Monyet Gunung Rinjani-Monyet Pusuk Yang Dikeramatkan

0
()
Salah satu keunikan yang tidak boleh anda lewatkan saat mendaki GunungRinjani yaitu anda harus bertemu dengan monyet Gunung Rinjani. Monyet-monyet tersebut biasa dikenal dengan nama Hutan Monyet Pusuk. Disebut monyet pusuk karena anda hanya bisa menemui monyet tersebut di pusuk / puncak Gunung Rinjani.

 

Monyet Pusuk Rinjani merupakan monyet jenis ekor panjang atau Macaca Fascicularis. Monyet ekor panjang merupakan monyet yang sangat pintar, sehingga seringkali dimanfaatkan pada pertunjukan-pertunjukan atau sebagai percobaan kedokteran. Namun, di beberapa tempat seperti halnya di Sangeh, Bali monyet ekor panjang dianggap sebagai hewan yang di keramatkan dan tidak boleh diganggu.
Keberadaan pohon-pohon yang rindang dan subur menjadikan kawasan ini habitat bagi monyet rinjani. Kemiringan tanah yang cukup curam memudahkan monyet Rinjani melompat dari satu pohon ke pohon yang lain. Selain itu, terdapat banyak pepohonan yang daun dan buahnya menjadi makanan favorit para monyet. Di Pusuk Rinjani anda akan menemui ratusan ekor monyet dengan tingkah yang menggemaskan. Walaupun terkadang tingkahnya nakal dan suka suka mengambil barang pendaki namun kenakalan tersebut dapat menjadi hiburan tersendiri bagi para pendaki saat mulai merasa lelah.
Monyet Gunung Rinjani sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan jika anda berbicara mengenai rinjani. Mereka merupakan makhluk yang jinak dan tidak merasa terganggu dengan keberadaan manusia. Para pengunjung biasa bercengkrama dan bermain dengan monyet-monyet Gunung Rinjani. Keberadaan satwa yang dengan bebas hidup di habitatnya, lalu kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan alam, menjadi contoh sempurna bahwa ekonomi masyarakat bisa tumbuh dengan baik, selaras dengan alam sekitarnya yang terjaga.
Tempat wisata Hutan Monyet Pusuk ini memang sangat menarik untuk kita kunjungi. Untuk itulah bagi anda yang mau berkunjung dan mau menikmati keindahan alam sambil melihat moyet-monyet penghuni hutan ini silahkan anda bisa berkunjung ke pulau Lombok.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Baca Juga:  Taman Nasional Wakatobi-Tiket Masuk SIMAKSI & Cara Pendaftaran Online Lengkap

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *