Pantai Tiga Warna Malang

0
()

Tak salah memang menjadikan Malang sebagai salah satu destinasi wisata baru di pulau Jawa. Kota ini sama kayanya dengan kota Yogyakarta, dengan aneka wahana mulai dari wisata pantai, wisata alam sperti Coban Talun, rangkaian pusat hiburan, wisata edukasi, wisata kuliner dan taman-taman cantik yang mempesona. Dan salah satu yang lumayan ngehits dari wisata pantai di kawasan Malang adalah wisata Pantai Tiga Warna. Sebenarnya kawasan pantai ini belum lama dibuka secara komersial, tetapi pesonanya dengan cepat menjadi sohor di kalangan wisatawan.

Pantai Tiga Warna merupakan pantai yang mempesona, pasir putih, hamparan mangrove di kejauhan dan kecantikan air laut bergradasi tiga warna yang memikat. Sebenarnya kawasan pantai ini belum lama dibuka secara komersial, tetapi pesonanya dengan cepat menjadi sohor di kalangan wisatawan.

Pantai cantik ini memiliki panorama mempesona dengan keindahan pasir putihnya yang lembut. Warna putihnya tampak cantik memendarkan cahaya matahari. Berpadu apik dengan air laut yang memendarkan warna dalam 3 lapis. Ini sesuai dengan tingkat kedalaman air dari lepas pantai.

Asal Usul Warna Pantai

Pantai unik yang memiliki tiga gradasi warna yang berbeda-beda. Salah satu penyebabnya adalah pembiasan cahaya matahari yang menembus iar pantai hingga kedalaman 2 meter. Untuk warna hijau didapatkan dari endapan lumpur yang bercampur dengan plankton dalam jumlah yang banyak. Sedangkan untuk warna biru sendiri menunjukkan bahwa kedalaman air laut cukup dalam. Kombinasi ketiga warna terlihat semakin mempesona dengan paduan pasir pantai yang berwarna kecoklatan.

Anda akan menemukan rona hijau kekuningan, kehijauan tosca dan biru cerah pada lautan di hadapan Kamu begitu Kamu menjejalkan kaki di atas pasirnya dan melepaskan pandangan ke arah lautan lepas di hadapan. Berpadu cantik dengan vegetasi pantai yang cantik membingkai pantai dan batuan karang di tepian pantai. Di kejauhan Kamu bisa melihat jajaran mangrove yang menjadi benteng daratan dari hajaran ombak.

Baca Juga:  Nikmati Liburan Bersama Keluarga Dengan Memilih Hotel Murah Di Pakuwon Surabaya

Daya Tarik

Beberapa bukit landai terbalut vegetasi hijau yang tebal membuat pantai ini asri. Jangan lupa menjajal aktivitas snorkeling di sisi kaki perbukitan, dimana area terumbu karang cantik tersimpan apik di dalam lautan landainya.

Pantai ini terasa cukup privat, bahkan di kala-kala tertentu Kamu akan menemukan sedikit sekali penunjung ke kawasan pantai 3 warna ini. Bila bicara soal privat, pantai ini memang terbilang tidak mudah untuk Anda sambangi. Meski menjanjikan pesona panorama yang cantik, bahkan dengan ombaknya yang cenderung jinak, Anda tak semudah itu untuk bisa menjejalkan kaki di pasirnya yang lembut.

Tiket Masuk

Tiket masuk Pantai Tiga Warna yaitu Rp. 10.000/orang dengan guide Rp. 100.0000 untuk max 10 Orang. harga sudah include dengan tiket masuk Pantai Gatra & Pantai Clungup.

Syarat & Ketentuan Kunjungan

Anda harus melakukan reservasi untuk bisa mendatangi pantai ini. Ini karena pantai 3 warna ini berada di kawasan konservasi Sendang Biru, Malang. Kawasan ini dikenal sebagai pusat konservasi Mangrove. Dan karenanya untuk menjaga kelestariannya, pihak pengelola hanya mengijinkan maksimal 100 pengunjung di lokasi pantai ini.

Pastikan rombongan Anda tidak berjumlah lebih dari 10 orang untuk satu kali kunjungan, dan bila Andaberniat berkunjung di waktu liburan sebaiknya lakukan reservasi sejak jauh hari, karena di waktu libur quota 100 orang sangat cepat tercapai.

Alamat & Lokasi

Alamat: Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176

Lalu bagaimana cara mencapai lokasi pantai cantik ini?

Lokasi pantai ini bisa Kamu capai dengan perjalanan menuju daerah Dampit, sisi selatan Malang. Lanjutkan perjalanan sampai ke arah Turen, sampai Kamu menemukan pertigaan menuju pantai Balekambang. Pilih arah kiri yang menjadi jalur menuju konservasi Sendang Biru.

Baca Juga:  Inilah Tempat Wisata di Surabaya Paling Terkenal

Tempuh perjalanan terus memasuki kawasan konservasi sampai bertemu dengan kantor pengelola mangrove Clungup. Parkirkan motor Kamu di lokasi ini untuk kemudian menempuh jalur jalan kaki ke pantai 3 warna. Akan ada papan petunjuk arah untuk memudahkan Kamu menemukan lokasi pantai 3 warna ini.

Peta Lokasi

Dari pos 1 ke pos 2 kita nanti jalan kaki melewati bukit sampai ke pos 2, di pos 2 kita bayar tiket masuk HTM Rp. 10.000/ orang (bisa ke pantai clungup dan pantai gatra) kalau tujuan ke pantai 3 warna tambahan biaya tour guide 100 ribu untuk 2 jam main di Pantai Tiga Warna.

Di pos 2 juga nanti barang-barang yang berpotensi sampah di cek dan di kasih list jadi pada saat pulang akan di cek ulang kalau sampah tidak sesuai cek list Anda harus balik lagi ke pantai ambil sampah atau Anda bayar per item sampah 100 ribu.

Dann lanjut setelah dari pos 2 tujuan kita ke Pantai Tiga Warna dari pos 2 kita jalan melewati perbuktian dan hutan mangrove kalau sudah sampai tengah tinggal jalan sedikit sudah sampai ke pantai clungup, kalau pagi sampai sore kering tuh pantai,j adi bisa buat lari-larian deh.

Perjalanan dari pos 2 ke pantai clungup 5 menit, ke Pantai Gatra 10 menit dan sama kalau tujuan ke Pantai Gatra pagi smp jam 2an tuh pantainya karang semua masuk jam 3 ke bawah baru bagus pemandangannya .

Dari Pantai Gatra ke Pantai Tiga Warna jalan lagi 20 menit perjalanan agak menanjak, di Pantai Gatra sudah menunggu tour guidenya untuk mandu jalan dan kasih informasi tentang hutan mangrove dan di Pantai Tiga Warna kita hanya dikasih waktu 2 jam disana , bisa nge dive tapi bayar peralatannya 20 ribu.

Kalau masih mau berlama lama atau nambah durasinya bisa ngomomg ke pemandunya, per 1 jamnya dikenakan biaya 50rb. Untuk makanan ada warung indomie dan es dawet serta minuman lain. Anda tidak boleh bilas pakai sabun ya kalau di Pantai Tiga Warna, kalau mau bersih bilas lagi di Pantai Gatra atau di tempat parkir mobil.

Nah itulah ulasan tentnang Pantai Tiga Warna, sebuah pantai yang berada di sisi selatan pulau jawa ini menyuguhkan sensasi lain dibandingkan pantai lainnya. Air di pantai ini terasa dingin seperti air pegunungan. Untuk ombaknya sangat tenang dan jarang, lebih terlihat seperti danau dibandingkan pantai.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Gungun Gunawan

Hallo Gungun Disini, Saya adalah Travel Blogger | BeSafe, Be healty, Be Clean And Be Smart Travellers Cheerss !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *