Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Kepulauan Mentawai-Surga Dari Barat Indonesia

/
62 Views
img
Kepulauan Mentawai berada di Barat Daya Provinsi Sumatera Barat. Mentawai mempunyai gugusan dari 4 pulau yang berpenduduk yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan. Puluhan pulau lain ada juga yang berpenghuni tapi sebagian ada juga yang hanya ditanami dengan pepohonan. Pemerintah Indonesia telah menetapkan Pulau Siberut (atau Pulau Seberut) sebagai pulau yang dilindungi dan memiliki taman nasional yang luasnya melebihi setengah dari luas keseluruhan Pulau Siberut.
Dii tempat ini bisa ditemukan 4 primata endemik Mentawai, yaitu simakobu atau monyet ekor babi (Simias concolor), bilou atau siamang kerdil (Hylobates klosii), joja atau lutung mentawai (Presbytis potenziani), dan beruk mentawai (Macaca pagensis). Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) pada tahun 1981 juga telah menetapkan Pulau Siberut sebagai pulau konservasi yaitu cagar biosfer bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).
Kepulauan Mentawai mempunyai beberapa wisata misalnya wisata petualangan, budaya, dan wisata bahari. Di sini juga terdapat beberapa desa budaya yang menarik untuk dikunjungi seperti Desa Madobak, Desa Ugai, dan Desa Matotonan. Karena tingginya tingkat wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Mentawai, maka penduduk lokalnya sudah terbuka dan ramah terhadap para wisatawan. Tidak mudah untuk kamu berkunjung ke desa-desa tersebut karena kamu perlu melalui jalur sungai dan jalan setapak dengan rute Muara Siberut – Rokdok – Madobak – Ugai – Matotonan dengan jarak tempuh sekitar 5-6 jam.
Desa Madobak terkenal dengan air terjun dua tingkatnya yang bernama Air Terjun Kulu Kubuk, tingginya sampai 70 meter. Seperjalanan menuju Kulu Kubuk, kamu bisa menikmati interaksi dengan masyarakat yang sedang melakukan aktivitas keseharian mereka dan juga bisa berpartisipasi dalam upacara tradisional mereka. Kamu juga bisa berkunjung ke Danau Rua Oinan yang berada di tengah hutan di Dusun Saumanganyak, bentuknya seperti muara dan kelilingi oleh pohon besar.
Suka selancar? Pilihan yang sangat tepat jika kamu memutuskan untuk menikmati ombak di Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai tercatat sebagai tempat terbaik untuk berselancar setelah Hawaii dan Tahiti oleh beberapa organisasi selancar. Salah satu lokasinya adalah di Desa Bosua yang memiliki gulungan ombak mencapai 3 meter. Kira-kira kamu butuh 4 jam  perjalanan dengan speedboat dari Kabupaten Tuapejat. Pantainya berkarang namun gulungan ombaknya sempurna dan telah terkenal di kalangan peselancar dunia.
ombak di Kepulauan Mentawai
Pilihan lokasi lain untuk berselancar adalah Pulau Nyang Nyang di Desa Katurei. Peselancar dari berbagai negara menyebut ombak di sini merupakan yang tertinggi di dunia, yaitu mencapai 4 meter. Pulau Karamajat masih di Desa Katurei juga memiliki ombak panjang dan tinggi yaitu mencapai 2 hingga 4 meter. Tidak ketinggalan, ombak di Pulau Koroniki, Awera, Teluk Sibigeu, Teluk Sinakak juga patut untuk dicoba.
Kamu suka piknik? Ada juga pulau yang pas buat kamu yaitu Pulau Siruso. Pulau ini cocok untuk rekreasi keluarga dengan pasir putih dan air laut jernih, jadi kamu bisa main pasir dan berenang di tepi pantainya. Ada juga Pantai Bulasat, selain memiliki pasir putih, juga sangat ramai dikunjungi wisatawan terutama hari libur keagamaan. Untuk menuju pantai ini, kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor. Nikmati perjalananmu dengan menikmati pemandangan hijau yang cantik dan kamu juga bisa berhenti sejenak untuk membeli durian dan kelapa muda, nyumm…
Untuk kamu yang berniat menyelam, terdapat beberapa spot menyelam tersebar di gugusan Kepulauan Mentawai, salah satunya adalah Pulau Setan yang memiliki keindahan bawah laut. Untuk penginapan, kalau kamu berniat agak lama berada di sini dan ingin merasa lebih dekat dengan masyarakat lokal, kamu bisa tinggal di rumah penduduk setempat. Jika ingin merasakan sensasi tinggal di penginapan terapung, kamu bisa datang ke Desa Katurei.
Masih banyak sederatan penginapan di sepanjang pantai di Kepulauan Mentawai. Ada juga beberapa hotel yang bisa kamu pilih jika ingin menikmati fasilitas lebih seperti spa. Tips untuk kamu yang berniat pergi ke Kepulauan Mentawai adalah kamu bisa menyewa pemandu wisata dari agen perjalanan di Bukittinggi atau di Pelabuhan Muara Siberut jika kamu merasa kurang percaya diri untuk melakukan perjalanan sendiri.
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar