Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Pemandian Kendedes Singosari

/
134 Views
0
()

Hallo sahabat Pagguci! Ingin berwisata ke Kota Malang? sebagai rekomendasi aja nih, saya rekomendasikan tempat wisata pemandian kolam renang namanya Pemandian Kendedes Singosari. Kamu bisa menjadikan tempat wisata tersebut sebagai salah satu destinasi wisata bersama keluarga.

Nah kembali lagi, masih bersama saya Gungun Gunawan, kali ini saya akan membahas tentang Pemandian Kendedes Singosari. Wah suah lama ya, udah mau sebulan saya gak update tempat libur. Terakhir kali bikin artikel bulan lalu tentang Zam-Zam Tirta Bogor.

Ah sudahlah! kembali ke topik ya. Lalu apa saja sih yang menarik dari tempat wisata yang satu ini,  yuk simak informasinya pada artikel dibawah ini

Ok, penjelasan dulu ya guys! Pemandian Kendedes Singosari itu merupakan salah satu tempat bersejarah bagi masyarakat Malang. Tempat ini menjadi saksi peninggalan Kerajaan Singosari yang ada di Kota Malang. Tempat pemandian ini sendiri memiliki luas 1,5 hektar yang dikelola langsung oleh Primkop AU atau Primer Koperasi TNI Angkatan Udara bernama Abdulrahman Saleh, Pakis.

Pemandian Kendedes Singosari diresmikan pada tahun 1962, dan pada saat itu, katanya pemandian masih dalam keadaan tak terawat hingga pada tahun 1998 direnovasi ulang. Ada banyak orang yang sudah mengunjungi wisata ini dengan tiga area kolam renang yang bersih. Masing-masingnya yakni kolam renang dewasa, kolam renang sedang, dan kolam renang anak.

Mitos & Legenda

Sebagian wisata di Indonesia itu memiliki mitos dan legenda yang unik. Begitupula dengan Pemandian Kendede Singosari. Ada mitos dan legenda yang beredar di masyarakat sekitar dan sebagian orang mempercayainya.  Pemandian ini dipercaya sebagai tempat mandi dari Putri Ken Dedes yang terkenal akan kecantikannya. Hal ini yang membuat masyarakat dan pengunjung percaya bahwa jika mandi di Pemandian Singosari indi dapat membuat awet muda.

Dahulu kala katanya pada zaman Kerajaan Singhasari terdapat sebuah taman yang indah, Taman itu sekarang dikenal dengan nama Taman Boboji. Nah ditemapt itulaht katanya Ken Arok dan Ken Dedes yang saat itu masih menjadi permaisuri Tunggul Ametung, Akuwu Tumapel, pertama kali bertemu. Singkat cerita pada waktu itu Ken Arok terpesona melihat Ken Dedes saat turun dari kereta kuda. Wah so sweet banget ya.

Namun sampai sekarang ini belum dapat dipastikan di mana letak Taman Boboji tersebut karena belum ada sumber yang menjelaskannya. Banyak orang beranggapan tempat tersebut adalah di atas pemandian karena memang terdapat sebuah bukit kecil dan tak jauh dari pemandian tersebut terdapat sungai. Namun belum dapat dipastikan kebenarannya apakah itu pemandian Ken Dedes atau hanya keputren tempat tinggal Ken Dedes sebagai seorang putri.

Baca Juga:  7 Tempat Kuliner di Surabaya Murah dan Enak

Wahana & Daya Tarik

Sebagai tempat wisata sejarah yang selalu rami dikunjungi wisatawan. Pemandian Singosari memiliki daya tarik tersendiri. Ada beberapa wahana yang bisa Kamu temui disini seperti Kolam renang Anak dna Kolam Renang Dewasa serta kolam ikan.

  • Kolam Renang Anak 

Tersedia kolam renang anak ukurannya sangat luas, namun tidak terlalu dalam. Dilengkapi juga dengan permainan anak seperti perosotan air yang membuat anak-anak tidak mau beranjak dari sana.

  • Kolam Renang Dewasa

Kamu-kamu para orang dewasa bisa mencoba berenang dikolam renang dewasa ini ya siapa tahu bisa awet muda he he. Kolamnya cukup luas dan airnya jernih.

  • Kolam Ikan

Ada juga kolam ikan berkulan sedang yang dihuni banyak ikan mas yang berwarna-warni menghiasi kolam. Katanya kolam ini sudah ada sejak dahulu kala. Nah memberi makan ikan-ikan tersebut bisa menjadi aktivitas yang menarik untuk anak-anak.

  • Area Bermain Anak

Ada tempat bermain anak dengan tempat yang tidak terlalu luas dibawah pohon. Tersedia beberpa permainan anak seperti ayuanan dan ban.

  • Spot Magis

Di sebelah utara kolam anak terdapat sebuah bangunan kecil yang dikeramatkan dan terlihat magis. Berupa pura kecil yang dikelilingi pagar dan dibalut dengan kain suci. Ada pula sesajen yang diletakkan pada bangunan tersebut. Untuk para pengunjung umum dilarang masuk ke dalam pura kecil ini.

Fasilitas

PWisatwan yang berkunjung ke Pemandian Kendedes Singosari ini memiliki kebebasan untuk berendam menikmati hangatnya dan jernihnya air pemandian. Tentu saja Anda saat mengunjunginya terdapat beberapa fasilitas lain yang bisa Anda gunakan. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Rental Baju dan Ban Renang

Bagi kamu yang tidak membawa perlengkapan untuk berenang maka jangan khawatir. Di tempat ini sudah disediakan persewaan baju dan ban untuk berenang yang bisa digunakan untuk berendam.

  • Gazebo

Bagi kamu yang tidak bisa berenang dan tidak ingin ikut berendam maka lkamu juga masih mendapatkan fasilitas berupa gazebo. Fasilitas ini bisa kamu manfaatkan sembari menunggu keluarga dengan bersantai di area gazebo yang telah disediakan.

  • Tempat Ibadah
Baca Juga:  Paralayang Batu Malang

Jika kamu ingin melakukan ibadah sholat terdapat pula mushola yang bisa kamu gunakan. Tak perlu bepergian jauh karena saat waktu shalat telah tiba maka Anda bisa langsung mendatangi mushola yang satu ini.

  • Kantin

Di Pemandian Kendedes Singosari, Kamu juga bisa menjumpai kantin atau food court yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Toilet Umum

Toilet umum merupakan salah satu tempat yang paling diperlukan bagi setiap orang yang sedang berwisata. Tenang saja karena di wisata ini kamu bisa mendapatkan fasilitas toilet umum dengan beberapa biliknya yang bisa kamu gunakan untuk berganti pakaian.

  • Area parkir

Fasilitas yang tak kalah pentingnya yang wajib ada dalam sebuah wisata adalah area parkir. Di wisata pemandian ini kamu bisa mendapatkan lahan parkir yang cukup luas dan memadai.

Dari beberapa fasilitas di atas tentu sangatlah bermanfaat bagi kamu yang ingin berkunjung ke wisata pemandian ini. Lantas berapakah harga tiket masuk Pemandian Kendedes Singosari ini? Yuk ketahui selengkapnya di bawah ini!

Tiket Masuk

Untuk memasuki wisata ini Anda akan dikenai tarif tiket masuk yang cukup terbilang murah. Yakni hanya sebesar Rp 6.000 saja dengan jadwal kunjungan setiap harinya termasuk hari libur dan akhir pekan. Anda bisa mengunjungi lokasi ini mulai pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore.

Adapun rute menuju lokasi wisata akan dijelaskan pada penjelasan di bawah ini.

ALamt & Lokasi

Untuk mencapai lokasi Pemandian Kendedes Singosari, Anda bisa mengikuti jalur menuju arah Candi Singosari. Jika Anda berangkat dari Kota Malang maka berjalanlah menuju Jl. Malang-Surabaya hingga menjumpai Candi Singosari atau Pasar Singosari sebagai patokannya. Lokasi wisata pemandian sendiri berada di sebelah barat sekitar 1 km lagi.

Peta Lokasi

Untuk mencapainya jika Anda berangkat dari dari Terminal Malang bisa menggunakan mikrolet kode SKL dengan jurusan Singosari-Ketangi-Landungsari menuju depan Pasar Singosari. Namun jika Anda berangkat dari Terminal Arjosari maka naik saja angkutan kota dengan jurusan Lawang-Arjosari atau Glugur-Langlang-Arjosari. Selanjutnya Anda bisa naik ojek ataupun berjalan kaki untuk menuju lokasi.

Nah itulah ulasan informasi saya tentang Pemandian Kendedes Singosari malang. Meskipun tidak mewah seperti Kolam renang pada umumnya. Namun tempat ini bisa dijadikan tempat liburan murah meriah.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar