Museum Angkut Malang

0
()

Tak hanya menyuguhkan panorama alam yang cantik, keseruan wahana-wahan hiburan dan aktivitas alam yang menantang dan menenangkan, kawasan Batu Malang rupanya juga memiliki kawasan wisata edukasi yang tak boleh Anada lewatkan. Namanya lokasi wisata Museum Angkut Malang atau museum transport.

Petualangan seru di dalam museum ternyata juga bisa mengasyikan dan jauh dari kata membosankan di museum Angkut Malang.

Museum Angkut Plus Movie Star Studio merupakan museum transportasi modern pertama di Indonesia yang memadukan unsur seni dan budaya dengan mengusung konsep edukasi dan hiburan. Kerennya lagi Museum Angkut ini tercatat sebagai museum transportasi pertama di Asia. Wow kita orang Indonesia patut bangga dengan adanya museum ini.

Hitungannya museum ini memang terbilang baru, tak heran jadinya kalau konsepnya cukup kekinian. Lokasi museum ini diresmikan pada 9 maret 2014, dan mengingat di masa itu, trend selfie sudah mulai digandrungi anak muda, lokasi museum ini juga dibuat cukup bersahabat untuk Anda yang gemar berselfie ria. 

Museum Angkut ini dibangun di kawasan seluas 3 hektar ini memiliki sekiltar 300 koleksi alat transportasi yang dipamerkan dan memiliki bangunan utama di tengah yang menjadi pusat pameran koleksi museum. Yang membuatnya menarik, setiap koleksi seolah diset dalam sebuah diorama yang menggambarkan suasana di masa kendaraan tersebut digunakan.

Zona Museum

Beberapa koleksi merupakan kendaraan asli yang digunakan di Indonesia. Mulai dari pedati, andong, onthel, sampai yang modern kekinian seperti pesawat terbang dan kereta api. Tetapi beberapa koleksi khas dari museum angkut ini justru menarik minat karena fitur dan bentuknya yang unik dan aneh. Koleksi unik ini juga yang menjadi daya pikat dari museum angkut.

Zona Hall Utama

Gedung utama sendiri terbagi dalam beberapa zona hall. Zona utama menjadi pengantar dari konsep museum angkut dengan memamerkan sejumlah koleksi terbaik dari museum, termasuk koleksi-koleksi khusus dari berbagai negara.

Zona Edukasi
Indonesian Heritage Museum

Ada berbagai macam peninggalan dan koleksi senjata tradisional di Indonesian Heritage Museum. Ada ribuan koleksi unik benda-benda asli Indonesia dipamerkan di sini. Alat-alat antik bernilai sejarah tersebut disajikan sebagai upaya memperkaya pengetahuan pengunjung tentang seni dan budaya Nusantara.

Zona Batavia dan Pecinan

Zona berikutnya adalah zona kendaraan klasik dari masa Batavia dan Sunda Kelapa. Di sini Anda seolah diajak kembali ke masa lampau sebelum kemerdekaan dan suasananya sangat tradisional. Bentuk rumah yang sangat tradisional dan juga melihat dari dekat bagaimana pecinan ini selalu konsisten dengan gayanya yang oriental.

Di zona Sunda, akan di berikan nuansa Jakarta(Batavia) pada tempo dulu. Sebuah pelabuhan didominasi penduduk Belanda, khususnya Menara Syahbandar serta berbagai tipe angkutan di jaman itu,

Zona Gangster & Broadway Street
Zona Gangster & Broadway Street

Kemudian gangster yang menjadi ruang pamer kendaraan kawasan Amerika Utara di tahun 50an. Zona Gangster & Broadway Street ini merupakan cerminan daerah California dan juga New York Lokasi ini dibuat menyerupai lokasi broadway di tahun 50an yang ternama akan para gangsternya. Perkembangan entertainment Amerika Serikat akan ditampilkan dengan sangat keren di sini.

Zona Eropa

Zona Eropa ini memaerkan keunikan Eropa yang sejatinya sangat berbeda dengan Amerika Serikat. Zona Uni Eropa ini diwakili oleh empat negara besar di Eropa yaitu Inggris, Jerman, Perancis dan Italia. Mulai dari vespa, Volkswagen, hingga Rolls Royce bisa Anda nikmati di dan berfoto selfie disini.

Zona Istana Buckingham

Di Museum Angkut Malang Anda dapat melihat replika dari Buckingham Palace yang merupakan simbol kedigdayaan dari keluarga kerajaan Inggris yang terkenal sangat royal den sebagai pusat budaya Eropa.

Zona Las Vegas

Zona dengan suasana Amerika latin yang kental akan menghiasi malam indah anda, berasa di gerbang Las Vegas. Dari Zona ini Anda dapat melihat dari dekat apa saja sih sebenarnya yang ada di Las Vegas tanpa perlu jauh-jauh ke Amerika Serikat.

Zona Hollywood

Di Zona Hollywood ini Anda bisa melihat bagaimana perkembangan film dunia dan juga transportasinya yang keren-keren banget, kendaraan yang pernah digunakan di film-film Hollywood. Kerennya di sini juga terdapat beberapa miniatur superhero.

Zona Pasar Apung
Zona Fligh Training

Di Zona ini para pengunjung dapat belajar menjadi seorang pilot di ruangan cockpit pesawat yang sudah didesain menarik dan sangat persis seperti aslinya. Untuk menikmati Zona Flih Training ini pengunjung harus membayar tiket wahana terlebih dulu.

Setiap zona memamerkan kendaraan yang relevan. Suasana zona dibuat sebagai diorama yang menyerupai suasana di lokasi bersangkutan. Selain mobil-mobil kuno, salah satu koleksi terbarunya adalah Mobil listrik Tucuxi milik mantan menteri Dahlan Iskan yang sebelumnya pernah mengalami kecelakaan di sebuah lereng gunung di Magetan saat baru diujicobakan.

Lepas dari zona-zona kendaraan ini Anda akan bertemu dengan area terbuka dengan sungai buatan di tengahnya. Disana berdiri area pasar apung dengan kapal-kapal sebagai penyangga pasar. Anda bisa berbelanja bahkan mencari menu makan siang di lokasi ini.

Tiket Masuk

Dengan bermodal biaya tiket 80 ribu di hari biasa dan 100.000 ribu di hari libur, Anda akan dimanjakan dengan informasi edukatif mengenai beragam kendaraan angkutan umum dari masa ke masa. Mulai dari masa-masa tradisional sampai masa modern. Untuk anda yang membawa kamera akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 30.000.

Alamat & Lokasi

Museum yang berisi terkait info dan replika transportasi dari berbagai negara inilLokasinya juga sangat mudah dicapai, masih di kawasan pusat Batu Malang. Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314.

Jika anda dari arah surabaya bisa memakai alat transportasi bus dengan tarif bus surabaya malang sebesar Rp. 30.000 sekali jalan dari terminal malang (arjosari) bisa memiliki angkutan kota dengan leter ADL /AL dengan tarif angkutan sebesar Rp. 5.000 sampai diterminal landungsari anda bisa bisa memakai bus atau juga angkutan kota jurusan batu dengan tarif Rp. 7500 setelah samapai di kota batu anda bisa menanyakan Museum angkut batu Malang,

Peta Lokasi

Seru sekali bukan? seperti sudah dikatakan, museum angkut ini hadir dengan konsep lebih kekinian dan jauh dari kata membosankan. Saya rekomendasikan Anda ajak keluarga kesini, terutama yang hobi fotography, banyak spot foto yang menarik, dari yang jadul sampai yang ala luar negri lengkap disini, kalau Anda membawa anak kecil jangan lupa bawa stroller karena lumayan panjang rutenya.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Gungun Gunawan

Hallo Gungun Disini, Saya adalah Travel Blogger | BeSafe, Be healty, Be Clean And Be Smart Travellers Cheerss !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *