Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Kawah Talaga Bodas Garut

/
285 Views
img

Seperti lagu Band Padi, Alam priangan itu Begitu Indah. Tak dapat dipungkiri bumi Tatar Sunda memang memiliki alam yang begitu indah. Maka Tak heran jika di tanah pasundan ini terdapat banyak tempat wisata alam dengan panorama alam yang mempesona. Seperti Kawah putih di Ciwidey misalnya, Kawah ini merupakan salah satu destinasi wisata populer di Bandung. Di Garut juga Ada destinasi wisata populer yang sama percis dengan Kawah Putih yaitu Kawah Talaga Bodas.

Hallo sahabat Pagguci kembali lagi dalam postingan Gungun Gunawan, Kali ini saya akan membahas tentang Kawah Talaga Bodas untuk melengkapi informasi kumpulan Tempat Wisata Di Garut. Seperti apa kondisi lingkungan Kawah Talaga bodas? apa daya tariknya? apa saja fasilitasnya? Kemudian berapa harga tiket masuknya? Baiklah ulasan selengkapnya akan saya tulis dalam artikel dibawah ini.

Talaga Bodas merupakan sebuah kawah dari Gunung Tallaga Bodas yang bertipe stratovolcano yang berada di Garut Jawa Barat. Gunung yang terbentuk dari lava andesit dan piroklastik ini memiliki area kawah yang cukup luas sehingga menyerupai danau dengan air kawah putih kebiruan yang mengandung sulufur dan belerang yang tinggi.

Menurut sejarah di seekitar area kawah terdapat fumarol, kolam lumpur, dan mata air panas di sekitar danau kawah. Perubahan warna danau kawah dilaporkan pernah terjadi pada tahun 1913 dan 1921. Untuk mata air panas hingga kini masih berfungsi dan mengeluarkan air panas yang dimanfaatkan sebagai air kolam renang /kolam rendam.

Kawah Talaga Bodas masuk kedalam kawasan Taman Wisata Alam (TWA). Dengan konfigurasi umum area berbukit serta kemiringan area yang curam. Kawasan ini masih hijau dan rimbun serta berbatasan langsung dengan hutan. Daerah Kawah Talaga Bodas mempunyai temperatur rata-rata 24-26 derajat celsius, dengan curah hujan 1321 mm dengan intensitas penyinaran matahari yang sedang. Sehingga wisatawan dapat menemukan suasana yang segar dan pemandangan yang menyegarkan mata di sekitar kawah talaga bodas Garut.

Usia batuan Kawah Talaga Bodas adalah Quarternary Berada pada Koordinat 7.208°S 108.07°E, Gunung Talaga Bodas memiliki Ketinggian 2,201 meter (7,221 ft) 2.201 Mdpl, sedangkan untuk Kawah Talaga Bodas nya berada pada 1512 Mdpl . Kawahnya sendiri masih mempunyai aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya dan aman untuk dikunjungi.

  • Gunung Talaga Bodas: 2,201 Mdpl (7,221 ft)
  • Kawah Talaga Bodas: 1512 Mdpl
  • 23, 85 Ha
  • 7.208°S 108.07°E 
  • Stratovolcano
  • Wanajaya, Jl. Talaga Bodas No.5, Sukamenak, Wanaraja, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44183

Sejarah

Sejak zaman kolnial belanda Keindahan Kawah Talaga Bodas sudah sangat terkenal. Konon katanya, dahulu kala di dekat kawah terdapat pekampungan yang bernama Kampung Papandak. Pada masa itu Kawah Talaga Bodas menjadi tujuan wisata orang-orang Eropa. Kepopulerannya mendorong Gubernur Jenderal Hindia Belanda saat itu menetapkan kawah ini sebagai salah satu objek wisata pada 4 Februari 1924.

Kampung Pandak

Bukti keindahan Kawah Talaga Bodas sempat diabadikan dalam sebuah kartu pos pada tahun 1932. Foto dalam kartu POS tersebut diambil oleh Seorang fotografer Belanda keturunan Jerman yang lahir di Kediri bernama Margarethe Mathilde Weissenborn atau yang dikenal dengan panggilan Thilly Weissenborn.

Daya Tarik

Sama seperti Kawah Putih Ciwidey, Kawah Talaga Bodas memiliki kemiripan antara vegetasi tanaman lingkungannya. Kawah Talaga Bodas memiliki air yang terlihat putih seperti kolam susu yang terkadang juga berwarna hijau muda kebiruan yang dihiasi kepulan asap yang membuih tinggi diatasnya.

Dikelilingi pepohonan hutan yang rimbun serta lokasinya yang berada di pegunungan membuat udara di Kawah Talaga Bodas terasa sejuk. Dari kejauhan view Gunung Galungung juga terlihat dari sini. Yang paling menarik perhatian wisatawan adalah kolam renang air panas serta kawhanya yang serin dijadikan spot untuk berfoto. 

Tiket Masuk

Banyak kegitan outdor yang dapat Anda lakukan di Talaga Bodas. Selain landscap panorama alam yang indah serta udara yang sejuk, Anda juga dapat merasakan tantangan menaklukkan medan menuju ke destinasi ini. (jalan menuju Talaga Bodas cukup sulit)

Untuk anda pemburu spot foto dan pecinta fotografi, Anda bisa mengabadikan momen Anda selama berwisata kesini. Anda menjelajah dan mengelilingi area tepi kawah dengan trekking untuk mencari spot foto yang terbaik untuk diposting di media sosial. Untuk merileksasi tubuh, Anda juga bisa mencoba berendam santau dikolam air panas alami yang mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit.

Untuk menikmati keindahan serta semua fasilitas yang ditawarkan, setiap pengunjung wajib membeli tiket terlebih dulu sebelum memasuki kawah. Harga tiket masuk Talaga Bodas cukup murah dan terjangkau semua kalangan masyarakat. 

Tiket Masuk Kawah Tlaga Bodas
  • Wisatawan lokal Rp 5000 (hari biasa), dan Rp 7500 (hari libur)
  • Wisatawan luar Rp 100.000 (hari biasa), dan Rp 150.000 (hari libur)
  • Sepeda Rp 2000 (hari biasa), dan Rp 3000 (hari libur)
  • Roda 2 atau motor Rp 5000 (hari biasa), dan Rp 7500 (hari libur)
  • Roda 4 Rp 10.000 (hari biasa), dan Rp 15.000 (hari libur)
  • Roda 6 Rp 50.000 (hari biasa), dan Rp 75.000 (hari libur)
  • Rombongan pelajar/mahasiswa Rp 4000 per orang (hari biasa), dan Rp 4500 per orang (hari libur)
    Foto komersial atau pre wedding Rp 250.000

Keterangan:

  • Harga di Update tanggal 5 Juli 2019.
  • Update Harga Tiket Masuk Kawah Tlaga Bodas /2019/2020 dan seterusnya akan kami update terus.

Fasilitas

Sebagai objek wisata alam, Kawah Tlaaga Bodas sudah dikelola cukup baik meskipun belum maksimal. Destinasi yang satu ini tentunya selalu ramai di kunjungi para wisatawan disetiap hari libur dan akhir pekan.  Untuk menunjang kenyamanan para wisatawan pihak pengelola wisata juga telah menyediakan berbagai fasilitas penunjang.

  • Tempat Parkir

Untuk Anda yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, di Kawah Talaga Bodas telah disediakan tempat parkir yang cukup luas. Dari tempat parkir Anda harus masih berjalan untuk bisa sampai di Kawah. Anda juga bisa menyewa sebuah ojek lokal yang stand by di parkiran jika Anda  malas berjalan kaki.

  • Warung

Di tempat parkir juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Jadi untuk Anda yang tidak membawa bekal makanan dari rumah, Anda bisa membi makanan dan minuman di warung dekat parkir sebelum ke lokasi kawah.

  • Mushola

Untuk Anda yang beragama muslim, di Talaga Bodas ini juga telh tersedia mshula untuk melaksanakan ibadah sholat. Musholanya berukuran kecil dan cukup bersih.

  • Camp Area

Di Kawah Talaga Bodas Tersedia camp area. Untuk Anda para pendaki gunung dan pecinta alam  yang hobi melakukan aktivitas kegitan outdor,  Kawah Talaga Bodas bisa dijadikan tempat camping alternatif di Garut. Talaga Bodas bisa menjadi opsi, jika Gunung Papandayan, Gunung Guntur Dan Gunung Cikuray sudah full kuota pendakinya.

  • Kolam Rendam Air Panas

Di Kawah Talaga Bodas juga terdapat dua buah kolam rendam air panas berukuran sedang. Airnya bersumber dari air panas alami yang mengandung belerang yang baik untuk klulit. Anda bisa bersantai menikmati hangatnya air kawah. Kolamnya terbuka, langsung ada di pinggir kawah. Untuk menuju lokasi ini, kita cukup berjalan menyusuri rute ke arah kanan kawah.

  • WC dan Kamar Ganti

Jika ada kolam rendam, harusnya ada kamar ganti juga dong. Di Kawah Talaga Bodas juga sudah tersedia WC dan kamar ganti berukuran kecil.

  • Saung Gazebo

Saung Gazebo juga sudah tersedia di Kawah Talaga Bodas, Anda bisa menggunakannya sebagai tempat berduh dan bersitirahat sambil menikmati bekal makanan yang Anda bawa.

Lokasi

Lokasi Kawah Talaga Bodas kurang lebih sekitar 15 Km dari Pasar Wanaraja. Panorama sepanjang jalan menyajikan hamparan perkebunan, tebing, dan pemukiman warga pedesaan. Selanjutnya memasuki kawasan hutan. Lebar ruas jalan talaga bodas sudah beraspal sebagian berukuran cukup kecil,pas untuk 2 mobil (mini bus). Untuk bus pariwisata sangat tidak direkomendasi untuk masuk dan menelusuri jalan talaga bodas. 1/4 jarak menuju pintu gerbang lokasi dalam kondisi rusak berbatu dan sangat berdebu tebal. Namun cocok di saat musim kemarau. Karena kalau hujan, jalanan akan penuh dengan lumpur.

Peta Lokasi

Jika Anda menggunakan rute google maps  untuk bisa tiba di Talaga Bodas, harap sesampainya di Pasar Wanaraja bertanya tanya kembali.

Kurangnya Penginapan Di Talaga Bodas Garut saat ini menjadi salah satu bentuk kelemahan yang dimiliki objek wisata ini, padahal jika di tinjau dari kecantikan kawah. Telaga yang berwarna putih ini sepertiny sangat disayangkan jika fasilitas penginapan masih sedikit. Hmm, selain itu kurangnya penginapan di sekitar talaga bodas juga menjadi penghambat bagi sebagian pihak untuk datang secara cepat menyaksikan keindahan talaga ini . 

Tips & Kesimpulan

Sebernya tempat ini masih jarang di kunjungi dibandingkan dengan kawah putih, Kalau noleh dibandingkan, talaga bodas lebih worth it. Kenapa ?

  1. View yang hampir sama dengan kawah putih
  2. Harga tiket lebih murah
  3. Ada tempat berendam air panas (belerang)
  4. View saat berendam langsung mengarah ke kawah
  5. Camping zone dekat dengan tempat berendam

Kekurangannya :

  1. Akses jalan yang sempit ( 2 mobil nge pas banget)
  2. Sebagian jalan masih jelek (tidak disarankan menggunakan city car)
  3. kses dari Garut Kota ke lokasi lumayan jauh (30-45 menit) melewari jalan wanaraja.
  4. Bad signal (dari mulai gerbang masuk sampai lokasi kawah)
  5. Kamar bilas tidak terlalu nyaman (tapi cukup bersih)

Tips :

  • Jangan datang saat tanggal merah / libur panjang ( datang hari jumat atau hari senin-selasa jika Anda tidak ingin ramai di tempat berendam nya )
  • Akses dari gerbang ke lokasi kawah putih ngga terlalu jauh guys (kurang lebih 15 menit), Anda bisa jalan santai bersama teman/keluarga sambil menikmati udara sejuk
  • Untuk orang tua / yang tidak bisa jalan jauh bisa menggunakan jasa ojek atau menyewa 1 motor ke spot lokasi (untuk kaum milenial / kaum muda usahakan jalan kaki ! Malu maluin)
  • Jangan meninggalkan sampah dan merusak fasilitas yang ada.
  • Jaga sopan santun.

Nah itulah ulasan review saya tentang Objek Wisata Kawah Tlaga Bodas, sebuah tempat yang indah dan tempat menyenangkan untuk liburan. Dengan biaya yang cukup murah kita bisa menikmati keindahan alam yang satu ini.

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar