha,dimana di dalamnya menyangkut berbagai keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang  menempati posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. Tama nasional ini kini menjadi salah satu taman nasional yang menjadi nominasi di eropa sebagai taman nasional yang memiliki keindahan terkaya.

Berdasarkan administratif pemerintahan, wilayah Wakatobi terdiri dari 67 desa/kelurahan dan 8 (delapan) kecamatan dan masuk dalam wilayah Kabupaten Wakatobi Propinsi Sulawesi Tenggara. Luas kawasan TNW adalah 1.390.000 Ha, sama persis atau overlap dengan luas dan letak wilayah Kabupaten Wakatobi.  Dari luasan tersebut sebanyak 97% merupakan wilayah perairan/laut dan sisanya sebanyak 3% merupakan wilayah daratan berupa pulau-pulau.

  • Taman Nasional Wakatobi

Pulau dengan karang & kehidupan laut terlindung, & lokasi selam yang terkenal dengan ikan pari & paus sperma.

Lokasi: Sulawesi Tenggara
Situs web: wakatobinationalpark.com
Telepon (0402) 2826326

  • Balai Taman Nasional Wakatobi

Alamat: Jln. Dayanu Ikhsanuddin No.71 Baubau, Sulawesi Tenggara
Email: info@wakatobinationalpark.com
Telepon: +62 402 2825652
Facebook: https://www.facebook.com/balai.tn.wakatobi

Tiket Masuk Taman Nasional Wakatobi

Pendaftaran Simaksi
Untuk mengetahui tatacara pendaftaraan SIMAKSI dan  Cara Pendaftaran Online Anda bisa membacanya disini: Tutorial Cara Pendaftaraan Simaksi Online Taman Nasional Wakatobi

Ada banyak keindahan di indonesia yang dapat kita kunjungi atau nikamati keindahannya, namun disinilah salah satunya, dimana anda akan mendapat ketenangan yanga asri , Di taman nasional wakatobi ini di sediakan hotel di pinggir pantai, dimana bertujuan supaya pengunjung dapat merasakan sensai pantai pada malam hari. Dengan demikian anda akan merasakan kepuasan lahir yang mendalam dan akan menjadi kenangan terindah anda.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *