Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor

Pemandian Air Panas Gunung Pancar
0
(0)

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kota Bogor. Pasalnya, kota tersebut memiliki berbagai tempat wisata alam yang populer. Namun, ada satu tempat yaitu Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor yang selalu menjadi unggulan kota tersebut. Dari namanya saja, tempat wisata tersebut merupakan pemandian air panas yang mengandalkan alam.

Walaupun disebut sebagai air panas, bukan berarti airnya panas hingga mendidih. Melainkan air hangat yang dapat menghangatkan badan. Manfaat yang bisa diperoleh pun beragam saat berendam disana. Tubuh akan lebih terasa rileks dan ringan setelah berendam. Selain itu, otot yang semula tegang bisa menjadi lebih regang dan juga dapat mengembalikan kebugaran tubuh.

Aktivitas & Daya Tarik

Aneka Satwa

Selain berendam, Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor juga cocok dijadikan sebagai tempat wisata edukasi untuk anak kecil. Pasalnya, ada berbagai jenis satwa yang menarik dan berguna sebagai sarana memperkenalkan nama satwa kepada anak kecil.

Beraneka satwa yang hidup disana misalnya seperti enggang, srigunting, jalak, ayam hutan merah, cucak kutilang, elang, babi hutan, jelarang monyet kra, surili, dan owa jawa.

Ada Banyak Tumbuhan

Suasana alami benar-benar tergambar di pemandian air panas ini. Banyaknya pepohonan dan berbagai jenis tumbuhan lain menjadi alasannya. Tumbuhan yang ada disana antara lain rotan, jamuju, saninten, puspa, beringin, pasang, huru, dan rasamala.

Sedangkan tumbuhan semak belukar seperti alang-alang, saliara, jarong, harendong, ki rinyuh, dan lain-lain. Selain itu, ada juga tanaman yang dibudidayakan oleh masyarakat sekitar seperti pisang dan singkong.

Suhu Udara Yang Sejuk

Kawasan Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor memiliki suhu udara yang bisa dikatakan sejuk. Pada malam hari suhu udara rata-rata mencapai 24 derajat celcius, dan suhu tertinggi pada malam hari yaitu 33 derajat celcius.

Sedangkan, rata-rata kelembaban udaranya berkisar 58 – 82 persen. Tipe iklim tempat tersebut yakni B dan rata-rata curah hujannya 3.000 – 4.500 mm per tahun. Dalam satu tahun, total jumlah hari hujannya sekitar antara 150 – 250 hari.

Ada Banyak Spot Poto

Pemandangan alamnya yang cantik tentu akan bagus dijadikan sebagai spot poto untuk unik. Kamu juga bisa memotret satwa yang ada di tempat tersebut. Bahkan, beberapa satwa juga bisa diajak berpoto selfie bersama.

Hasil poto akan tampak natural dengan nuansa warna hijau yang asri dan segar. Selain itu, jangan lewatkan untuk mengabadikan momen-momen kamu saat berendam di Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor tersebut.

Tersedia Kolam Terapi Ikan

Tidak hanya pemandian air panas pada umumnya saja, tersedia juga kolam ikan yang sering digunakan untuk terapi. Terapi dilakukan dengan cara memasukkan kaki ke dalam kolam ikan tersebut. Kemudian, ikan-ikan akan menggigit kulit kaki kamu.

Tak perlu khawatir kaki akan terasa sakit, karena ikan yang ada disana memiliki ukuran yang kecil. Sensasi geli digigit ikan kecil yang akan kamu rasakan sungguh tidak bisa dilupakan.

Fasilitas

Fasilitas pertama yang akan dirasakan oleh pengunjung adalah tempat parkir yang sangat luas. Sehingga, jumlah kendaraan yang dapat ditampung juga banyak dan tidak akan terlalu berdempetan. Setelah keluar dari area parkir, akan tampak banyak penjual yang berjejeran.

Produk yang dijual juga bermacam-macam seperti pakaian ganti, makanan khas Bogor, buah-buahan, dan masih banyak lagi. Pengelola dari tempat wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor juga menyediakan kamar mandi diperuntukkan pengunjung yang ingin membilas diri seusai berendam.

Kamu juga tidak perlu antri saat ingin ke kamar mandi karena bilik yang disediakan cukup banyak. Bilik untuk laki-laki dan perempuan juga tidak dijadikan satu, melainkan dibedakan. Bahkan, disana juga terdapat kursi roda yang boleh digunakan oleh pengunjung yang sedang sakit.

Itu semua karena salah satu manfaat berendam di Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor dapat dijadikan sebagai terapi penyembuhan penyakit stroke. Oleh karena itu, kursi roda memang dibutuhkan di tempat tersebut. Menariknya, mobilitas untuk pemakai kursi roda akan terasa mudah karena disediakan pula jalur khusus yang cukup jelas.

Harga Tiket Masuk

Destinasi wisata Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor mematok tarif yang terbilang murah untuk tiket masuk. Akan tetapi, kalau kamu ingin merasakan berendam air panas di kolam pribadi, harus membayar tarif khusus. Sedangkan, untuk perawatan dan memanjakan diri berupa jasa pijat, lulur, masker, dan lain-lain, pengunjung bisa memberikan tips atau uang sukarela saja.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor
Tiket Masuk Gunung Pancar Weekday Rp5.000
Tiket Masuk Gunung Pancar Weekend Rp7.500
Tiket masuk kolam Pemandian umum Rp10.000

Harga tarif parkir kendaraan roda dua : Rp 2.000,00
Harga tarif parkir kendaraan roda empat : Rp 5.000,00

Lokasi dan Jam Operasional

Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor terletak di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi tepatnya ada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul. Meskipun lokasinya ada di pegunungan, namun akses jalannya tidak terlalu menyulitkan wisatawan.

Peta Lokasi

Sebaiknya pengunjung menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor maupun mobil untuk sampai ke tempat tersebut. Hal tersebut karena tidak ada transportasi umum yang bisa ditumpangi hingga sampai ke pemandian air panas yang ada di Bogor itu.

Rutenya bisa dideteksi dengan mudah pada aplikasi peta yang ada dismartphone kamu. Jika merasa tersesat pada saat ada di perjalanan, tanyakan saja kepada masyarakat yang ada di Kota Bogor.

Kebanyakan masyarakat Bogor pasti tahu dimana lokasi pemandian air panas tersebut. Perjalanan dan rute yang ditempuh pun tidak akan terasa melelahkan karena disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat memukau.

Jam Operasional

kalau mengunjungi Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor, kamu bisa menghabiskan waktu sepuasnya tanpa batas. Hal itu karena pemandian air panas tersebut memiliki jam operasional setiap hari selama 24 jam. Sehingga, pengunjung bisa datang kapan pun untuk mencoba sensasi yang disuguhkan disana.

Pagi hari menjadi waktu yang paling ideal untuk berendam di pemandian air panas yang sumbernya berasal dari Gunung Pancar ini. Alasannya karena saat pagi hari, udara di sekitar sana masih terasa sejuk. Tetapi, siang hari maupun malam hari juga tidak jadi masalah.

Nah, itulah beberapa informasi menarik dan bermanfaat mengenai Pemandian Air Panas Gunung Pancar Bogor. Destinasi wisata berupa pemandian air panas yang bersumber dari alam tersebut memang sangat sayang kalau tidak dikunjungi saat ada di Kota Bogor. Apalagi bila mengajak teman, keluarga, dan pasangan kamu.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Recommended For You

About the Author: Gungun Gunawan

Hallo Gungun Disini, Saya adalah Travel Blogger | BeSafe, Be healty, Be Clean And Be Smart Travellers Cheerss !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *