Keliling Indonesia Mulai Dari Sabang

0
()
Menjadi traveler itu sangat menyenangkan karena kita bisa menjelajahi tempat baru dan sebenarnya kamu tidak perlu kemana-mana karena Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang pastinya bisa membuat kamu terpesona. Bagaimana kalau memulainya dari Sabang? Hmm..menarik bukan?
Jelajah Indonesia bisa kamu lakukan dan jika dimulai dari Sabang, hal ini akan terasa lebih bermakna. Kamu bisa menandai setiap tempat yang kamu kunjungi dipeta mu. Jika ingin ke Sabang, kamu harus mampir ke Tugu Nol Kilometer Indonesia di Sabang. Ya, ini bisa menjadi pemacu semangat berkeliling Indonesia.
Tugu Nol Kilometer di Sabang ini terletak di Hutan Wisata Sabang. Tepatnya sih di Desa Iboih Ujong Ba’u, di Kecamatan Sukakarya. Nah, Tugu ini hanya terletak sekitar 5 km dari Pantai Iboih yang super cantik dan menawan. Dari pusat kota Sabang, kamu harus pergi ke Barat dan sekitar 29 km kamu baru bisa menemukan Tugu Nol Kilometer ini. Jarak tempuhnya adalah sekitar 40 menit dengan menggunakan kendaraan.
Kamu bisa menapakkan kakimu tepat diatas kilometer nol yang bentuknya lingkaran dengan diameter 50cm dan terbuat dari semen. Coba nikmati dan rasakan pengalaman pribadi yang sifatnya historis ini. Kamu pun akan mendapatkan sertifkat yang digunakan sebagai bukti bahwa kamu pernah berdiri di titik nol kilometer Indonesia di Sabang.
Tugu ini merupakan simbol yang menekankan bahwa Merauke adalah batas barat Indonesia. Tugu nol kilometer ini begitu terjaga kebersihannya. Tinggi dari Tugu Nol Kilometer ini adalah 22,5 meter yang membentuk lingkaran jeruji. Sebuah patung burung Garuda yang menggenggam angka nol yang juga lengkap dengan prasasti marmer hitam terdapat di puncak tugu yang juga digunakan untuk menunjukkan posisi geografisnya.
Lantai pertama didalam Tugu Nol Kilometer ini berisi sebuah pilar bulat yang merupakan prasasti peresmian tugu. Terdapat tandatangan Wapres Tri Sutrisno. Lalu di lantai 2 ada beton persegi empat dan ada dua prasasti yang tertempel. Penasaran dan ingin dapat sertifikat? Jika iya, maka segera rencanakan perjalanan ke Sabang untuk memulai tur keliling Indonesia.

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *