Seru Seruan Seharian Di Cirebon

0
()
Mau liburan tapi waktu mepet? Kalau kamu tinggal di Jabodetabek, Kota Cirebon bisa dijadikan destinasi pilihan. Kamu bisa naik kereta jam 6 ke Cirebon dan sampai jam 9. Pertama-pertama yang harus dilakukan saat sampai di Cirebon adalah mencoba kulinernya. Tahu gejrot, ayam goreng bahagia, docang, nasi jamblang, empal goreng, nasi lengko, dan juga toko roti roby (yang ini enak buat oleh-oleh).
Dari jejeran kuliner khas Cirebon tersebut, yang tidak terdengar lazim adalah docang. Docang terbuat dari lontong yang diiris-iris kecil, ditaburi parutan kelapa muda, irisan daun singkong dicampur dengan toge yang telah direbus. Kemudian disiram kuah panas yang berisi dage (sejenis oncom) yang dihancurkan, sehingga mengapung di bagian atas kuah. Docang ini katanya makanan favoritnya wali, harganya per porsinya juga murah, Rp 5.000 per porsi.
Ayam goreng bahagia sebenarnya bernama ayam goreng Ibu Hj. Sunarti yang ada di Jalan Bahagia, karena itu namanya suka diganti sama orang dengan julukan ayam goreng bahagia. Roti Roby yang terkenal adalah rasa ayam karena rasanya sangat khas dan lembut. Selain rasa ayam, ada juga rasa roti abon roll, roti srikaya, roti bluder, dan masih banyak lagi, harganya pun murah, mulai dari Rp 6000 per roti.
Kalau ingin berkeliling, ada 2 pilihan transportasi yang bisa kamu pakai, pertama adalah angkutan umum dan yang kedua adalah becak. Untuk transportasi umumnya, kamu harus berhati-hati karena rute per angkot tidak sama sehingga kamu butuh info lebih. Kalau becak, disini mudah ditemukan, harga yang ditawarkan juga murah, mulai dari Rp 5.000 dan selebihnya tergantung kemampuan tawar-menawar kalian.
Setelah kulineran, coba berkunjung ker keraton. Ada empat keraton yang bisa kamu pilih atau bisa juga kamu datangi semua, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabonan. Kamu juga bisa ziarah makam di Cirebon. Ada tiga tempat ziarah di Cirebon ini, yaitu makamnya Sunan Gunung Jati, Masjidnya Sunan Gunung Jati di depan keraton dan rumah Sunan Gunung Jati. Ada juga berbagai jenis tarian yang bisa kamu lihat, yaitu Tari Sintren, Tarling, dan Tari Topeng. Tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi adalah Gua Sunyarugi, Taman Ria Ade Irma Nasution, Taman Kera Plangon, dan Pantai Kejawanan yang terkenal sunset-nya.
Terakhir untuk urusan oleh-oleh, salah satu alternatif oleh-oleh khas Cirebon berupa batik adalah Batik Trusmi, terkenal karena banyak menjadi usaha rumahan di daerah ini. Kamu bisa berkunjung ke sini dan sepanjang jalan Desa Trusmi hamper banyak ditemui Batik ala khas Trusmi.
Sudah selesai tour sehari di Cirebon, jika satu hari kamu rasa tidak cukup untuk menikmati itu semua, silahkan mencari penginapan. Ada banyak hotel yang bisa menjadi alternatif dengan harga mulai dari Rp 300.000.
Gimana? Tertarik?

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *