Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Taman Bunga Nusantara

/
48 Views

Udara yang sejuk, pemandangan indah, tebaran bunga yang mempesona sejauh mata memandang, mungkin itu yang ada di sebagian benak para wisatawan ketika sedang memilih tempat liburan untuk melepas penat sejenak dari kesibukan pekerjaan, Tempat wisata ini mungkin bisa menjadi daftar tempat yang perlu anda kunjungi. yaps, Taman Bunga Nusantara bisa menjadi tempat anda yang butuh rileks sejenak dari kesibukan sehari-hari.

Taman Bunga Nusantara sering dijadikan lokasi kunjungan para siswa dan Prewedding. Desain taman yang unik dan instagramable menambah daya tarik Taman Bunga Nusantara. Berikut beberpa fasilitas yang tersedia di Taman Bunga Nusantara.

Destinasi wisata ini awal mula berdirinya adalah atas inisiatif ibu Danil Bustanil Arifin , yang pada saat itu menjabat sebagai Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara dan diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tahun 1995.

 Sebenarnya taman ini tercatat secara administratif dalam wilayah Cianjur tapi ternyata lebih di kenal dengan Taman bunga Nusantara Bogor, Taman Bunga Nusantara terbentang dengan luas 35 hektar. Maksud dari pembangunan tempat adalah , Ibu Danil Bustanil ingin membuat aset wisata berbasis Agro yang pada saat itu masih sangat jarang terdapat di Indonesia. 

  • Alamat Taman Bunga Cianjur ada di jalan Mariwati KM 7, desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi, Cianjur.

Senin – Minggu buka jam 08:00 s/d jam 17:00
Khusus weekend buka jam 08:00 s/d jam 17:30

Jenis Taman

Hamparan rumput hijau di sekeliling dengan bunga berwarna warni menghiasi area sekitar taman semakin memanjakan mata.

Disini kita akan membahas tentang beragam taman yang ada disini yang mempunyai daya tarik dan keunikan dari masing-masing tempat.

Taman Labirin / Maze Garden

Di taman yang satu ini tanaman disusun dengan pola menjadi labirin yang cukup besar Kita bisa masuk ke taman ini, hanya dengan membayar Rp 1000 saja. Anda tidak perlu takut tersesat atau sulit menemukan jalan keluar, karena di gerbang masuk tersedia peta yang bisa digunakan.

Taman Jepang

Terinspirasi dari rumah-rumah di Jepang zaman dulu. Masyarakat Jepang zaman dulu mempunyai kebiasaan menyamarkan rumah-rumah mereka dengan tanaman-tanaman yang memberi rasa aman dari berbagai gangguan juga serangan musuh.

Selain itu juga tanaman di sekitar rumah membuat udara menjadi sejuk dan rindang .Taman jepang ditata dengan unsur utama kayu, batu-batuan, desain yang sederhana dan rapi, kolam, dan sunyi.

Desain taman yang sederhana membuat sejuk dipandang karena konsep utama dari taman ini adalah unsur alam dan juga kesederhanaan, meskipun begitu masih terlihat unik dan menarik ya guys.

Taman Mawar

Bunga mawar dikenal juga sebagai bunga dari segala bunga karena keindahannya. Disini terdapat taman khusus untuk bunga mawar dari beragam jenis.

Pemeliharaannya pun sangat khusus, dari segi penyiraman, pupuk, dan lain sebagainya. Agar bunga mawar yang tumbuh berkualitas dan indah .

Taman Air

Di area taman air ini ada beragam tumbuhan air yang didatangkan dari berbagai negara. Semua tumbuhan air disini memiliki berbagai warna , ukuran dan bentuk yang berbeda dan sangat inda.  Di area ini terdapat tumbuhan Cybera papyrus, tanaman yang digunakan sebagai bahan kertas oleh kaum Mesir kuno.

Ada juga tanaman talia Delbata yang berasal dari Amerika serikat, Lotus, dan juga teratai raksasa yang unik dengan bentuknya yang bulat seperti piring besar. Jika anda berkunjung bersama keluarga atau si buah hati jangan lupa untuk berfoto dengan patung dinosaurus yang berada dekat dengan area ini.

Taman Mediterania

Taman ini mempunyai konsep mediterania , ini bertujuan untuk mengenalkan kepada masyarakat beragam tanaman yang banyak tumbuh di daerah gurun pasir.

Baca Juga:  Rancaekek Waterpark

Di taman ini ada berbagai jenis tanaman Kaktus ( Cactaceae) dan Yucca (Liliceae). Ke dua jenis tanaman ini tidak terlalu membutuhkan air dalam kelangsungan hidupnya,

Jenis tanaman kaktus yang berkembang di sini seperti Cephalocereus Senilis, Notocactus Magnificus, Opuntia Rufida serta Cereus Hexagonus, dibiarkan berkembang seperti di tempat asalnya.

Taman Prancnis

Taman yang satu ini dibangun dengan gaya renaissance perancis yang kental banget. Gaya taman renaissance lebih memfokuskan bentuk tanaman yang rapi, serasi, dan indah. Rangkaian tanaman yang rapi seolah membingkai bunga yang ada di area tersebut, begitu sangat indah dan menyegarkan kembali mata dan suasana hati Anda. Keindahan taman perancis bisa dilihat lebih lengkap dari menara pandang yang ada di sana.

Taman Bali

Sesuai namanya, taman ini dibangun dengan suasana khas Bali yang unik dan apik. Disini terdapat berbagai bentuk bangunan khas bali seperti gapura di pintu masuk, bale kulkul, dan juga bale bengong.

Tumbuhanya pun tumbuhan khas di Bali seperti kamboja, bunga sepatu, berbagai jenis helikonia dan tumbuhan tropis yang indah lainnya.

Taman Palem

Di taman palem terdapat lebih dari 100 jenis palem yang ditanam dan dirawat rapi. Kalau dengar kata pohon palem, biasanya terbayang panas dan gersang ya? disini beda lagi. Pohon-pohon ini ditata sedemikian rupa sehingga memberikan atmosfer yang segar dan indah.

Jenis-jenis palem yang ada antara lain palem kipas meksiko, palem botol, palem raksasa (cuban royal palm), dan ada juga palem unik dari madagaskar (screw pine).

Fasilitas

Menara Pandang Taman Bunga Nusantara

Taman bunga ini dikelola dengan baik, dan memiliki berbagai fasilitas yang lengkap dan bisa kita gunakan selama berwisata disana . Berikut beberpa fasilitas yang tersedia di Taman Bunga Nusantara.

  • Menara Pandang

Salah satu icon tempat ini adang dengan ciri khas tersendiri. Tidak hanya terbatas di tempat-tempat diatas, anda bakal banyak menemukan spot indah di area seputar taman bunga nusantara.

  • Green House / Rumah Kaca

Lebih unik nya lagi disini tersedia area Green house atau rumah kaca, di area ini ada berbagai jenis bunga yang perlu perlakuan khusus. Bunga yang ada disini adalah jenis bunga yang memang tidak kuat dengan cuaca dengan iklim tropis seperti di negara kita ini.

Rumah kaca seluas 2000 meter persegi ini ditata sangat indah dengan suhu, kelembaban dan cahaya yang diatur sedemikian rupa. Karena Rata-rata bunga yang ada disini berasal dari negara dengan 4 musim.

  • Wahana Alam

Disini terdapat berbagai wahana terbaru seprti ATV, tempat bermain anak, dan lain-lain. Cocok untuk bermain bersama keluarga dan anak anda.

  • Dotto train / Kereta Dotto
Baca Juga:  Sampai Hari Selasa, Pendaki Yang Tersambar Petir Di Gunung Guntur Belum Turun

Berupa miniatur kereta yang mengitari area sekitar taman bunga nusantara. Anda bisa naik dengan tiket Rp 50.000 (usia 4 tahun ke atas). Dotto trains hanya beroperasi di weekend dan hari libur nasional saja.

  • Garden Tram

Sama seperti dotto trains hanya saja berbentuk tram. Beroperasi setiap hari. Harga tiket Rp 50.000

  • Mobil Wira Wiri

Kendaraan terbuka dengan kapasitas 14 orang pengunjung untuk mengelilingi lokasi taman. Mengelilingi taman, disertai dengan panduan informasi taman berupa kaset/rekaman suara. Tiket Rp 5.000.

  • Poliklinik

Adalah ruangan P 3 K yang berada di gedung Taman Bunga Nusantara yang tentunya fungsinya untuk memberikan pertolongan pertama pada pengunjung yang mengalami kecelakaan ataupun sakit.

  • Nany’s Galleria

Merupakan ruang cenderamata yang menampilkan ragam  oleh-oleh dan souvenir khas Taman Bunga Nusantara. Galeria ini terletak di gedung penerima Taman Bunga Nusantara.

  • Cafe Marigold

Merupakan wahana restorasi food & beverages dimana pengunjung dapat menikmati hidangan Makanan Khas Indonesia sambil melihat keindahan areal display bunga disekitarnya.

  • Albustan Cafe & Resto

Adalah sebuah cafe dan restoran yang menyediakan menu masakan khas timur tengah yang menggugah selera.

  • Bursa Bunga

Merupakan wahana bagi pengunjung untuk mengkoleksi aneka tanaman baik tanaman berbunga maupun tanaman berdaun indah lainnya. Dengan lokasi bertempat diareal parkir, pengunjung akan dengan mudahnya mengangkut tanaman yang telah dibeli ke kendaraan.

  • Gedung Serbaguna Saung Aki.

Bisa digunakan untuk meeting ataupun pesta pernikahan.

  • Wisma dan Camping Ground Saung Nini

Jika berminat menginap disini atau menikmati taman pada malam hari dengan berkemah bersama keluarga. Tenda, panggung, dan kursi-meja. Bisa disewa untuk rombongan.

Disini juga tersedia Lokasi piknik yang da 8 lokasi piknik yang bisa digunakan oleh rombongan. Ada juga gazebo untuk istirahat yang tersebar di berbagai titik. Oh ya Musholla juga tersedia di Taman Bunga Nusantara ini.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Taman Bunga Nusantara masih sangat terjangkau bukan untuk destinasi wisata yang bisa anda kunjungi bersama keluarga , buah hati dan orang tersayang.

  • Tiket Masuk Rp 40.000
  • Dotto Trains Rp 50.000
  • Garden Tram Rp 50.000
  • Mobil Wira Wiri Rp 5000
  • Rumah Kaca Rp 5000
  • Maze Garden Rp 1000
  • Parkir motor Rp 10.000
  • Parkir mobil Rp 15.000
    Parkir minibus Rp 20.000
  • Parkir bus Rp 25.000

Alamat & Lokasi

Letaknya pun tak jauh dari ibu kota Jakarta, yang memudahkan para wisatawan yang berasal dari kota untuk bisa berkunjung ke sana dengan waktu tempuh yang tidak lama.

Lokasi taman yang berada di daerah perbukitan membuat udara disekitar taman ini semakin sejuk. Tentunya hal ini sangat baik bagi anda yang datang berwisata dengan keluarga atau teman-teman.

Alamat Taman Bunga Cianjur ada di jalan Mariwati KM 7, desa Kawungluwuk, kecamatan Sukaresmi, Cianjur.

Peta Lokasi
Panduan Jalur

Jika menggunakan kendaraan umum, berikut rute taman bunga nusantara yang bisa anda gunakan. Menggunakan Bis jurusan Bogor – Cianjur, atau Bis Bandung – Jakarta yang rutenya via puncak. Turun di pertigaan Hanjawar (taman bunga nusantara). Umumnya sopir dan kondektur Bis sudah tahu tempat ini.

Lanjut dengan naik angkot jurusan Cipanas – Loji, dan turun di pasar GSP. Dari pasar GSP naik angkot Cipanas – Mariwati dan turun langsung di taman bunga nusantara. Buka aplikasi Google map agar memudahkan anda di perjalanan untuk mencari lokasi wisata.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat