Pekanbaru-Kota Penghasil Minyak dengan Kebudayaan Melayu yang Kental

0
()
Halo sahabat Pagguci, Pekanbaru yang merupakan ibu kota Provinsi Riau sudah terkenal sebagai salah satu kota penghasil minyak terbesar di Indonesia. Bahkan, Pekanbaru dijuluki dengan “ibu kota minyak bumi Indonesia” karena besarnya minyak yang dihasilkan dari kota ini. Selain menjadi penghasil minyak, Pekanbaru juga terkenal dengan perkebunan kelapa sawit. Akibatnya, Pekanbaru tumbuh menjadi kota yang sangat maju dan modern. Pertumbuhan pesat Pekanbaru ini malah sudah mengalahkan kota lain di Sumatera, yaitu Padang dan Palembang.
Sebagai kota tambang, kota bisnis, pusat perekonomian, dan pusat pemerintahan di Riau, Pekanbaru memang tidak memiliki cukup banyak tempat wisata. Selama ini banyak turis lokal maupun turis asing ke Pekanbaru hanya untuk transit sebelum melanjutkan perjalanan ke kota wisata di Sumatera Barat, seperti Bukittinggi. Meskipun demikian, bukan berarti Pekanbaru tidak memiliki sama sekali objek wisata yang layak dikunjungi. Malah wisatawan bisa mendapatkan sesuatu hal yang berbeda saat berwisata di Pekanbaru.

Berdasarkan sejarahnya, Pekanbaru awalnya merupakan sebuah dusun kecil bernama Senapelan. Dusun ini kemudian berpindah ke tepi muara Sungai Siak dan berkembang pesat saat dipimpin oleh Raja Siak Sri Indrapura yang keempat, yaitu Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Tengku Alam)  pada tahun 1766-1780 Masehi. Nama Senapelan kemudian diubah menjadi Pekan Baharu yang disebut dengan Pekanbaru dalam kehidupan sehari-hari.

Kota Pekanbaru Tempo Doeloe
Pengaruh budaya Melayu begitu kuat melekat di Pekanbaru. Hal itu terlihat dari berbagai bangunan yang memiliki corak dan warna yang kental dengan budaya Melayu. Tempat-tempat untuk melihat ciri budaya Melayu di Pekanbaru antara lain Museum Sang Nila Utama, Gedung Taman Budaya, dan MTQ. Budaya Melayu terlihat dari ornamen-ornamen yang melekat pada bangunan-bangunan tersebut.
Di Pekanbaru, Anda juga bisa menikmati wisata alam di Danau Buatan Lembah Sari dan Alam Mayang. Lokasinya memang sedikit berada di luar kota Pekanbaru namun dengan jarak yang tidak terlalu jauh.
Dengan sebagian penduduk Pekanbaru merupakan Melayu, maka sebagian besar penduduknya juga menganut agama Islam. Wisata religi bisa dijadikan pilihan saat Anda berkunjung ke Pekanbaru. Masjid Agung An-Nur merupakan masjid terbesar di Pekanbaru. Tidak hanya sebagai tempat ibadah, masjid ini juga menyediakan halaman yang luas untuk berolah raga maupun bersantai. Sementara itu, Masjid Raya Senapelan menjadi masjid tertua yang ada di Pekanbaru. Masjid ini merupakan peninggalakan Kerajaan Siak Sri Indrapura, dan di komplek masjid ini terdapat makam-makan raja Siak.
Transportasi ke Pekanbaru
Pekanbaru memiliki Bandara Sultan Syarif Kasim II yang terletak di Simpang Tiga. Karena itu, bandara ini juga dikenal dengan sebutan Bandara Simpang Tiga. Bandara Sultan Syarif Kasim II merupakan bandara modern yang telah melayani penerbangan domestik dan internasional. Penerbangan internasional ke Pekanbaru memang baru sebatas dari Kuala Lumpur dan Singapura. Tapi, hal ini sudah menunjukkan bahwa Pekanbaru memiliki potensi yang cukup baik di mata internasional. Sementara itu, untuk penerbangan domestik telah dilayani oleh banyak maskapai penerbangan ke berbagai tujuan seperti Medan, Padang, Batam, Dumai, Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta.
  1. Jakarta-Pekanbaru-Jakarta (Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Mandala Airlines, Batik Air)
  2. Bandung-Pekanbaru-Bandung (Indonesia AirAsia)
  3. Yogyakarta-Pekanbaru-Yogyakarta (Mandala Airlines)
  4. Medan-Pekanbaru-Medan (Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya Air, Mandala Airlines, Indonesia AirAsia)
  5. Padang-Pekanbaru-Padang (Garuda Indonesia)
  6. Dumai-Pekanbaru-Dumai (Sky Aviation)
  7. Batam-Pekanbaru-Batam (Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sky Aviation, Wings Air)
  8. Kuala Lumpur-Pekanbaru-Kuala Lumpur (AirAsia, FireFly)
  9.  Malaka-Pekanbaru-Malaka (Wings Air)
  10. Singapura-Pekanbaru-Singapura (SilkAir, Mandala Airlines)
Baca Juga:  Tempat Wisata Pantai Terindah di Riau Yang Harus Anda Kunjungi
Jalan Darat
Jalan darat Pekanbaru terhubung dengan Padang, Jambi, dan Medan, sehingga tidak sedikit bus yang beroperasi dengan rute Medan-Pekanbaru atau Jambi-Pekanbaru. Sementara itu, dari Padang ke Pekanbaru yang berjarak tidak terlalu jauh, malah lebih banyak travel yang beroperasi dibandingkan bus. Jika menggunakan jasa bus, Anda bisa ke Terminal Bandar Raya Payung Sekaki yang menjadi terminal bus paling megah di Sumatera, bahkan menjadi yang paling bersih di Indonesia.
Jalur Laut
Selain bisa diakses melalui jalur udara dan darat, Pekanbaru juga bisa diakses melalui jalur laut. Kota minyak ini memiliki Pelabuhan Pelita Pantai dan Pelabuhan Sungai Duku yang terletak di tepi Sungai Siak. Biasanya pelabuhan ini hanya menghubungkan Pekanbaru dengan kota-kota di sekitar Kepulauan Riau, seperti Batam dan Tanjung Pinang.
Transportasi di Kota Pekanbaru
Pekanbaru memiliki bus kota dengan seperti halnya Bus Trans Jakarta dengan nama Trans Metro Pekanbaru. Bus ini melayani berbagai koridor yang melintasi jalanan utama Kota Pekanbaru. Dengan tarif yang cukup murah, tentu Trans Metro bisa menjadi pilihan saat berkeliling Pekanbaru. Apalagi mayoritas objek-objek wisata di Pekanbaru terletak di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman yang dilintasi oleh bus ini. Satu kabar yang cukup menggembirakan adalah Trans Metro telah beroperasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II, sehingga akan sangat menghemat pengeluaran Anda saat berkeliling Pekanbaru.
Di bawah Flyover Sudirman-Munandar Pekanbaru

Selain Trans Metro, di Pekanbaru juga ada bus kota yang sepertinya dikelola oleh swasta. Anda bisa memanfaatkan bus ini jika objek yang Anda tuju tidak dilewati oleh Trans Metro.

Jika Anda menginginkan perjalanan yang nyaman, taksi merupakan salah satu pilihan. Kabar baik lagi bagi Anda karena operator taksi yang profesional, yaitu Blue Bird, telah beroperasi di Pekanbaru. Anda bisa memanfaatkan taksi ini selama berkeliling Pekanbaru tanpa takut ditipu. Operator taksi lainnya yang cukup terpercaya di Pekanbaru adalah Riau Taksi.
Meskipun demikian, kedua operator taksi ini tidak beroperasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II. Taksi yang beroperasi di Bandara Sultan Syarif Kasim II hanyalah taksi bandara yang mematok harga lebih tinggi dan tanpa argo.
Sama seperti di kota-kota lainnya, angkot menjadi salah satu angkutan yang murah dan fleksibel di Pekanbaru. Jumlah angkot di kota ini cukup banyak dengan berbagai rute. Seperti biasa, jika belum tahu jalur angkot, sebaiknya tanyakan dulu kepada sopir apakah melewati tempat yang Anda tuju. Alternatif lain, Anda bisa bertanya pada penduduk lokal.
Objek Wisata Pekan Baru
Masjid Agung An-Nur Source: Teje
Baca Juga:  Tempat Wisata Pantai Terindah di Riau Yang Harus Anda Kunjungi

Kebanyakan objek wisata yang ada di Pekanbaru berupa objek wisata budaya dan religi. Selain itu, ada juga wisata sejarah seperti Museum Sang Nila Utama. Museum ini merupakan museum terbesar di Pekanbaru yang menyajikan informasi dan benda-benda peninggalan sejarah. Informasi tentang pertambangan minyak bumi di wilayah Riau juga tersaji dengan detil di Museum Sang Nila Utama. Tepat berada di samping Museum Sang Nila Utama terdapat Gedung Taman Budaya yang sebaiknya sekalian Anda kunjungi.

  1. Masjid Raya Senapelan
  2. Masjid Agung An-Nur
  3. Museum Sang Nila Utama
  4. Gedung Taman Budaya
  5. Dekranasda
  6. Pasar Bawah
  7. MTQ
  8. Balai Adat Riau
  9. Alam Mayang
  10. Danau Buatan Lembah Sari
Kuliner dan Belanja
Di Pasar Bawah Pekanbaru Riau banyak ditemui berbagai jenis camilan atau makanan ringan utamanya import dari negara jiran

Bagi pecinta buah durian pasti akan menganggap Pekanbaru sebagai surga. Kota ini menyediakan buah lezat ini sepanjang tahun karena buah durian dipasok dari berbagai daerah di Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau sendiri. Kedai-kedai durian biasa terdapat di Jalan Jenderal Sudirman. Orang Pekanbaru biasa makan durian dengan ditemani oleh ketan. Pastinya ini akan menimbulkan cita rasa tersendiri. Jangan lupa mencicipi kenikmatan kuliner khas Pekanbaru mulai dari gulai asam patin pedas, ayam bakar, dan beragam makanan khas melayu lainnya.

Pekanbaru merupakan sebuah kota modern yang tumbuh dengan cepat di Sumatera. Tidak mengherankan jika banyak berdiri mall-mall di kota tersebut. Mall-mall yang ada di Pekanbaru antara lain: Mall Pekanbaru, Mall SKA, dan Mall Ciputra Seraya. Anda bisa menghabiskan waktu untuk berbelanja di sana. Di Pekanbaru ada juga Pasar Bawah, sebuah pasar tradisional yang menyediakan beragam barang dari luar negeri dengan harga terjangkau. Jika ingin berbelanja souvenir, Dekranasda bisa menjadi tempat tujuan Anda berikutnya.
Akomodasi

Hotel-hotel berbintang rupanya tumbuh cukup subur di Pekanbaru. Hotel berbintang yang bisa menjadi pilihan Anda antara lain: Hotel Ibis, Hotel Grand Jatra, Hotel Aston, dan Hotel Grand Elite. Namun, bagi Anda yang berdana sedikit tidak perlu khawatir. Pekanbaru menyediakan beragam pilihan hotel yang sesuai dengan kantong Anda.

Hotel Grand Jatra Pekanbaru
  1. D’Lira (Jalan Pepaya No. 73)
  2. Guest House Karisma (Jalan Sekolah No. 22A, Rumbai)
  3. Oase Hotel (Jalan Jenderal Sudirman No. 255 EF)
  4. Majestiq Hotel (Jalan Ir. H. Juanda No. 48-50)
  5. Amaris Hotel (Jalan K. H. Wahid Hasyim No. 30)
Peta Lokasi

Meanrik bukan? Selasin sebagai kota pengasil minyak dengan kebudayaan melayu yang kental ternyata Kota Pekanbaru memiliki destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, jadi sudah siapkah Anda berwisata ke kota ini?

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *