Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Pura Taman Ayun Bali

/
147 Views
img

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk liburan. Kemahsyuran wisata bali juga bahakan diakui oleh dunia. Banyak turis asing yang datang ke bali setiap tahunnya. Bukan hanya orang asing penduduk asli Indonesia juga banyak yang ingin berwisata ke Pulau Dewata ini. Ya salah satu tempat wisata impian masyarakat Indonesia adalah liburan ke Bali. Salah satu destinasi wisata Bali yang bisa Anda kunjungi adalah Pura Taman Ayuan yang berada di Kabupaten Badung ini. 

Jika berkesempatan jalan-jalan ke pulau Bali maka tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir ke sebuah puri yang di katakan sebagai salah satu tempat suci di Pulau Bali ini. Tempat ini sendiri adalah sebuah atau salah satu tempat peribadatan atau dikenal dengan naman puri yang di miliki oleh orang bali. Berjalan jalan kesini tentunya kita akan di suguhkan tempat yang seakan membawa kita ke masa masa kerajaan bali. Mengapa tempat ini dinamakan sebagai taman ayun. Menurut orang orang sekitar areal taman ayaun tersebut, taman ayun sendiri bisa di artikan sebagai kebun atau taman yang indah dan cantik. Ternyata nama tersebut memang merepresentasikan pemandangan yang ter lihat di sana.

Pura Taman Ayun merupakan sebuah Situs Warisan Dunia yang telah di akui UNESCO pada tahun 2002 yang lalu.  Pura atau Paibon/Pedarman Raja Mengwi  yang digunakan untuk memuja roh leluhur dari raja-raja yang diwujudkan dengan dibangunnya sebuah gedong Paibon, Selain itu dibangun juga meru-meru untuk pemujaan dan persembahyangan kepada para Dewa bagi masyarakat kerajaan Mengwi dalam memohon kesejahteraan. Selain digunakan sebagai tempat pemujaan, saat ini Pura Taman Ayuan merupalan salah satu destinasi wisata populer di bali.

Sejarah Pura Taman Ayun
Sejarah Pura Taman Ayun

Dikutif dari laman Wikipedia, Sejarah Pura Taman Ayun memiliki sejarah yang cukup panjang. Sejarah yang tercatat Pura Taman Ayun pertama dibangun pada abad ke-17 tepatnya dimulai tahun 1632 serta selesai dalam kurun waktu dua tahun yaitu pada tahan 1634. Wah cepet jiga ya pembangunannya?

Cerita punya cerita, proses pembangunan Pura Taman Ayun ini ternyata dibantu oleh arsitek yang berasal dari seorang keturunan Cina dari Banyuwangi yang bernama Ing Khang Ghoew juga sering disebut I Kaco rekan dari Raja Mengwi. Mungkin ini yang membuat proses pembangunannya cepet ya?

Dulunya Pura ini merupakan Pura pribadi milik keluarga kerajaan Mengwi. Karena p[ada jaman tersebut lokasi pura untuk beribadah jauh dijangkau masyarakat maka Sang Raja mendirikan sebuah tempat pemujaan dengan beberapa bangunan sebagai penyawangan (simbol) daripada 9 pura utama yang ada di Bali, seperti Pura Besakih, Pura Ulundanu, Pura Batur, Pura Uluwatu, Pura Batukaru, dan pura utama lainnya yang ada di Bali.

Komplek Pura Taman Ayun terbagi menjadi 4 bagian halaman yang berbeda-beda dengan tingkatan yang stu lebih tinggi dari pada yang lainnya. Jika Anda memasuki kawasan pura, maka Anda akan menemukan sebuah tugu kecil untuk menjaga pintu masuk dan di sebelah kanannya terdapat bangunan luas (wantilan) dimana sering diadakan sabungan ayam saat ada upacara.

Daya Tarik Pura Taman Ayun
Pura Taman Ayun

Pura Taman Ayun merupakan sebuah tempat adat yang sangat terkenal di bali. Jika anda pergi ke pulau Bali maka sangat di sarankan untuk datang ke Pura Ayun ini karena kita di sini akan belajar mengenai beberapa sejarah yang terjadi di pulau Bali, tentunya ini juga sebagai tambahan selain kita telah menikmati pemandangan pantai, dan pemandangan alam lainnya maka saya sarankan anda harus ke tempat ini juga. Kenapa begitu ? tempat ini akan membawa anda ke suasana adat dan kerajaan bali yang kental. Tentunya bagi anda yang suka belajar mengenai sejarah maka tempat ini bisa di sarankan untuk di datangi.

Puri Taman Ayun juga menyimpan spot spot foto yang unik dan tidak kalah menariknya dari tempat wisata lainnya di pulau bali. Anda bisa mengabadikan beberapa momen dan beberapa sudut puri yang sangat unik dan indah ini. Di sana kita juga bisa belajar bagaimana keahlian orang orang dahulu saja sudah memperhatikan masalah seni yang begitu mendalam ketika membuat puri ayun ini. bagi anda yang ingin belajar lebih dalam lagi sangat di sarankan untuk anda menyewa semacam tour guide sehingga akan banyak pengetahuan yang anda serap. Wisata tentunya tidak hanya berlibur saja. Seperti saya ketika mendatangi sebuah tempat maka harus ada nilai nilai yang bisa saya ambil dari tempat tersebut. Dan di sana saya banyak belajar mengenai keunikan dan beragamnya budaya dan adat nenek moyang kita dan tentunya saya harus bisa menjaga hal tersebut.

Tiket Masuk Pura Taman Ayun

Apa yang Anda pilirkan tentang tiket wisata Bali? Tentunya bayangan Anda adalah “Mahal”.  Tidak semua tiket masuk wisata di bali itu mahal. Buktinya, tiket masuk Pura Taman Ayuan terbilang cukup murah dan terjangkau sehingga destinasi wisata ini cocok untuk liburan keluarga dan liburan edukasi. Lalu berapa harga tiket masuk ke Pura Taman Ayun ini? berikut kami berikan informasinya:

Tiket Masuk
  • Domestik Rp 10.000 / Orang Weekday Rp. 15.000/Orang Weekend
  • Asing Rp 20.000 / Orang Weekday Rp. 30.000/Orang Weekend
Parkir
  • Parkir Mobil Rp 5.000 / Mobil.
  • Parkir Motor Rp 2.000 / Motor.
Alamat & Lokasi Taman Ayun

Puri Taman Ayun terletak di desa Mengwi Kecamatan Mengwi kabupaten Badung Bali. Letaknya sendiri masih satu kabupaten dengan beberapa tempat wisata lain seperti tanjung benoa, ulu watu, pantai Kuta, Dream Land, Jimbaran, dan lain lainnya. Destinasi yang cocok untuk di gabungkan ketika anda mengunjungi taman ayun sperti, pura ulun danu bedugul, alas kedaton, tanah lot dan juga pantai canggu.

Alamat: Jl. Ayodya No.10, Mengwi, Kabupaten Badung, Bali 80351
Provinsi: Pulau Bali
Distrik: Mengwi, Badung
Kawasan: Asia-Pasifik
Ditetapkan: 2012 (sesi ke- 36)

Peta Lokasi
Cara Mencapai Taman Ayun Bali

Jika anda menuju atau berniatan untuk ke puri taman ayun saya sarankan anda menggunakan atau menyewa kendaraan seperti mobil atau motor. Hal tersebut karena anda bisa lebih fleksibel dan bisa juga mampir mampir ke beberapa tempat lainnya karena tempat ini sendiri masih satu kabupaten dengan beberapa tempat wisata lainnya. Namun bisa juga ke purin taman ayun dengan menggunakan taxi atau kendaraan umum lainnya.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar