Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Pasar Klungkung Tempat Belanja Kain Tenun Khas Bali

/
2017 Views
0
()

Terkenal akan wista yang indah ,Bali juga terkenal memiliki berbagai macam olah-oleh khas yang sering dijadikan oleh-oleh. Ketika sedang liburan di Bali jangan lupa untuk membeli beberapa buah tangan untuk diberikan kepada sahabat, tetangga, keluarga dan saudara terdekat Anda. Jika Anda mencari dimana tempat membeli oleh-oleh khas Bali maka Anda bisa membelinya di Pasar Klungkung. Di Ppasar ini bisa membeli sebuah kain  tenun khas bali yang dibuat secara manual untuk dijadikan oleh-oleh.

Ada apa sih disini? Di Pasar Klungkung yang lokasinya tepat di seberang jalan Kerta Gosa inilah anda bisa menemukan kain tenunan khas Bali yang dibuat tangan. Namanya kain endek. Akhir-akhir ini kain endek sangat populer di Bali. Bukan hanya sebagai kemben untuk ke pura saja lho ya, kain ini juga sering dipakai untuk pakaian formal ataupun santai semisal gaun dan rok.

Sekilas Tentang Pasar Klungkung
Bali terkenal akan masyarakatnya yang memiliki kreasi seni dan budaya yang adiluhung. Bukan hanya di Indonesia kepopuleran kerajinan dan kreasi senai dari Bali juga terkenal hingga ke mancanegara. Kearifan lokal serta eratnya Bali dengan budaya dan tradisi leluhur secara turun temurun, menjadikan masyarakat Bali orang-orang yang kreatif. Kedekatan antar masyarakat di Bali dengan alam menginspirasi orang-orang bali menciptakan sebuah kain tenun dan batik yang indah. Pasar Klungkung pun menjadi pusat daerah tenun Bali yang kaya dengan potensi keindahannya. Sebagai pusat tenun, tentu Anda akan dapat dengan mudah memperoleh kain hasil kreasi masyarakat Bali. Anda bisa membelinya di Pasar Klungkung. Kain endek dan kain batik khas Bali banyak dijual di sana.
Keistimewaan Kain Tenun Khas Bali
Dibuat secara tradisional, yaitu tanpa mesin sekalipun melainkan dengan peralatan tradisional, tangan-tangan kreatif para wanita ini menjalin satu persatu benang tersebut menjadi satu kain kembem yang indah. Membeli satu ataupun dua dari kain ini sebagai kenang-kenangan tentu bukan hal yang merugikan. Tapi tentu, pertanyaan selanjutnya adalah apakah memang harus sejauh itu pergi ke Klungkung. Memang di daerah lain di Bali, seperti di Bali selatan ada pula toko pakain ataupun supermarket menjual kain endek, tapi di Pasar Klungkung anda bisa mendapat harga lebih murah dan tentu saja kesempatan berinteraksi dan melihat kehidupan para warga lokal dari dekat.

Kalau yang namanya belanja itu memang tidak ada matinya. Meski capek, entah karena dari satu toko ke toko lain, eksplorasi barang ataupun karena lokasi belanja yang lumayan jauh, yang namanya belanja memang tidak pernah membosankan. Paling tidak hampir semua wanita pasti setuju dong dengan pernyataan itu. Entah mau di supermarket, di negeri sendiri bahkan bisa juga sampai ke luar negeri, belanja itu susah bikin kapok. Bakal lebih capek lagi kalau sudah belanja di pasar tradisional. Apalagi kalau bukan perang harga dengan si empunya toko, hargamu harga dia, siapa yang menang atau cari jalan tengah kalau anda sudah ngebet banget sama barang incaran anda.

Baca Juga:  Liburan Kebali? Tempat Wisata di Bali Ini Jangan Sampai Terlewatkan

Semula, kain endek banyak dijumpai di Pasar Kumbasari yang terletak di Kota Denpasar. Pasar Kumbasari sempat berjaya sebagai pusat penjualan kain endek di Bali pada era 1980-an. Namun, saat ini banyak pedagang yang memindahkan dagangannya ke Pasar Klungkung. Teknik yang digunakan dalam pembuatan kain endek adalah teknik tenun ikat. Kain endek dapat dikatakan sebagai kain utama dalam aktivitas tradisional sehari-hari. Penggunaannya biasa dipadu padankan dengan kebaya. Namun, sekarang banyak pula yang menggunakannya untuk busana kerja.

Di Pasar Klungkung ini hampir semua kiosnya menjual kain endek, kain tenun khas Bali. Terdapat beragam jenis dan motif kain endek yang dijual. Warnanya juga sangat bervariasi. Soal harga, tidak perlu khawatir. Pasar Klungkung menyediakan beragam kain endek dengan beragam harga. Mulai dari yang paling murah yang hanya dipatok Rp. 30.000,00 saja per meter, hingga kain endek yang berharga ratusan ribu per meter. Konsumen tinggal pilih mana yang disuka.

Kain endek pun tidak hanya diperuntukkan untuk busana. Sekarang banyak pula yang diaplikasikan dan dibuat benda lainnya, misal dijadikan untuk dompet, tas, motif di sepatu, dan sebagainya. Orang Bali memang terkenal dengan rasa seninya yang tinggi. Tertarik dengan kain Endek? Silakan ke Pasar Klungkung. Dijamin pasti bingung karena begitu banyak pilihan. Semua indah, semua bagus.

Selain kain endek, di pasar ini dijual juga pelengkat pakaian saat Hindu di Bali melaksanakan kebaktiannya seperti kebaya, hiasan kalung, anting, udeng dan masih banyak lagi. Di lain tempat juga ada bagian pasar yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari. Kemudian di sisi lain tempat ini ada deretan pedagang canang yang menghias janur dengan bunga-bunga indah, siap untuk dibeli sebagai perlengkapan persembahyangan umat Hindu. Penjual jajanan tradisional juga ada, apalagi bagi anda yang suka dengan kulinertradisional di Bali.
Alamat Dan Peta Lokasi Pasar Klungkun
Alamat: Jl. Puputan No.7, Semarapura Kangin, Kec. Klungkung, Kabupaten Klungkung, Bali 80761
Jam Buka: Senin-Minggu Pukul 06.00-18.00.
Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di peta situs dibawah ini yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk menuju lokasi Pasar Klungkung di google map pad link berikut: https://goo.gl/maps/xG9sEfUwECM2

Jadi, kalau sedang liburan di Bali, jangan lupa mampir ke Pasar Klungkung,lokasinya tepat di seberang jalan Kerta Gosa di Kabupaten Klungkung, tepatnya di Kota Semarapura, ibukota Kabupaten Klungkung. Sebagian wilayah Kabupaten Klungkung terletak di Pulau Bali dan sebagian lainnya tersebar berupa pulau-pulau kecil. Terdapat banyak obyek wisata di Kabupaten Klungkung. Yang menonjol adalah obyek-obyek wisata pantai dan pulaunya, antara lain Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar