Mengexplor Taman Wisata Laut 17 Pulau Riung

0
()
Pecinta bahari, sudah pernah ke taman wisata laut 17 pulau riung? Taman laut ini terletak di Kecamatan Riung, sebelah utara sebelah utara wilayah Kabupaten Ngada, Flores, NTT. Jarak dari Bajawa ibukota Kabupaten Ngada sejauh 75 Km, dapat ditempuh selama 2,5jam dengan kendaraan umum maupun pribadi. Sebagian Taman laut ini terletak di daratan Pulau Flores dan sebagiannya lagi terletak di perairan Teluk Riung.
Di kawasan ini terdapat 17 pulau besar dan kecil yang letaknya berdekatan satu sama lain. Ke 17 pulau tersebut adalah Pulau Pata, Bangko, Rutong, Bampa, Sua, Telu, Mborong, Kolong, Ontoloe, Sui, Wire, Meja, Wawi, Batu, Taor, Laingjawa, Wingkureo. Pulau-pulau tersebut dapat dilihat dengan berkeliling menggunakan Speedboat selama kurang lebih dua setengah jam.
Pemandangan indah akan kamu nikmati disini, dan jika ingin menikmati bermain air berwarna biru jernih dengan hamparan pasir putih yang menyegarkan mata, kamu bisa mampir ke Pulau Rotung. Pada saat sore, kamu bisa menikmati sunset sekaligus melihat ratusan bahkan ribuan kelelawar keluar dari sarangnya di Pulau  Ontoloe.
Di wilayah darat kawasan ini terdapat kadal raksasa langka yang biasanya disebut Mbou oleh masyarakat setempat, atau biasanya di sebut juga Mbou Riung. Mbou Riung ini sama jenisnya dengan Varanus Komodoensis di Pulau Komodo, hanya warnanya lebih menarik. Selain kadal raksasa, kamu juga bisa melihat landak, rusa timor, kuskus, biawak timor, ayam hutan, musang, kera, buaya, elang, bluwok, bangau putih, bangau hitam, burung perkici dada kuning, burung nuri, tekukur, dan burung wontong atau burung gosong. Pokoknya binatang yang jarang ditemuin di kota, unik ya.
Selain kegiatan mengelilingi pulau dengan speedboat atau kapal biasa, ada beberapa kegiatan lain yang bisa kamu lakukan adalah berenang, snorkeling, diving, dan sunbathing. Dahulu pernah berlaku aturan tidak boleh snorkeling di taman laut ini karena dikhawatirkan dapat merusak terumbu karang.
Untuk penginapan, di sini sudah mulai banyak resort yang memberi fasilitas kenyamanan untuk kamu dan juga ada tempat makan yang cukup sederhana. Bagaimana? Siap untuk mengeksplor Taman Laut 17 Pulau Riung?

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *