Obrolalan Singkat Tentang Negara Belanda

0
()

“Belanda itu unik, sebuah negara yang tidak terlalu besar namun berbagai macam ras suku bangsa berbaur menjadi satu di dalamnya”

Kurang lebih begitu petikan ucapan salah seorang teman saya yang telah lebih dahulu mengecap pendidikan disana. Malam telah larut kala itu di Denpasar, sementara di negeri nun jauh disana sang surya masih menampakan sinarnya terang.
Kami berbincang mengenai banyak hal malam itu, bagaikan dua orang teman seperjuangan yang telah lama tak bertatap muka dan bertukar kabar mengenai keadaan masing-masing. Ya, tak terasa hampir 3 taun lamanya kami tidak bertemu, semenjak sekolah jenjang Atas itu mencapai titik akhir.
Namun Teknologi sekali lagi menunjukan kedigjayaan, sebuah situs jejaring pertemanan telah mempertemukan kembali kami berdua. Dan memberikan kesempatan melampaui ruang jarak dan waktu untuk sekedar bercakap-cakap ringan.
“Jadi kamu di Belanda sekarang?” Tanya saya setelah sebelumnya berbasa-basi ringan mengenai kabar ini dan kabar itu.
“Yaph.. Seperti janjiku dulu waktu Sma. Aku bakal sekolah keluar negeri. Mencari tantangan baru, hidup baru.”
“Ah, kamu emang selalu seperti itu, selalu nggak betah diem disatu tempat, hihihi. Btw, kenapa mesti ke belanda?? Bukannya ada negara yang lebih deket?? Aussy? Malay? Spore? timor leste??banyak kan??”
“Yah, pertama ya karena makin jauh tu justru makin asik, Di!! Lebih banyak banyak tantangannya! hahahaha. Terus aku daridulu emang udah ngebet banget pengen ke Belanda”
“Ya, kenapa?”
“Hemm, Disini itu asik banget tempatnya. Kamu tau, kalo Belanda itu unik. Sebuah negara yang tidak terlalu besar namun berbagai macam suku bangsa berbaur menjadi satu disini. Kamu bisa bertemu berbagai macam orang dari berbagai negara dan gak perlu pergi lebih jauh lagi buat belajar tentang budaya dari seluruh dunia. Hemat uang kan??hehehe”
“Kenal lebih banyak orang dari berbagai belahan dunia. Belajar mengenai budaya mereka, terus secara otomatis yang kita hadapin disini itu gak lagi orang-orang lokal aja, tapi udah global. Kuliah disini bisa sekalian belajar gimana caranya kita bisa kerjasama dengan banyak orang yang culture nya beda banget dengan kita di Indonesia. Kita dituntut untuk bisa jadi lebih profesional dalam setiap tugas yang kita kerjain dan jadinya skill-skill kita bisa terasah dengan baik.  Hemm, tapi ya kamu gak bakal tau rasanya tinggal disini kalo belum nyoba sendiri, Di!”
“Yayaya, tapi kapan dong aku kesana? Lagi gak memungkinkan buat aku yang sekarang. Hhehe, jadi cukup puas dulu plus iri banget deh denger cerita-cerita kamu tentang asiknya kuliah disana. Terus-terus??”
“Terus apa?”
“Yee, lanjutin ceritanya tentang tempat kamu kuliah,  apa namanya itu?? Hollanda??hehe..”
“Hmm oiya, disini aku juga bisa belajar banyak tentang gimana cara kita ngomong dengan orang lain dari negara lain, gimana sikap kita yang semestinya ngadepin mereka”
“Beda ya?”
“Yaiyalah, Dhi! Inget kata pepatah dulu, jika ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi!!”
“Eh????????”
“Eh,salah-salah!!! hahahahaha…lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya, gto!!”
“Hahaha, dasar kamu! Rugi kuliah jauh-jauh di belanda, oon nya masih tetep di pelihara, hahaha!”
“Huu!! biarin!!”
“Lnjutin oi, ceritanya!!  Hemm tentang gimana hidup mu disana??”
“Hidupku disini ya penuh petualangan dan tantangan, Dhi!! Tinggal jauh banget dari orang tua plus numpang di negeri orang buat aku jadi lebih mandiri. Aku bukan aku yang dulu kamu kenal, yang manja and lain sebagainya.”
“Masak??”
“Yee, bener!! Disini tuh, aku belajar survive dari yang namanya homesick, terus sakit tu gak ada yang ngurus, kadang-kadang kesepian juga, terus ngerjain apa-apa serba sendiri, gak ada nyokap lagi yang masakin kita, bangunin kita tiap pagi, ato pembantu yang nyuciin pakaian kita and bersihin rumah kita. Semuanya serba dilakuin sendiri. Jadi gak ada waktu buat yang namanya manja-manjaan. Terus, kita juga bisa sekalian menghasilkan duit sendiri disini, kerja part time di resto, jadi baby sitter, jadi tukang bersih-bersih rumah atau kantor, kerja di toko, dll. Setidaknya hasil gaji kita bisa buat nutup-nutupin living cost di sini. bahkan ada juga yang udah gak dikirimin duit untuk living cost sama orang tuanya dan menghidupi dirinya sendiri dari hasil kerja part time nya itu.”
“Wow, kalo udah kayak gitu percaya deh aku sama kamu. hehehe. Kalo soal pergaulan disana kayak gimana? Apa sama aja dengan pergaulan di negara barat lain yang serba “free” itu???”
“Hemm, kalo soal pergaulan sih ya pinter-pinternya kita aja milih pergaulan yang baik. Soalnya disini kan semuanya legal, sex, drugs, alcohol, dll. Gak usah di Belanda deh, di Indo juga kita pasti bakal nemuin yang kayak gitu kan, kalo gak bisa jaga pergaulan kita, ya ujung-ujungnya sama aja. Pake narkoba, free sex, dll.  jadi ya sebenernya diri kita sendiri deh yang harus kuat iman buat menghadapi segala cobaan disini.”
“Wuih,, berat juga ya…”
“Yaa, diambil positifnya aja deh, Dhi. Disini kamu bisa mengecap apa yang namanya pergaulan internasional. Kamu bisa punya banyak temen gak cuma dari Indo aja, tapi juga dari Belanda, prancis, inggris, amerika, china, dll. Banyak banget! Terus positifnya lagi, kalo kelamaan ngobrol ma mereka kita sedikit tidaknya bisa ngerti and belajar dikit-dikit tentang bahasa mereka. Sambil menyelam minum air gitu ceritanya. hehehe.”
“Yah, pokoknya kamu gak bakal nyesel kuliah disini. Kita bisa jadi lebih siap mental dalam menghadapi Globalisasi sekarang ini.
“wahhh, jadi makin pengen pergi kesana nih. Huhuhu, How lucky you are!”
“Hahahaha, ya tapi secara garis besar, Belanda emang negara yang bagus banget buat destinasi pedidikan,Dhi. Aku udah ngalamin and ngerasainnya sendiri. Kotanya disini, viewnya, udara nya, seger banget!!! Aku gak bakal pernah nyesel buat kuliah disini. Nanti aku kirimin kamu beberapa foto aku disini, biarr kamu jadi tambah iri!!!hehehe!”
“Huu!! Dasar!! Sombong amat sih, mbak?? Awas nanti aku susul kamu kesana!! hehehe…”
“Ya, aku doain deh biar kamu bisa kesini.. Hehe, Good luck ya dhi!!”
“Thanks, gek!! buat infonya..”
“Sama-sama”
———–
“Eh Gek, btw kamu tau tentang tempat “red light zone” nya Belanda gak???”
“HEhh???”

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *