Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Situ Bagendit | Harga Tiket Masuk Terbaru Fasilitas Lengkap

/
56 Views
img

Keindahan alam Kabupaten Garut terkenal hingga memiliki julukan Swiss Van Java. Kekayaan alam Garut membuat Kabupaten di Selatan Jawa Barat ini memiliki banyak objek wisata yang menjadi destinasi tujuan para wisatawan dari luar daerah. Hutan, Gunung, serta laut semuanya ada di Kabupaten ini. Selain itu ada juga beberapa situ atau danau seperti Situ Bagendit dan Situ Cangkuang. Pada kesempatan ini Saya akan mencoba mengulas Situ Bagendit yang terkenal dengan legendanya. Salah satu Situ kebanggaan orang Garut yang memiliki panorama alam yang indah.

Situ Bagendit

Danau atau Situ Bagendit adalah salah satu danau terbesar yang ada di Kabupaten Garut. Situ ini, dengan pemandangan indah yang menghadap Gunung Guntur, lokasi yang relatif mudah di jangkau dari pusat kota dan legenda cerita rakyat yang melekat dengan danau ini. harusnya bisa menjadi salah satu objek wisata unggulan jika dikelola secara professional dan masyarakat sekitar diberikan pemahaman sadar wisata yang baik. Terkait perbaikan situ ini ada kabar baik, Baru-bari ini Presiden Jokowi mengunjungi situ ini dan pada kesempatan yang sama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperlihatkan contoh desain tata lokasi pembaruan Situ Bagendit.

Tiket Masuk

Tiket masuk mobil Rp. 7.000, per orangnya untuk masuk tempat wisata Rp.5.000, ada perahu angsa dengan harga penawaran 20rb dan rakit terapung dengan harga penawaran Rp. 50.000.

Fasilitas

Ada beberapa fasilitas yang tersedia disini seperti mushola, toilet, rakit bambu, perahu angsa, area bermain anak, dan yang lainnya.

Yang menarik dari tempat ini adalah naik rakit ke tengah situ dan ada warung terapung disana yang bisa kita pesan kopi dan snack sambil menikmati keadaan sekeliling. Sampai dirasa cukup akan diantar kembali oleh rakit tersebut ke pinggir. Ide Warung Apung di atas danau cukup kreatif. Untuk menuju Warung Apung, kita harus naik kapal kayu dengan tarif Rp10.000/orang (pp). Di tengah danau, kita bisa mampir ke Warung Apung untuk sekadar minum kelapa muda atau kopi atau teh. Sayangnya, pengunjung masih kurang bisa menjaga kebersihan, sehingga area wisata sebagus ini kurang terawat.

Baca Juga:  Taman Nasional Baluran | Info Tiket Masuk & Harga Penginapan Lengkap
Lokasi

Lokasi Situ Bagendit terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ ini tepatnya berada di Kecamatan Banyuresmi, sekitar 30 menit berkendara umum dengan angkutan kota warna oranye (jingga) nomor 05 jurusan: Terminal Guntur (Garut Kota) РBanyuresmi РLeuwigoong. Kalau dari arah Bandung kita bisa turun di bundaran di depan SMKN 2 Garut (atau orang sekitar masih menyebut STM negeri).

Kesimpulan

Menikmati Indahnya Danau atau Situ sambil bermain rakit, sungguh pengalaman luar biasa bagi keluarga kami, dengan harga cukup terjangkau, dan ada juga arena bermain kereta api mini, anak-anak sangat menikmati permainannya.

Danau ini memang kurang terawat namun anda akan mendapat pengalaman baru karena dapat menggunakan rakit untuk mengitari danau tersebut dan dalam rakit tersebut tersedia makanan kecil dan minuman. Sehingga dirasa akan menambah pengalaman baru bagi anak sekarang yang tinggal di kota besar yang mungkin susah menemukan pengalaman naik rakit .

Kondisi ketika saya terakhir kesana permukaan danau ini sudah banyak menyusut karena industri perikanan yang tidak memperhatikan lingkungan, sisa nya dipenuhi eceng gondok yang membuat pemandangan nya terganggu.

semoga kedepannya pengelola dan pemerintah setempat bisa memanfaatkan potensi besar ini agar menjadi sumber perekonomian yang berkelanjutan untuk Garut dan Banyuresmi khususnya.

Itulah ulasan tentang Situ Bagnedit, Objek Wisata Garut yang memiliki potensi besar serta alamnya yang indah. Semoga program perbaikan situ ini oleh Kang Emil cepat segera dilakukan agar situ ini menjadi tempat wisata yang nyaman dan menjadi destinasi wisata ungggulan di Garut.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar