• Menu
  • Menu

Pemandangan Cantik Kawah Putih dan Situ Patenggang di Bandung Selatan

Suka dengan keindahan alam? di Bandung juga ada tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah dan cantik lho. Ada Kawah Putih Ciwidey dan Situ Patenggang di Bandung Selatan. Kedua tempat tersebut bisa menjadi pilihan Anda jika liburan ke Bandung. Selain memiliki panorama alam yang menyegarkan mata kawasan Bandung Selatan juga memiliki udara yang sejuk.

Halo sahabat Pagguci, informasi kali ini yaitu tentang Kawah Putih dan Situ Patenggang, objek wisata alam di kawasan Bandung Selatan. Artikel ini untuk melengkapi info seputar destinasi wisata Kota Bandung swperti yang sebelumnya juga pernah kita bahas seperti seperti Bukit Moko, Situ Cileunca dan Sejarah Jalan Braga. Di Bandung Selatan terdapat objek-objek wisata lainnya, seperti Rancaupas, Rancabali, Cimanggu, Situ Patenggang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, pesona Kawah Putih memang yang paling memikat di antara objek-objek wisata lainnya.

Bandung di Jawa Barat memang sudah terkenal memiliki pemandangan alam yang cantik. Tidak terkecuali kawasan Bandung Selatan, khususnya Ciwidey. Jika berbicara mengenai Ciwidey, maka tidak bisa lepas dari objek wisata yang sudah cukup terkenal, yaitu Kawah Putih. Bahkan, mungkin bagi sebagian orang, Ciwidey malah sudah identik dengan Kawah Putih.

Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih

Kawah Putih merupakan sebuah objek wisata yang berada pada ketinggian 2.225 meter di atas permukaan laut. Tidak mengherankan jika kawasan ini memiliki suhu udara yang cukup sejuk dengan hembusan angin yang cukup kencang. Kono, kawah yang terbentuk saat ini merupakan bekas letusan Gunung Patuha yang dianggap oleh warga lokal sebagai gunung tertua.

Pemandangan di Kawah Putih memang begitu mengesankan. Kawah yang berwarna putih terhampar luas dan dikelilingi oleh perbukitan akan memanjakan mata siapapun yang datang ke sana. Terdapat danau-danau dengan air yang berwarna putih kehijauan. Tanah yang berada di sekitar kawah juga ikut berwarna putih. Ditambah lagi saat cuaca cerah dan langit berwarna biru akan semakin mempercantik pemandangan alam Kawah Putih. Ini merupakan salah satu pemandangan alam terbaik yang ada di Jawa Barat.


Situ Patenggang

Situ Patengang

Selain Kawah Putih, di Bandung Selatan ini terdapat objek wisata lain yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Situ Patenggang atau yang biasa disebut juga dengan Situ Patengan. Danau yang terletak di tengah kebun teh di kawasan pegunungan ini menjadi tempat yang cocok untuk bersantai menikmati sejuknya alam pegunungan khas Bandung. Apalagi jarak antara Kawah Putih dengan Situ Patenggang cukup dekat, jadi akan sangat sayang kalau dilewatkan.

Hal lain yang cukup menarik di Situ Patenggang adalah karena danau ini menyimpan sebuah cerita. Konon Situ Patenggang (Patengan) berasal dari Bahasa Sunda yaitu Pateangan-teangan yang berarti saling mencari. Hal tersebut mengisahkan tentang cinta Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi yang besar bersama alam yang bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Mereka berpisah untuk sekian lama. Karena cinta mereka begitu kuat, mereka ini salaing mencari dan kemudian bertemu kembali di sebuah tempat yang bernama “Batu Cinta”. Dewi Rengganis kemudian meminta dibuatkan danau dan perahu untuk berlayar. Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau berbentuk hati dan dinamakan “Pulau Asmara”. Menurut cerita, barang siapa yang singgah di Batu Cinta dan mengelilingi Pulau Asmara, senantiasa akan mendapat cinta yang abadi seperti mereka. Sangat menarik bukan?

Jika Anda tertarik dengan objek wisata alam berupa situ atau danau Anda juga bisa menambah daftar list tempat wisata untuk liburan Anda. Anda dapat mengunjungi semua situ/danau yang ada di Bandung. Untuk informasinya Anda dapat membaca ariktel berikut ini: Kumpulan Wisata Danau Cantik Di Bandung Untuk Liburan

Baca Juga:  Tegal Alun Gunung Papandayan
Transportasi ke Ciwidey
Baik Kawah Putih maupun Situ Patenggang bisa diakses melalui perjalanan darat dari Bandung dengan waktu tempuh antara dua hingga tiga jam. Anda akan lebih mudah menuju Kawah Putih dan Situ Patenggang dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Dengan cara ini, perjalanan Anda ke Kawah Putih bisa lebih cepat dan efisien.
Namun, jika Anda berdana pas-pasan, Anda bisa memanfaatkan transportasi umum dari Bandung. Terminal Leuwi Panjang di Bandung adalah titik awal untuk bertolak ke Kawah Putih dan Situ Patenggang. Cukup banyak bus yang menawarkan rute dari Terminal Leuwi Panjang ke Ciwidey, salah satunya adalah Bus Putra Setia. Bus ini akan mengantarkan Anda hingga Terminal Ciwidey dan mematok tarif kurang dari Rp 10.000. Selain bus, ada alternatif lain angkutan umum dari Bandung ke Ciwidey, berupa mobil L300 dengan rute yang sama. Perjalanan dengan bus dari Bandung hingga Ciwidey ini ditempuh dalam waktu dua jam.
Terminal Ciwidey merupakan terminal yang cukup kecil. Jadi seharusnya Anda tidak akan kebingungan saat berada di terminal ini. Begitu turun dari bus, akan banyak tukang ojek dan calo yang akan menyambut Anda. Tidak perlu bingung dan panik. Ini adalah hal yang sudah biasa terjadi di terminal manapun di Indonesia. Anda cukup mencari angkot berwarna kuning yang akan melintasi berbagai objek wisata di Ciwidey, termasuk Kawah Putih dan Situ Patenggang. Waktu tempuh dari Terminal Ciwidey hingga Kawah Putih dan Situ Patenggang sekitar 30-45 menit.
Perlu diingat, bus terakhir dari Ciwidey ke Bandung berangkat sekitar pukul 17.00. Setelah itu biasanya tidak ada bus lagi. Tapi, angkutan umum berupa mobil L300 biasanya beroperasi hingga malam. Karena itu, perlu diperhatikan waktu kunjungan Anda di Kawah Putih dan Situ Patenggang jika melakukan perjalanan pergi-pulang dalam waktu satu hari atau one day trip.
Transportasi Lokal di Kawah Putih dan Situ Patenggang
Sekedar informasi, jarak antara pintu masuk Kawah Putih dengan lokasi kawah masih cukup jauh, sekitar 5-6 km. Dengan jarak sejauh ini, memang masih memungkinkan untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi, tentu cukup membuang-buang waktu. Jika Anda ingin menghemat, pengelola Kawah Putih telah menyediakan mobil van yang menjadi mobil antar jemput dari pintu masuk hingga ke kawah dan sebaliknya. Untuk menggunakan jasa ini Anda cukup mengeluarkan uang Rp 15.000.
Kekurangannya adalah Anda perlu menunggu hingga van penuh sebelum berangkat. Waktu Anda tentu menjadi tidak fleksibel. Alternatif lain adalah dengan menyewa motor dan Anda bawa sendiri dengan harga Rp. 50.000-Rp. 80.000. Di pintu masuk akan banyak yang menawarkan jasa ini. Anda bisa menggunakan motor hingga sore atau hingga Anda pulang dari Kawah Putih. Tapi, jika Anda ingin lebih murah lagi, Anda bisa memintanya untuk mengantarkan Anda hingga ke kawah dan meminta untuk menunggu hingga Anda selesai. Dengan cara ini, Anda cukup membayar sekitar Rp 20.000-Rp.35.000 saja.
Selesai dari kawah, Anda akan kembali ke pintu masuk Kawah Putih. Untuk sampai di Situ Patenggang dari Kawah Putih, Anda cukup menunggu angkot di tepi jalan raya. Ongkos angkot dari Kawah Putih ke Situ Patenggang ini sekitar Rp. 5.000-Rp. 7.000 dan Anda akan diantarkan sampai di pintu masuk Situ Patenggang.
Aktivitas/Kegiatan di Kawah Putih dan Situ Patenggang
Pemandangan Kawah Putih yang begitu memukau membuat siapapun ingin mengabadikannya dalam sebuah foto. Ya, berfoto dengan berbagai angle menjadi akitivitas pilihan saat berada di Kawah Putih. Meskipun demikian, kawasan ini merupakan kawah dengan bau belerang yang sangat menyengat. Untuk itu, Anda tidak dianjurkan untuk berlama-lama di lokasi sekitar kawah. Hal ini bisa merusak sistem pernapasan Anda, dengan gejala batuk-batu dan pusing. Waktu normal yang dianjurkan kepada pengunjung saat berada di dekat kawah adalah 15 menit.

Jika Anda tidak dianjurkan untuk bersantai dan berlama-lama di Kawah Putih, mungkin sebaiknya Anda segera meninggalkannya dan menuju ke Situ Patenggang, tentunya setelah mendapatkan foto-foto yang bagus. Di objek wisata yang satu ini Anda bisa bersantai dan berlama-lama sepuasnya tanpa efek yang bisa merusak kesehatan. Dengan lokasinya yang berada di tengah-tengah perkebunan teh, Situ Patenggang menjadi tempat yang nyaman untuk berlibur.

Baca Juga:  Curug Gandasari Garut | Info Tiket Masuk Terbaru & Fasilitas

Kegiatan yang bisa dilakukan di Situ Patenggang antara lain berkeliling danau yang luasnya mencapai 48 hektar ini dengan menyewa jasa perahu yang banyak terdapat di tepi danau. Mungkin Anda bersama dengan pasangan bisa sekalian ke Batu Cinta untuk membuktikan apakah cinta Anda akan abadi seperti halnya cerita Ki Santang dan Dewi Rengganis.

Kuliner dan Belanja
Sebagai daerah yang berada di kawasan pegunungan, Ciwidey terkenal dengan buah strawberry-nya yang segar-segar. Saat berada di Kawah Putih atau Situ Patenggang, Anda akan dengan mudah menemukan penjual yang menjajakan strawberry. Menikmati strawberry yang masih fresh tentu menjadi sensasi tersendiri. Selain itu, ada banyak cafe-cafe atau restoran yang menyediakan minuman olahan dari Strawberry. Anda bisa mampir untuk mencicipinya saat berada di Bandung Selatan.
Akomodasi

Sebagai kawasan wisata di Bandung, Ciwidey cukup banyak memiliki berbagai hotel dan penginapan dengan harga yang beragam. Anda bisa memilih akomodasi yang pilihannya cukup banyak tersebut sesuai dengan dana yang telah Anda siapkan. Jika anda ingin memiliki budget kecil maka Anda bisa menyewa sebuah Villa, Ada bebrapa villa yang disewakan yang lokasinya cukup dekat dengan Kawah Putih Ciwidey

Berikut beberapa pilihan penginapan dekat Kawah Putih Ciwidey:
1. Saung Gawir Ciwidey
Jalan Raya Ciwidey Rancabali, KM. 6 Desa Alama Endah, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Pondok Sederhana Ciwidey (ALI2)
Sangat Baik

2. Pondok Winagung
Jalan Ciwidey – Rancabali No 18 KM. 3 Kampung Cikembang, Desa Panundaan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten/Kota Bandung, Jawa Barat., Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40973Ciwidey Valley Resort Hot Spring Waterpark
Ciwidey Valley Resort Hot Spring Waterpark

3.Sapadia Guesthouse & Restaurant Ciwidey
Jalan Simpang No. 40 Ciwidey Desa Panundaan Ciwidey, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40973

4. Sindang Reret Ciwidey
Jalan Raya Ciwidey Km 25 Pasir Jambu, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Tips Saat Berwisata di Bandung Selatan/Ciwidey
1. Sebisa mungkin menghindari libur nasional atau akhir pekan karena jalanan biasanya macet parah.

2. Membawa masker saat berkunjung ke Kawah Putih karena bau belerang yang menyengat.

Demikinalah sedikit informasi seputar Kawah Putih Ciwidey dan Situ Patenggang yang ada di kawasan Bandung Selatan. Pemandangan Cantik Kawah Putih dan Situ Patenggang dapat membuat Anda melupakan sejenak aktivitas penat sehari-hari. Semoga dapat menambah wawasan bagi Anda semua.

 

Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

View stories

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *