Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Pantai Timang Gunung Kidul

/
205 Views
0
()

Yogyakarta merupakan satu kota dengan seribu makna bagi kebanyakan orang yang ada, betapa tidak ketika Anda singgah sebentar saja dapat di katakan sangat cocok untuk melepas penat. Maka tidak heran jika banyak turis asing yang berkunjung ke kota gudeg ini. Terdapat banyak tempat wisata yang menyenangkan di sini salah satunya yakni Pantai Timang Gunung Kidul. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang tersebar pada wilayah Gunung Kidul.

Perjalanan yang harus Anda tempuh untuk menuju pantai ini sangat menantang lho. Nah, ini cocok sekali bagi Anda yang suka tantangan. Jalan menuju ke pantai sangat terjal dan berbatu. Namun jangan karena kendala ini mengurungkan niat Anda berkunjung yaa.

Ketika sampai di Pantai Timang Gunung Kidul Anda akan di manjakan oleh pesona alam yang sangat menggiurkan. Kenapa demikian? Ya karena terdapat pasir putih dengan terhampar bersih di sepanjang pesisir pantai lho.

Tidak hanya itu, terdapat tumbuhan pandan yang berderet tumbuh subur di sekitar pantai timang gunungkidul ini. Itu semua semakin menambah keindahan panorama Pantai dan menjadikan pengunjung semakin betah, bahkan tidak merasa kapok unutuk berwisata. Walaupun sebenarnya pengunjung pantai timang gunungkidul belum sebanyak pantai lainnya yang terkenal.

Pantai Timang Gunung Kidul sebenarnya terbagi menjadi dua area yang berbeda, yakni di sebelah Timur yang merupakan pantai dengan pasir yang domimam berkulit putih bersih. Sedangkan yang kedua berada pada sisi Barat berupa perbukitan batu-batuan yang lumayan terjal dan berbatasan langsung dengan laut.

Jangan salah yaa ternyata pada pantai berbatu tersebut pemandangannya sangat indah lho. Kenapa demikian? Nah, ini tidak lain karena terdapat batu yang cukup besar dan berdiri kokoh di pinggir pantai. Kebayang ngak sih bagaimana gambarannya? Batu besar tersebut di kenal dengan nama Batu Panjang atau Pulau Panjang atau Pulau Timang oleh masyarakat sekitar.

Pantai Timang Gunung Kidul terletak di pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Wisata ini sebenarnya bukan pulau yang seperti pada umumnya dengan sebidang tanah dan pesisir yang berpasir lho. Ternyata pulau ini lebih menekankan pada bongkahan batu karang besar dengan tebing yang sangat curam.

Baca Juga:  Jogjakarta Plaza Hotel

Jika Anda berkunjung, maka untuk mencapai Pulau Timang Gunung Kidul ini wisatawan harus menggunakan semacam gondola tradisional atau sering disebut dengan kereta gantung yang terbuat dari kayu dan bambu dan di rangkai sedemikian rupa dengan tambang tali plastik yang kuat sehingga dapat menopang berat badan seseorang.

Tahapan selanjutnya yakni alat ini dapat di tarik oleh beberapa orang, sehingga gondola tersebut akan dapat bergerak untuk menuju ke arah Pulau Timang Gunungkidul. Jarak luncur dari gondola ini kurang lebih sekitar 50-100 m ke arah barat jika Anda dari Pantai Timang Gunungkidul.

Ketika Anda berwisata tentunya dibutuhkan mental yang kuat yaa, kenapa demikian? Hal ini karena di sepanjang jarak tersebut Anda akan meluncur sendirian dengan menaiki gondola di lautan yang dalam dengan ombak yang besar. Waah cocok ini bagi Anda yang suka dengan tantangan, bisa sekalian melatih mental bukan?

Ternyata dibalik kerasnya perjuangan untuk menuju ke pantai timang gunungkidul, menjadi tempat yang paling baik untuk mencari hasil laut lho. Masyarakat sekitar sering memanfaatkan itu dengan menggunakan kereta gantung untuk menuju tempat ini.

Apakah hasil laut yang di maksudkan? Yakni banyak terdapat Lombster yang nilai jualnya juga tinggi yaa. Hal tersebut yang membuat masyarakat setempat rela untuk bersusah payah walaupun berbahaya untuk berjuang menuju ke pantai timang gunungkidul.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat