Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Situ Cileunca-Info Terbaru Harga Tiket Masuk Sejarah & Faslitas Lengkap

/
1733 Views
0
()

Ingin pergi liburan ke objek wisata alam di Bandung dengan nuansa alam yang indah dengan pemandangan danau yang airnya jernih? Situ Cileunca bisa jadi pilihan wisata untuk menikamti hari libur Anada minggu ini. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi Situ Cileunca, maka tentunya Anda membutuhkan semua informasi tentang situ tersebut bukan? Untuk itu Paguci pada kesempatan ini akan membahas tentang info terbaru Situ Cileunca secara lengkap sperti: Daya tarik wisata, Harga tiket masuk, fasilitas, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

Halo sahabat Paguci, Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu objek wisata alam yang ada di Bandung. Sebuah tempat wisata yang memiliki pemandangan indah, serta memiliki nilai-nilai historis dan tentunya akan sangat menyenangkan bila  pergi liburan ke tempat yang satu ini, yaitu sebuah wisata situ atau danau di selatan bandung yang bernama Situ Cileunca. Informasi ini ditulis untuk melengkapi tentang artikel sebelumnya yaitu Kumpulan Wisata Danau Cantik Di Bandung Untuk Liburan.

Situ Cileunca Pangalengan Bandung

Dengan kondisi alam yang masih terjaga dengan baik, Situ Cileunca ini tepatnya berada ± 50 KM dari sebelah selatan kota bandung atau berjarak ± 185 KM dari Ibu kota Indonesia Jakarta dan berada pada ketinggian ± 1550 Meter dari permukaan laut serta berada diantara dua desa yaitu desa Pulosari dan desa Wanasari. Suasana lam sekitar yang asri dengan udara yang segar Situ Cileunca merupakan danau buatan yang masih indah dan memikat, maka tak heran jika wisatawan yang mengunjungi danau ini terus bedatangan dari berbagai daerah disetiap akhir pekan atau hari libur tiba.

Daya Tarik Obejek Wisata Alam Situ Cileunca

Sebagai salah satu objek wisata alam paling populer di Bandung Situ Cileunca memiliki daya tarik pemandangan alam yang cantik. Panorama alam disekitar Situ dapat menarik perhatian para wisatawan untuk berlibur ke tempat ini. Oleh karena itu Situ Cileunca memiliki daya tarik yang cukup tinggi. Wisatawan dapat menikmati tempat wisata ini dengan berbagai cara, seperti sambil berenang, sambil berkeliling danau menggunakan perahu ataupun sambil ber-out bound. Wisatawan akan dimanjakan dengan semua pesona keindahan alam Situ cileunca. Selain itu, di Situ Cileunca terdapat fasilitas untuk berarum jeram, para wisatawan dapat menguji adrenalin di sungai palayangan Situ Cileunca, sungai palayangan merupakan aliran air dari Situ Cileunca.

Sejarah Mitos & Legenda Situ Cileunca

Bukan hanya Kota Garut yang neniliki julukan Swiss Van Java. Pada zaman dahulu kala, Situ Cileunca sering disebut Swissnya Indonesia, disebut seperti itu karena konon katanya Situ Cileunca mirip swiss. Menurut cerita yang beredar di masyarakat sekitar ,Pada awalnya Situ Cileunca ini merupakan kawasan hutan belantara. Sampai pada tahun 1918 kemudian kawasan ini dibuat sebuah situ yang digunakan sebagai penampung sumber air untuk memnuhi kebutuhan air warga setempat oleh seorang meneer berkebangsaan Belanda. perlu diketahui, Situ Cileunca memiliki kedalaman hingga 17 meter dengan warna air yang sangat bening.

Belanda melihat Pangalengan sebagai wilayah dingin dengan potensi tanah subur untuk ditanami kopi dan teh. Namun di sana tidak ada listrik karena memang masih hutan. Maka di Belanda ini, konon bernama Kuhlan si pemilik wilayah Pangalengan. Sebagi info selentingan mungkin ya, orang Belanda zaman penjajahan jumlahnya tidak sebanyak pribumi sih, makanya 1 orang Belanda bisa memiliki tanah ribuan hektar. Termasuk Depok ‘kan? Dulunya milik pribadi seorang Belanda.

Baca Juga:  Kawah Kamojang-Info Tiket Masuk Fasilitas Lokasi & Mitos Lengkap

Nah, Si Kuhlan ini memutar otak gimana caranya supaya Pangalengan bisa menikmati hidupnya di Pangalengan dengan berlistrik. Dia pun membabat hutan di kampung Warnasari dan Pulosari, kemudian membendung sungai Cileunca. Proses pembuatan Situ Cileunca membutuhkan sekitar 7 tahun, berkisar antara 1919 – 1926. Menurut mitos yang berkembang secara turun temurun, proses pembangunan Situ Cileunca tidak menggunakan alat berat, ya keles ada alat berat pada zaman itu, tidak juga menggunakan cangkul, namun menggunakan HALU. Halu adalah alat untuk menumbuk padi dan biasanya menggunakan kayu paling keras dan kuat sekali.

Fasilitas Situ Cileunca
Situ Cileunca dijadikan sebagai salah satu danau di Bandung yang di peruntukan sebagai destinasi Objek Wisata  unggulan di Bandung Selatan, banyak sekali para pengunjung atau wisatawan yang datang ke sini untuk mencoba merasakan atau menikmati keindahan serta pesona dari Situ Cileunca Pangalengan Bandung ini. Berikut rinican beberpa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung.

  • Camping Ground
Camping Ground Situ Cileunca

Situ Cileunca terdapat Citere Camping Ground yang menyediakan semua fasilitas berkemah seperti tenda, matras, lampu penerangan, alat memasak, kayu bakar, dan lain sebagainya. Camping Ground citere juga dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi dan dan toilet yang dilengkapi dengan shower. Bagi anda yang berkunjung bersama keluarga ataupun rekan kerja anda, jangan sampai momen ini terlewatkan. hari,pasti luarrr biasa.

  • Rafting
Rafting Situ Cileunca

Rafting Pangalengan merupakan olahraga air yang menguji adrenalin anda yang begitu menegangkan sekaligus memberikan kesan tersendiri. Sebaiknya, jika anda memilih kegiatan rafting pangalengan ini, anda harus benar-benar dalam kondisi yang sangat prima. Selain tubuh anda akan basah kuyup, kegiatan arung jeram juga membutuhkan banyak tenaga. Manfaat Situ Cileunca Pangalengan ternyata bukan hanya dijadikan sebagai sumber mata air bersih warga bandung dan juga Pembangkit listrik tenaga air ( PLTA ),akan tetapi tempat wisata di bandung ini pun oleh karenanya,dimanfaatkan sebgai salah satu tempat Rafting air yang sangat menantang.Kegiatan Rafting di Pangalengan tepatnya di Situ Cileunca ini adalah menggunakan air keluaran dari bendungan Cileunca ( PLTA ) yang sangat cukup deras dan tentunya menantang adrenalin anda untuk menaklukannya.

  • Wisata Air
Wisata Air Situ Cileunca

Apabila anda datang bersama keluarga ke sini di siang hari,maka anda patut mencoba sensasi wisata yang dijamin mengasikan dan menyegarkan,dimana anda bisa menaiki perahu untuk berkeliling danau sambil melihat dengan dekat bagaimana beningnya air danau dengan menyentuhnya langsung,merasakan hembusan angin sejuk kedingin-dinginan dari arah perbukitan yang menerpa wajah anda serta tentunya anda akan bisa melihat bagaimana keindahan sekeliling dataran dan perbukitan dari tengah danau yang pastinya sangat luar biasa.

  • Kebun Strawberry & Arbei

Sama seperti daerah wisata yang berada di dataran tinggi dan berhawa dingin,maka di kawasan wisata Situ Cileunca pangalengan ini pun, kita pengunjung akan dapat dengan mudah mendapatkan buah strawberry dan arbei yang segar dan langsung dari pohonnya.Untuk bisa ke lokasi Kebun Strawberry ini,pengunjung harus menggunakan alat transportasi Perahu untuk menyebrang dengan tarif Rp.5000/orang.

  • Jembatan Cinta Situ Cileunca

Jembatan ini di bangun oleh pemerintah desa secara swakelola dan pada awalnya dimaksudkan untuk membantu mobilitas transportasi dan ekonomi warga. Jembatan ini dibangun diatas Situ/Danau Cileunca yang menghubungkan dua desa. Pada awalnya warga harus memutar dan mengelilingi danau bila ingin menyeberang ke desa lainnya, namun kini warga disana hanya perlu menyeberang di atas jembatan unik berwarna merah ini. Dan karena keunikan “Jembatan Cinta”, kini jembatan ini seakan beralih fungsi menjadi tempat wisata baru dan menjadi tempat untuk ber-selfie dan bernarsis ria bersama teman-teman.

  • Perahu untuk mengelilingi Situ Cileunca

Jika anda ingin menuju ketengah danau dan menjelajahi setiap sisi danau, disediakan fasilitas berupa perahu kayu yang dilengkapi dengan mesin. Harga yang ditawarkan untuk perahu ini sekitar Rp. 75.000 setiap perahunya dan dapat diisi sekitar 10 orang. Dengan begitu jika perahu tersebut terisi penuh, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 7.500/ orang. Cobalah duduk di ujung perahu, sesekali jatuhkan kaki anda ke dalam air. Rasakan percikan dinginnya air yang mencoba untuk merelaksasi kaki anda.

Fasiitas lainnya yang terdapat di Siitu Cileunca
  • Pesona alam yang sangat indah
  • Warung-warung Makan
  •  Mushola
  • WC untuk MCK yang sangat baik dan bersih
  • Kondisi jalan yang sangat baik
Baca Juga:  Cara Mendaki Gunung Guntur Via Jalur Cikahuripan

Harga Tiket Masuk Situ Cileunca
Untuk dapat memasuki kawasan Objek Wisata Situ Cileunca Pangalengan, anda bisa datang kapanpun/ buka 24 jam. Sebaiknya anda datang pada pagi hari agar anda bisa menikmati banyaknya wahana di wisata ini dengan leluasa. Berikut rincian harga tiket masuk Situ Cileunca:

Tiket MasukMasuk

  • Orang Dewasa: Rp. 5.000/ orang Hari Biasa
  • Orang Dewasa: Rp. 10.000/ orang Hari Libur
  • Anak-anak: Rp. 2.500/ orang Hari Biasa
  • Anak-anak: Rp. 5.000/ orang Hari Libur
Biaya Parkir
  • Motor+Pengendara: Rp. 12.000
  • Mobil/ Bus: Rp. 4.000

Biaya Outbond:

  • Flyingfox : Rp. 35.000/Orang
  • Painball (40 peluru): Rp. 90.000
  • Panahan : Rp. 45.000/Orang
  • Teambuilding Games: Rp. 100.000 (min. 20 orang)
  • Perahu: Rp. 10.00/ orang

Paket Makan :

  • Harga Paket: Rp. 25.000 – Rp. 35.000
  • Rebusan/Gorengan: Rp. 15.000
Arung Jeram
  • Arum Jeram : Rp. 150.000/Orang.

Peta Lokasi Situ Cileunca
Alamat: Desa Wanasari – Kecamatan Pangalengan -Kabupaten Bandung (Selatan),Jawa Barat

Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihatnya di peta lokasi Bias Anda gunakan sebagai panduan rute jalur untuk menuju kawasan Situ Cileunca di google map pada link berikut: https://goo.gl/maps/RcNHXycK6e12 

Transfortasi Menuju Lokasi Untuk menuju lokasi ini, anda yang dari Jakarta dan menggunakan kendaraan pribadi keluar dari pintu tol buah batu kemudian dilanjutkan ke soreang-ciwidey dan pangalengan, bagi anda yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunaka bus jurusan Leuwi Panjang-Pangalengan dari Terminal Leuwi Panjang Bandung dengan ongkos sekitar Rp. 20.000-25.000/orang.
Apakah anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini, semoga demikian karena tempat ini sangat menarik, cocok untuk mengisi hari libur anda sekeluarga.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar