Kuy Mengisi Liburan Dengan Mendaki Gunung

Kuy Mengisi Liburan Dengan Mendaki Gunung

Musim libur dan akhir tahun seperti sekarang ini rasanya membosankan jika hanya berdiam diri di rumah dan tak melakukan apapun.Terbesit ide untuk mencari sebuah hiburan atau wisata yang murah tapi tetap berkesan. Ya, salah satunya adalah dengan menikmati alam dengan mendaki gunung sampai ke puncak.

Sebenarnya ada banyak wisata, misal main ke kota, pantai, taman hiburan keluarga atau lainnya. tapi mungkin tahun ini lebih memilih untuk menaklukan puncak ketimbang ke hal yang lainnya. Jika dijelaskan secara polos menurut definis pribadi, kegiatan mendaki gunung adalah suatu kegiatan yang semi berbahaya, karena di lakukan di alam liar yang dengan segala kemungkinan terburuk dapat terjadi. jadi untuk melakukan kegiatan muncak ini.

Kita diharuskan melakukan persiapan yang benar-benar matang untuk meminimalisir sesuatu hal buruk terjadi selama kegiatan ini berlangsung.

Selain sebagai sarana refreshing ataupun wisata, kegiatan mendaki gunung juga bisa di bilang sebagai salah satu olahraga. Karena kegiatan ini benar-benar membutuhkan kesiapan fisik yang prima. Dalam dunia olahraga sendiri, kegiatan mendaki gunung bisa juga disebut dengan hiking, yaitu sebuah olahraga berjalan menyusuri jalan setapak menanjak untuk sampai ke puncak.

Olahraga maupun hobi yang satu ini, tidak hanya berupa fisik saja, hobi sebagian pecinta alam ini juga membutuhkan daya tahan, kekuatan mental, dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan alam. Kenapa banyak sekali aspek yang perlu disiapkan?

Itu karena, kita akan menghadapi beberapa tingkat kesulitan dan berbagai macam hal tak terduga yang akan kita jumpai. Jika kita tidak siap, hal tersebut bisa saja membahayakan diri anda.

Namun, walaupun berbahaya, berwisata ke puncak atau mendaki gunung juga tidak se mengerikan yang kita bayangkan, cuaca dingin, lelah, menjadi sesuatu yang pasti. Akan tetapi, dibalik itu semua, jika kita berhasil mencapai puncak, anda akan mendapatkan sebuah pemandangan alam dan juga petualangan yang tidak akan pernah anda lupakan. Bahkan, Anda ingin mengulangi nya lagi karena membang kegiatan yang satu ini adalah kegiatan yang sangat menyenangkan.

Pada umumnya, kegaitan mendaki gunung seringkali dilakukan secara berkelompok. Hal ini sangat berguna apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada salah satu anggota kelompok. Walaupun ada beberapa pendaki yang nekat menuju puncak seorang diri. tapi hal tersebut tidak disarankan. Karena jika terjadi sesuatu, kemungkinan besar akan sulit untuk meminta bantuan kepada seseorang. jika tidak menjumpai pendaki lain.

Disarankan bagi pendaki pemula, setidaknya buatlah kelompok minimal 3 orang, atau bisa juga mencari barengan mendaki lewat komunitas pecinta alam. Semakin banyak rombongan tentu semakin baik dalam beberapa aspek, namun terlalu banyak orang dalam rombongan seringkali juga akan memperlambat perjalanan anda jika dalam kelompok tersebut terdapat pendaki pemula.

Kenapa saya katakan dapat memperlambat, karena BIASANYA tingkat keegoisan seseorang itu akan nampak ketika anda muncak bersama orang tersebut. Semakin egois orang tersebut, akan sangat terlihat ketika anda bersama nya berjalan bersamanya.

Maka dari itu, berhatilah dalam menentukan patner mendaki… karena itu juga akan sangat mempengaruhi perjalanan anda. Kegiatan mendaki gunung, merupakan sebuah kegiatan yang cukup ekstrim dan memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi dari pada kegiatan lain.

Segala persiapan mulai dari fisik, mental, skill, perlengkapan harus benar benar di perhatikan. selain itu, ada satu hal yang sangat penting juga untuk anda baik pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Khusunya untuk pendaki pemula, pastikan terlebih dahulu gunung mana yang akan kalian daki, seberapa tingkat kesulitan yang dimiliki jalur yang akan anda lewati.

Karena karakteristik setiap gunung dan trek masing masing jalur adalah sangat jauh berbeda satu dengan lainnya.Untuk itu, jangan sampai hal sepele menjadi penghambat bagi anda untuk berlibur dan menikmati hotel sejuta bintang…

Dan dilain kesempatan saya akan berbagi pengalaman mendaki beberapa gunung yang ada di indonesia.