Sipiso-Piso, Air Terjun Tertinggi di Tepi Danau Toba

0
()

Halo sahabat Pagguci, jika sebelumnya kita membahas tentang Desa Tongging, sebuah desa untuk menikmati keindahan Danau Toba dengan cara yang berbeda, kali ini kita akan membahas tentang objek wisata lainnya yaitu  Air terjun tertinggi di Indonesia bernama Sipis-Piso yang berada di tepi Danau Toba dan lokasinya dekat dengan Desa Tongging.

Untuk sampai di Air Terjun Sipiso-Piso, Anda memang harus melalui jalan yang terjal dan berliku. Jika dimulai dari Medan, Anda bisa menggunakan jasa angkutan umum seperti Sumatera Transport dari Simpang Pos di Medan tujuan Berastagi. Jangan heran kalau sepanjang perjalanan, angkutan yang berupa elf ini akan memacu adrenalin Anda. Meskipun jalanan yang naik dan berliku, tapi sopir terus memacu mobilnya dengan kencang.

Angkutan ini akan melakukan pemberhentian terakhir di Terminal Kabanjahe. Sampai di sini perjalanan belum usai. Dari Kabanjahe, Anda harus naik elf lainnya dengan nama Sinar Sepadan yang memiliki trayek Kabanjahe-Pematang Siantar. Mesti diingat, Anda harus turun di Merek Situnggaling, sebuah persimpangan jalan menuju Air Terjun Sipiso-Piso. Karena jarak dari jalan raya menuju air terjun yang masih cukup jauh, Anda bisa memanfaatkan jasa bentor alias becak motor yang banyak berseliweran di daerah tersebut dengan ongkos Rp 15.000-20.000. Akan lebih praktis lagi jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dari Medan.

Air Terjun Sipso-Piso

Begitu tiba di lokasi air terjun, Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa menakjubkan. Sisi kanan merupakan Air Terjun Sipiso-Piso yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai 120 meter! Sementara di sisi kiri, Anda bisa menikmati keindahan Danau Toba dari kejauhan. Untuk menikmati pemandangan cantik ini cukup membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 saja. Sangat murah kan?

Air Terjun Sipiso-Piso ini terlihat seolah-olah sejajar dengan posisi kita jika dilihat dari atas (lokasi parkir kendaraan). Petualangan di Sipiso-Piso tak lengkap jika tidak turun mendekati air terjun. Jarak dari lokasi parkir ke air terjun memang lumayan jauh. Anda harus menyiapkan stamina ekstra untuk bisa mencapai air terjun karena jalanan yang terus menurun, sehingga dibutuhkan lutut yang kuat. Meskipun jalan menuju air terjun sudah dibuat cukup baik, tapi Anda mesti berhati-hati karena beberapa bagian jalan banyak yang longsor. Sambil menuruni anak tangga, sesekali tengoklah Danau Toba yang cantik di sebelah kiri dan jangan ragu untuk mengabadikan momen tersebut.
Setidaknya membutuhkan waktu 30 menit meruni jalan yang berliku menuju air terjun. Air Terjun Sipiso-Piso terkenal memiliki debit air yang sangat deras. Tak ayal, belum sampai mendekat saja baju dan celana bisa basah kuyup karena terkena air yang terbawa angin. Air di sini terasa dingin dan sangat segar, memang sangat menunjang kunjungan ke Sipiso-Piso pada siang hari yang terik.
Jika sudah selesai menikmati Air Terjun Sipiso-Piso dari dekat, segeralah kembali ke atas. Perjuangan ke atas jauh lebih berat dibandingkan saat turun ke arah air terjun. Jalanan yang terus menanjak seakan-akan tidak ada habisnya membuat sejumlah pengunjung berhenti setiap beberapa meter berjalan. Ada baiknya menyiapkan air minum yang cukup sebelum turun ke air terjun karena sepanjang perjalanan sudah tidak ada lagi penjual makanan atau pun minuman.  Membutuhkan waktu hampir satu jam untuk naik ke lokasi parkir.
Sebaiknya jika ingin turun mendekati Air Terjun Sipiso-Piso harus mempunyai fisik yang prima. Selain itu, persiapkan makanan dan minuman yang cukup, hati-hati sepanjang perjalanan, dan jangan buang sampah sembarangan. Selamat liburan ya traveler!
Tips Transportasi:

 

  • Medan-Kabanjahe: Elf Sumatera Transport ~ 15.000-20.000
  • Kabanjahe-Merek: Elf Sinar Sepadan ~ 10000-15.000
  • Merek-Air Terjun Sipiso-Piso: Becak Motor ~ 10.000-15.000
Nah itulah sedikit informasi mengenai air terjun Sipiso-Piso yang merupakan air terjun tertinggi fi Infonesia. Jika sedang liburan di Danau Toba, atau di Desa Tongging jangan lupa untuk sekalin mnegunjungi air terjun ini ya.

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *