Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari
0
()

Ketika hati ini rindu suasana pegunungan dengan pemandangan yang hijau dan udara yang segar. Tak sabar diri ini menanti datangnya hari libur tiba. Ingin rasanya pergi ke suatu tempat yang masih alami untuk menghilangkan penat yang selalu membebani pikiran.

Jika saat ini Anda sedang mencari tempat wisata baru yang dengan pemandangan yang indah maka berkunjunglah ke Perkebun Teh Wonosari, sebuah kebun teh teh yang hadir dengan pesona pegunungan di perbatasan Malang – Surabaya.

Kalau Anda mengenal kawasan Puncak di Jawa Barat yang terkenal akan area kebun tehnya yang cantik dengan udara sejuknya yang khas, sebenarnya Jawa Timur juga punya area serupa yang letaknya juga sangat mudah dijangkau. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai Kebun teh Wonosari.

Kawasan kebun teh Wonosari ini berada di kawasan seluas 1.144 hektar di ketinggian 950 mdpl sampai 1.250 mdpl. Area dengan topografi yang berkelok dan penuh perbukitan ini dikenal memiliki panorama yang sangat cantik.

Hamparan kebun teh yang hijau cerah meliuk di sepanjang perbukitan menjadi pemandangan utama. Berbingkai sejumlah pepohonan yang membuat kawasan terasa semakin asri. Kamu bahkan bisa menjajal petualangan di tengah perkebunan atau kerap disebut dengan tea walk.

Sejarah

Ada cerita menarik dibalik berdirinya Kebun Teh Wonosari. Kebun ini merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur yang berdiri pada tahun 1910. Beroerasi sejak zaman kolonial Belanda kebun teh ini berada dibawah perusahaan bernama NV. Cultur Maathappy.

Pada awalanya kasasan ini ditanami tanamn teh dan kina. Dengan adanya misi Swasembada panagn pada masa penjajahan Jepang, tanaman teh diganti dengan tanaman bahan poko seperti singkong, ubi, kentang dan tanaman jenis lainnya. Setelah kemerdekaan di raih oleh Bangsa Indonesia, perkebunan teh ini diambil oleh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII)

Daya Tarik & Aktivitas

Daya Tarik Kebun Teh Wonosari

Bisa jadi Kamu beruntung menyusuri perkebunan di saat panen, di saat seperti ini sejumlah penduduk asli akan siap menyapa Kamu dengan ramah. Bahkan bisa jadi Kamu ikutan menjajal aktivitas panen ini.

Di area kebun teh Wonosari ini juga terdapat area kebun binatang mini, area pemandian air panas, area flying fox dan outbond, arena berkuda bahkan bisa pula memilih berkeliling perkebunan dengan kuda seolah menjadi meneer-meneer di masa lalu.

Sejumlah wahana anak-anak seperti kereta kelinci dan mobil-mobil elektrik juga tersedia di kawasan ini untuk hiburan si kecil. Yang ingin sedikit menantang tersedia pula wahana ATV dan sepeda gunung untuk memberi Kamu alternatif lebih seru menjelajah area perkebunan.

Kawasan ini juga dikenal sebagai pusat pengembang biakan tanaman hias yang dikenal luas. Sejumlah spot budidaya bisa Kamu temukan di beberapa sudut kawasan dan Kamu bisa membeli berbagai tanaman hias berbagai jenis dan harga di sini.

Baca Juga:  Curug Abeh Cilawu Garut | Info Tiket Terbaru & Jalur Lengkap

Fasilitas

Daya Tarik Kebun Teh Wonosari

Soal fasilitas umum, tentu saja sebagaimana kebanyakan kawasan peristirahatan, area ini juga sudah berkembang pesat sebagai pusat peristirahatan yang modern. Sejumlah penginapan dari beragam kelas mulai dari hotel, penginapan sederhana sampai bungalow dalam beragam harga siap menjadi pilihan Kamu. Bukan hanya itu, lokasi ini juga memiliki beragam pilihan restoran dan rumah makan dalam beragam kelas.

Hotel & Penginapan

Yang lagi suntuk, bosen sama suasana dan keadaan dirumah. Bolehlah liburan kesini. Udaranya kalo pagi sejuk, enak bersih tapi ya gitu dinginnya ga kuat.  Untuk yang dari luar kota yang ingin liburan ke Kebun Teh Wonosari jangan merisaukan tentnag hootel dan penginapan karena disini sudah disediakan beberpa penginapan seperti cottage dan villa.

Pokonya disini tuh tempat yang nyaman buat menyepi untuk pekerjaan yang membutuhkan kesunyian. Jam 13 kabut sudah mulai turun membuat atmosfir sekitarnya terasa sejuk.

Villanya ada banyak pilihan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, untuk harganya masih terjangkau. Di villa disediain air minum sama pemanas air kalau mau bikin teh, kopi atau popmie. Air untuk mandi ada yang panas dan dingin. 

Total ada sekitar 50 kamar lebih yang dsisewakan disini. Berikut ini fasilitas dan tarif penginapan yang disediakan PTPN XII di kebun teh Wonosari (yang umumnya berupa homestay) bagi pengunjung yang ingin bermalam. 

  • Rollaas Hotel 101 s/d 112

Mulai dari Rp. 499.000/Malam  1 kamar dengan fasilitas: TV LED, spring bed (double), air panas, service untuk 2 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang, dan tour pabrik.

  • Rollaas Hotel 201 s/d 212

Mulai dari Rp. 499.000 – Rp. 599.000/malam tersedia 12 kamar dengan fasilitas: , TV LED, spring bed (double), air panas, service untuk 2 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang, dan tour pabrik.

  • Hevea Room

Mulai dari Rp. 250.000/malam 1 kamar dengan fasilitas TV, bed (double), air panas, service untuk 2 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Tenera Room

Mulai dari 250.000 1 kamar dengan fasilitas TV, bed (double), air panas, service untuk 2 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Agave Cottage

Mulai dari Rp. 750.000/malam tersedia 3 kamar dengan fasilitas: TV, spring bed double, air panas, service untuk enam orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, souvenir teh, dan voucher kolam renang.

  • Sinensis Cottage 1, 2

Mulai dari Rp. 700.000/malam. Tersedia dengan fasilitas: 2 kamar, TV, spring bed (double), air panas, service untuk 4 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Asamica Cottage 1, 2

Mulai dari Rp. 700.000/Malam ada 2 kamar dengan fasilitas: TV, spring bed (double), air panas, service untuk 4 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Black Tea Cottage 1, 2

Mulai dari RP. 700.000/Malam ada 2 kamar dengan fasilitas  TV, spring bed (double), air panas, service untuk 4 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Green Tea Cottage 1, 2

Mulai dari Rp. 700.000/malam ada 2 kamar dengan fasilitas:TV, spring bed (double), air panas, service untuk 4 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • White Tea Cottage

Mulai dari Rp. 1.400.000/malam ada 4 kamar  dengan fasilitas: TV LED, spring bed (double), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Kakao Cottage
Baca Juga:  Inilah Alasan Mengapa Kawah Papandayan Banyak Dikunjungi

Mulai dari Rp. 1.800.000/malam ada 6 kamar dengan fasilitas: TV, spring bed (twin), air panas, service untuk 12 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Tea Cottage

Mulai dari Rp. 1.500.000/malam ada 4 kamar dengan fasilitas:  TV, spring bed (twin), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Elaeis Cottage

Mulai dari Rp. 1.000.000/malam ada 4 kamar dengan fasilitas: TV, spring bed (twin), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Sinamon Cottage

Mulai dari Rp. 1.000.000 ada 4 kamar dengan fasilitas: TV, spring bed (twin), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Lambahu Cottage

1.000.000 4 kamar, TV, spring bed (twin), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Ceiba Cottage

Mulai dari Rp. 1.000.000/Malam ada 4 kamar dengan fasilitas: TV, spring bed (twin), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Camelia Cottage

Mulai dari Rp. 1.650.000/malam 4 kamar, dengan fasilitas: TV, spring bed (twin), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Coffee Cottage

Mulai dari Rp. 1.500.000/malam ada 4 kamar dengan fasilitas: TV, spring bed (double dan twin), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Kartika Cottage 1, 2, 3

Mulai dari Rp. 500.000/malam ada 2 kamar dengan fasilitas TV, spring bed (double), air panas, service untuk 4 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Perkebunan Cottage 1

Mulai dari Rp. 500.000 ada2 kamar dengan fasilitas: TV, spring bed (double), air panas, service untuk 4 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

  • Fanning Cottage

Mulai dari Rp. 1.500.000 ada 4 kamar dengan fasilitas TV, spring bed (double), air panas, service untuk 8 orang: makan pagi, minuman teh pagi dan sore, voucher kolam renang.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk Kebun Teh Wonosari yaitu mulai dari: Weekday Rp. 15.000/Orang dan Weekend Rp. 2.000/ orang. Perkebunan buka 24 Jam, untuk cafe sampai jam 22.00.

Untuk menikmati wahana dan fasilitas lainnya pengunjung dikenakan biaya tambahan. Jadi Anda perlu membayar lagi jika ingin mencoba semua wahana dan fasilitas yang ada di Kebun Teh Wonosari ini

Lokasi

Kebun Teh Wonosari malang

Berlokasi tepat di antara kota Surabaya dan Malang dan berada di Kaki Gunung Arjuno, kawasan wisata ini juga menjadi favorit banyak wisatawan lokal untuk sekedar melarikan lelah dan penat dari hiruk pikuk perkotaan. Banyak pengunjung asal Surabaya yang memilih berakhir pekan bersama keluarga di kawasan dataran tinggi ini.

Peta Lokasi

Sebagaimana sudah kami jelaskan sebelumnya, lokasi wisata alam ini berlokasi di area yang sangat mudah dijangkau. Berada di 30 km utara dari pusat kota Malang, dan tepat di titik antara kota Malang dan Surabaya.

Tepatnya di area Gunung Arjuno, Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi jauh masuk ke dalam, agak sempit utk 2 arah mobil. jalan beraspal agak berlobang.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Gungun Gunawan

Hallo Gungun Disini, Saya adalah Travel Blogger | BeSafe, Be healty, Be Clean And Be Smart Travellers Cheerss !!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *