Manfaat Hebat Hutan Kota Bagi Kehidupan

0
(0)
Keberadaan hutan kota di kota kota besar harus terus dipertahankan. Banyak sekali manfaat yang dapat kita dapatkan dari adanya hutan kota. Fungsi hutan kota sendiri banyak sekali. Setiap hektar hutan kota dapat merendam 20% – 80% kebisingan dan dapat menghasilkan 0.6 ton oksigen untuk konsumsi 1500 orang perhari. Karena itu keberadaan hutan kota harus terus dipertahankan. Apa lagi fungsi hutan kota yang dapat meningkatkan kualitas lingkungan?
1. Manfaa  hutan kota dapat menghilangkan karbon dari udara
  • Panas dari bumi yang terperangkap di atmosfer akibat tingginya kandungan gas karbondioksida dan gas gas panas lain yang terperangkap menciptakan fenomena efek rumah kaca. pohon pohon menghilangkan gas karbon dioksida dari atmosfer pada saat fotosintesis pembentukan karbohidrat yang kemudian digunakan tumbuhan untuk mengembalikan oksigen ke atmosfer sebagai produk sampingan.
  • Pepohoan juga mengurangi efek rumah kaca dengan melindungi rumah dan bangunan lain dari sinar matahari. Efek ini dapat menghemat penggunaan pendingan udara sampai 30% yang kemudian akan mengurangi jumlah minyak bumi yang dibakar untuk menghasilkan energi. Kombinasi dari pengurangan gas karbon dioksida dari atmosfer, penangkapan karbon di hutan serta efek pendinginan ini menjadikan pepohonan sebagai alat paling efesien dalam memerangi gas rumah kaca.
  • Satu pohon dewasa dapat menyerap gas karbon dioksida rata – rata 25kg/tahun dan melepaskan cukup oksigen ke atmosfer yang dibutuhkan oleh dua orang.
  • Menananam pohon adalah cara termurah dan sangat efektif mengurangi kelebihan gas karbondioksida di udara.
  • Selama 50 tahun hidupnya, satu pohon dapat menghasilkan oksigen setara dengan $31.250. Jika kita bandingkan upaya pemerintah Amerika dalam mengontrol polusi udara nilainya mencapai $62.000 dan mengontrol erosi tanah sebesar $32.000. Dan pengeluaran pemerintah Amerika untuk mendaur ulang air yang mencapai nilai $37.500. Nilai yang sangat besar bukan untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup.

 

2. Manfaat hutan Kota mengurangi polusi udara.
  • Pada hutan kota seluas 212 hektar, setiap harinya pohon pohon dapat menghasilkan partikulat sebanyak 25kg, 4,5 kg nitrogen dioksida (NO3), 3kg sulfur dioksida (SO2) dan 1 kg karbon monoksida (CO) dan 50 kg karbon.
  • Dengan pohon pohon yang ditanam di jalan raya, dapat mengurangi hingga 60% partikulat di udara.

3. Manfaat hutan kota melindungi air

  • Pepohonan dapat mengurangi erosi tanah, mencegah kontaminasi dan polusi tanah yang di dapat dari perairan atau sungai dan genangan air. Pepohonan juga menjaga suplai air tanah seningga menghindari kekeringan. Untuk setiap 5% tutupan pohon, limpasan air hujan akan berkurang sekitar 2%.
  • Pepohonan berfunsi sebagai filter alami untuk polutan. Kanopi, akar, batang serta tanah tempat tumbuhnya dapat menyaring partikulat pencemar. Mengurangi laju aliran berarti mengurangi jumlah polusi yang seharusnya dapat terbuang ke saluran drainase.

 

4. Manfaat hutan kota menghemat energi
  • Rumah yang mempunyai banyak pohon dapat menghemat sampai 58% penggunaan pendingin udara di siang hari. Dapat dibayangkan berapa minyak bumi yang dapat dihemat akibat penghematan pendingin udara.
  • Pohon – pohon dapat menurunkan suhu udara lokal. Anda akan merasa lebih sejuk bukan apabila berada di dekat pepohonan di siang hari. Evaporasi dari satu pohon besar dapat memberikan efek setara dengan 10 pendingin udara ruangan yang beroperasi 24 jam/hari.
  • Seorang meteorologis Gordon Heisler memperkirakan efek dari penanaman pohon dapat menghemat energi sekitar 20% – 25%.

 

5. Manfaat hutan kota dapat memperpanjang usia permukaan aspal
Aspal di jalan mengandung agregat batu dalam ikatan minyak. Tanpa lindungan pohon, minyak tersebut akan panas dan menguap meninggalkan batu yang tiak terlindungi. Yang kemudian oleh kendaraan yang melintas menghancurkan batuan tersebut menjadi seperti pasir yang merusak aspal. Aspal jalanan harus dilumuri minyak setiap 6 – 10 tahun selama periode 30 – 40 tahun. Setelah itu dibutuhkan rekontruksi.
6. Manfaat hutan kota dapat meningkatkan ketenangan di jalan raya
Pepohonan dapat meningkatkan ketenangan di jalan raya karena dapat membuat orang menjadi lebih lambat. Selain itu sebagai buffer antar kendaraan yang melaju dan pedestrian.
7. Manfaat hutan kota dapat memperbaiki kelangsungan ekonomi
  • Menurut studi yang dilakukan pepohonan dapat meningkatkan kestabilan ekonomi masyarakat dengan menarik bisnis dan pariwisata.
  • Masyarakat merasa lebih betah dan dapat berbelanja lebih lama disepanjang jalan yang ditumbuhi pohon pohon.
  • Apartemen dan perkantoran di area hijau lebih mudah terjual dengan cepat dengan harga yang lebih tinggi.
  • Pekerja yang bekerja di kantor yang teduh dengan pohon pohon hijau menjadi lebih produktif dan jumlah ketidakhadiran berkurang.

 

8. Manfaat hutan kota dapat meningkatkan keuntungan sosial.
  • Menjadi tempat bertemu atau berkumpul masyarakat sekitar sehingga menimbulkan interaksi positif dan ikatan lebih kuat antar tentangga.
  • Penelitian menyatakan bahwa kejahatan fisik berkurang pada rumah yang memiliki lebih banyak pohon pada lanskapnya.
  • Penelitian juga menunjukkan bahwa pasien di rumah sakit yang memiliki pemandangan hijau pepohonan dari kamarnya sembuh lebih cepat dengan sedikit komplikasi dibandingkan dengan pasien keluhan yang sama tanpa memiliki pemandangan hijau pepohonan.

 

Nah beberpa manfaat hutan kota, Bukan sekdar mengurangi pulusi, membuat kota menjadi  indah dan membuat pemndangan menjadi hijau, ternyata hutan kota memiliki banyak manfaat lainnya untuk kehidupan manusia.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *