Mendaki Untuk Pertama Kali? Catat 7 Tips Ini

0
(0)
Pendakian lebih bisa dibilang sebagai sumber pembelajaran dibandingkan liburan. Tidak semua orang mampu melakukan pendakian, tetapi orang dengan jiwa petualang pasti akan mampu melakukannya dan melewati semua rintangan dalam perjalanan.
Pemandangan yang luar biasa tidak begitu saja dapat dinikmati karena harus melewati hutan dan segala macam penghalang dalam perjalanannya. Karena hiking bisa dibilang sebagai kegiatan yang mempunyai banyak resiko, maka hendaknya sebelum memulai pendakian, kamu haruslah memiliki persiapan yang matang.
Persiapan umum yang harus dimiliki seorang pendaki sebelum mulai naik gunung antara lain:
  1. Membawa alat navigasi berupa peta lokasi pendakian, peta, altimeter (Alat pengukur ketinggian suatu tempat dari permukaan laut), atau kompas. Kalau ini adalah pendakian pertama kamu, jangan sampai pergi sendiri, pergilah dengan rombongan dan memilki anggota yang bisa membaca arah agar tidak tersasar.
  2. Pastikan kondisi tubuh sehat dan kuat. Biasakan berolahraga seperti lari atau berenang.
  3. Bawalah peralatan pendakian yang sesuai. Misalnya jaket anti air atau ponco, pisahkan pakaian untuk berkemah yang selalu harus kering dengan baju perjalanan, sepatu karet atau boot (jangan bersendal), senter dan baterai secukupnya, tenda, kantung tidur, matras.
  4. Buat estimasi waktu perjalanan agar bisa membuat daftar kebutuhan logistik. Berapa banyak harus membawa beras, bahan bakar, lauk pauk, dan piring serta gelas. Bawalah wadah air yang harus selalu terisi sepanjang perjalanan.
  5. Bawalah peralatan medis, seperti obat merah, perban, dan obat-obat khusus bagi penderita penyakit tertentu.
  6. Minta sharing pengalaman dari anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) yang kamu kenal, supaya bisa ada gambaran medan dan juga supaya dapat tips gratis dari pengalaman orang.
  7. Kenali kondisi badan. Jika dalam pendakian kamu merasa lelah atau tidak kuat untuk meneruskan, jangan paksa badanmu dan kembali turun daripada resiko celaka ke depannya lebih besar.

 

kira-kira itu 7  tips dan trik yang harus kamu perhatikan sebelum pendakian pertama kamu. Siap??

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *