Sengkaling Waterpark

0
()

Pergi liburan ke suatu tempat wisata tentu akan menyenangkan karena banyak manfaat yang akan kita dapatkan, salah satunya hati dan fikiran kembali fresh. Ngomong-ngo,ong soal liburan, Kota Malang memiliki banyak destinasi wisata mulai dari wisata alam, budaya dan wisata sejarah. Di Malang juga terdapat banyak wisata kolam renang dan waterpark. Waterpark yang wajib Anda kunjungi di Malang salah satunya adalah Sengkaling Waterpark.

Baiklah sahabat Pagguci, disini Gungun Gunawan! kali ini saya akan membahas tentang wisata air dan tempat rekreasi di Malang yaitu Sengkaling Waterpark.  Postingan kalai ini dalam rangka untuk melengkapi informasi tentang semua kolam renang di MalangOh iya untuk referensi tempat wisata lainnya, sebelumnya juga saya sudah membahas tentang Taman Wisata Wendit.

Foto: Gmap Mahin Elhubb

Sengkaling Waterpark merupakan sebuah tempat wisata berupa taman rekreasi dan wahana air yang berada di Kota Malang Jawa Timur yang dilenkapi dengan berbagai wahan menarik yang family frendly banget. Sengkaling sangat cocok untuk dijadikan tampat liburan di akhir pekan, Anak-anak akan merasa senang jika diajak liburan kesini.

Taman Rekreasi Sengkaling memiliki hawa yang sejuk karena berada di dataran tinggi. Selain itu juga dikelilingi pepohonan hijau yang rindang dengan total luas taman mencapai 9 hektar. Tempat ini berada  di tepi Sungai Brantas yang merupakan sumber air bagi telaga buatan yang terdapat di taman rekreasi tersebut.

Saat ini Sengkaling Waterpark dikelola oleh universitas Muhammadiyah Malang. Dulunya Taman Sengkaling dikelola oleh PT Taman Bentoel, anak perusahaan Bentoel Group yang bergerak di bidang jasa pariwisata dalam bentuk taman rekreasi. 

Sejarah

Taman Rekreasi Sengkaling, pertama kali didirikan oleh seorang yang berkewarganegaraan Belanda, yaitu Mr. Coolman pada tahun 1950. Namun sejak tahun 1975, pengelolaan Taman Rekreasi Sengkaling ini diambil alih oleh Bentoel Group dengan nama PT. Taman Bentoel.

Pada awal beroperasinya Taman Rekreasi Sengkaling, hanya diperuntukkan bagi karyawan Bentoel Group, namun seiring perkembangan, dan atas permintaan warga masyarakat yang berkeinginan turut menikmati, akhirnya Taman Rekreasi Sengkaling dibuka untuk umum.

Baca Juga:  Kebun Teh Wonosari

Wahana & Daya Tarik

Taman Wisata sengkaling Malang menyediakan berbagai wahana yang sangat rekomended untuk dinikmati bersama keluarga. Sebagian besar area Taman Rekreasi Sengkaling merupakan wahana air dan  kolam renang.

Kolam Renang

Bagi pengunjung yang ingin berenang, Taman Rekreasi Sengkaling menyediakan kolam renang dengan berbagai fasilitas masing-masing. Ada 5 kolam renang dengan wahana air yang disediakan yaitu:

  • Kolam Kapal Misteri

Kolam Kapal Misteri sendiri merupakan sebuah danau yang di tengahnya bersandar sebuah kapal. Pengunjung bisa berkeliling danau menggunakan cycle boat, atau perahu kayuh. Untuk Pengunjung juga bisa masuk ke dalam Kapal Misteri melalui jembatan yang sudah disediakan di sisi utara danau.

  • Kolam Pesona Primitif

Kolam Pesona Primitif memiliki ukuran lebih besar dibanding kolam renang lain dan juga ada berbagai fasilitas bermain seperti, papan luncur, kolam bubble, plaza air mancur, senapan air dan pool bar. Tak hanya itu, Kolam Pesona Primitif juga dilengkapi panggung hiburan yang bisa menampung hingga 200 orang.

  • Kolam Pesona Tirta Sari

Kolam Pesona Tirta Sari tidak sebesar Kolam Pesona Primitf, namun sumber air di kedua kolam tersebut berasal dari sumber alami pegunungan, jadi lebih terasa kesegarannya.

  • Kolam Pesona Tirta Alam & Kolam Cumi-cumi.

Kolam Pesona Tirta Alam dan  Ada satu lagi Kolam Cumi-Cumi, letaknya yang dekat dengan pintu keluar menjadikan kolam ini kurang begitu rekomended untuk dinikmati, karena tentunya kita akan lebih capek berkeliling sebelum menikmati wahana permainan lainnya.

Wahan Permainan

Wahana permainan di Taman Wisata Sengkaling Malang juga tidak boleh dilupakan. Beberapa wahana permainan yang ditawarkan antara lain, Kapal Misteri, Bioskop 4 dimensi, Kiddy Train, Bom-bom Car, Merry Go Round, Playground, Sepeda Air, Bumper Boat, Kuda Ria, dan Perahu Motor. 

Taman Satwa

Wahana lain yang ditawarkan oleh Taman Rekreasi Sengkaling yakni adanya beberapa satwa yang dirawat oleh pihak Taman Wisata Sengkaling Malang. Namun, sayangnya jumlahnya hanya sedikit. Salah satu yang menjadi andalannya adalah koleksi burung dari berbagai spesies.

Outbond

Untuk rombongan anak-anak atau juga bisa orang dewasa, pihak Taman Rekreasi Sengkaling juga menyediakan fasilitas Outbond. Fasilitas outbond ini sendiri meliputi wahana ketangkasan flying fox, v-bridge, halang rintang, waterfall dan menangkap ikan. Tersedia juga instruktur dalam paket yang disediakan, sementara minimal reservasi untuk wahana outbond sendiri minimal 30 orang.

Fasilitas

Terdapat beberapa stand food court dan penjual makanan-minuman di beberapa titik yang disediakan Taman Wisata Sengkaling Malang. Untuk fasilitas toilet kurang begitu bersih dan higienis. Di dekat pintu keluar juga terdapat stand pedagang souvenir untuk oleh-oleh berupa mainan, cindera mata, pakaian hingga buah-buahan. Halaman parkirnya sangat luas, jadi tidak perlu khawatir untuk masalah perparkirannya.

Baca Juga:  Wisata Songgoriti Batu Malang

Fasilitas lain yang ada di Taman Wisata Sengkaling Malang yakni :

  • Convention Hall yang bisa digunakan untuk acara pernikahan, rapat, wisuda, atau acara formal lain dengan daya tampung hingga 500 orang. Tentunya ruangannya pun ber-AC.
  • Garden party dengan pemandangan asri dan indah yang bisa menampung sampai 1000 orang.
  • Palm Resto, sebuah restoran yang menyediakan makanan dan minuman serta ada live music setiap hari minggu atau hari libur. Bougenville Room yang bisa diperuntukkan sebagai acara wisuda, resepsi pernikahan ataupun rapat. Daya tampungnya berkapasitas hingga 1000 orang.
  • Untuk anda yang mau menjaga kebugaran tubuh, Taman Rekreasi Sengkaling menyediakan fitness centre yang melayani mulai pukul 09.00 sampai 17.00. Ada instruktur pemandu yang tentunya sudah berpengalaman. Fasilitas fitness centre sendiri meliputi mandi sauna dan free locker.

Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk Taman Rekreasi Sengkaling Malang cukup terjangkau. Untuk perorangan harga tiket masuk sekitar Rp 25.000. Sementara harga tiket untuk rombongan minimal 30 orang dihitung Rp 22.000 per orang. Harga tiket di atas hanya diperuntukan untuk tiket masuk dan menikmati kolam renang yang disediakan kecuali Kolam Pesona Primitif, yang diharuskan membayar tiket masuk tersendiri sekitar Rp 10.000-Rp 15.000 per orang. 

Untuk wahana bermain lainnya seperti bom-bom car dan bioskop 4 dimensi, pengunjung diharuskan membayar biaya tambahan tiket masuk masing-masing. Pihak Taman Wisata Sengkaling Malang menyediakan paket tiket masuk seharga Rp 50.000 per orang. 

Tiket masuk ini bisa digunakan untuk akses ke seluruh kolam renang, termasuk Kolam Pesona Primitif, Wahana Perahu Naga, Kiddy Train, Bumper Boat, Theater 4 Dimensi dan Joyland Game Zone. Ada juga potongan harga tiket khusus bagi koordinator rombongan beserta bonus souvenir menarik dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Lokasi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Peta Lokasi

Saya merekomendasikan untuk mengunjungi Taman Wisata Sengkaling Malang sebagai hiburan di akhir pekan atau menikmati liburan bersama keluarga. Salah satu nilai minusnya adalah kurangnya inovasi dari pihak pengelola. Pasalnya, inovasi yang diberikan pengelola kurang menarik dan cenderung monoton. Jika tidak ada perubahan, bisa kalah bersaing dengan tempat-tempat rekrasi yang ada di Kota Batu, yang berjarak tidak jauh Taman Wisata Sengkaling Malang.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Gungun Gunawan

Hallo Gungun Disini, Saya adalah Travel Blogger | BeSafe, Be healty, Be Clean And Be Smart Travellers Cheerss !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *