Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Kawah Putih Ciwidey

/
80 Views
img

Sahabat Pagguci jika Anda ingin menikmati wisata dengan suasana alami dengan udara pegunungan yang dingin tentunya Anda harus beranjak dari tempat tinggal Anda dan meninggalkan hiruk pikuk dunia perkotaan. Kawah Putih Ciwidey bisa menjadi destinasi wisata alam yang bisa Anda kunjungi di Bandung Selatan.

Selain memiliki panorama alam yang indah, tempat yang sering dijadikan sebagai lokasi shooting video clip ini memiliki suasana magis dibalik air kawah yang putih membiru. Baiklah dengan Gungun Gunawan disini! Kali ini saya akan berbagi informasi seputar Kawah Putih, sebuah destinasi wisata cantik yang populer di tanah Ciwidey Bandung selatan.

Kawah Putih Ciwidey merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Ciwidey Bandung Jawa Barat. Kawah ini berada pada ketinggian +2090 meter diatas permukaan laut tepat berada dibawah puncak tertinggidari Gunung Patuha serta memiliki suhu sekitar 8-22 derajat celcius. Jarak yang harus ditempuh untuk sampai ke tempat ini sebesar 35 kilometer dan juga akan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari kota Bandung. Tak jauh dari kawasan Kawah Putih terdapat tempat wisata Situ Patenggang.

Kawah Putih ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan sering sekali dijadikan sebagai objek foto pasangan yang akan menikah atau foto pre-wedding. Pemandangan yang ditawarkan begitu eksotis dengan warna air yang kebiru-biruan atau hijau apel. Anda bisa mengetahui harga tiket masuk ke Kawah Putih Ciwidey yang terbaru di dalam artikel ini

Sugihmukti, Pasirjambu, Ciwidey Bandung Selatan
Jawa Barat

http://kawahputihciwidey.com/

Setiap hari: 07.00 – 17.00 WIB

Domestik: Rp18.000/orang
Asing: Rp50.000/orang

Ketinggian permukaan: 2.430 m

Sejarah Kawah Putih

Sejarah Kawah Putih dimulai dari Letusan hebat Gunung Patuha yang terjadi pada abad ke 10, Namun letusan yang terjadi abad ke-13 lah yang melahirkan kawah kedua yang disebut Kawah Putih sebuah danau indah yang Airnya bisa berubah-ubah warna, mirip dengan Danau Kelimutu.

Dampak dari letusan Gunung Patuha ini membuat membuat orang yang tinggal disekitar Kaki Gunung Patuha banyak yang menganggap bahwa lokasi kawah tersebut adalah kawasan angker dikarenakan setiap burung yang terbang melewati kawasan tersebut akan mati. Banyak orang yang meyakini hal tersebut, oleh karenanya tidak ada orang yang berani mendekati kawasan ini karena takut.

Barulah pada tahun 1837 ada seorang ahli dari Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn yang mengunjungi puncak Gunung Patuha untuk penelitian. Setelah berhasil mencapai puncak Gunung Patuha Dr. Franz Wilhelm Junghuhn melihat ada sebuah danau dengan bau belerang yang menyengat yang airnya berwarna putih. Nah Sejak itu, keberadaan Kawah Putih menjadi terkenal dan pada tahun 1987 hingga kemudian pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat wisata.

Asumsi itu dipatahkan oleh seorang ilmuan yang berasal dari Jerman yang menyatakan bahwa di Kawasan Kawah ini terdapat semburan lava belerang, hal itulah yang menyebabkan burung mati setiap melewati kawasan kawah putih ini. Karena kandungan dari belerang yang sangat tinggi, Belanda sempat mendirikan pabrik belerang di kawasan ini yang kemudian diambil alih oleh pemerintahan Jepang.

Tahun 1987, Perhutani Jawa Barat mulai mengambil alih dari kawasan ini sebagai kawasan objek wisata bukan lagi sebagai pabrik belerang. Harga tiket masuk ke Kawah Putih Ciwidey terbaru sesuai dengan pemandangan yang akan Anda dapatkan di sini.

Fasilitas

Karena telah dikembangkan sebagai kawasan wisata, Kawah Putih mempunyai fasilitas penunjang kenyamanan berwisata yang memadai, yaitu:

1.Area parkir yang luas
2.Mushola
3.Transportasi dari gerbang depan sampai dengan kawah
4.Pusat informasi
5.Restoran dan warung makanan
6.Toilet

Tiket Masuk Kawah Putih

Untuk harga tiket masuk Kawah Putih Ciwidey terbaru 2017 yaitu Rp150.000 untuk mobil sampai ke atas dari kawasan Kawah Putih, Rp35.000 untuk motor, dan Rp15.000 untuk tiap individual. Pengunjung sangat disarankan untuk memakai kendaraan untuk menuju ke Kawasan Kawah Putih dari pintu masuk dikarenakan jaraknya yang lumayan cukup jauh. Sekitar 5,6 kilometer menanjak atau 10-15 menit jika berkendara.

Jika Anda berjalan kaki akan menghabiskan waktu dan juga energi Anda. Jadi sebaiknya gunakan kendaraan. Tidak perlu takut jika anda ingin mencari tempat parkir, karena fasilitas di Kawasan Kawah Putih ini sudah dilengkapi dengan area parkir yang sangat luas, mushola, transportasi transit, pusat informasi dan banyak terdapat warung makanan.

Akses

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi dan berdomisili di daerah Jakarta, Anda bisa melewati Tol Cipularang yang menuju ke pintu keluar Tol Kopo. Lalu menuju ke Soreang ke arah selatan dari kota Ciwidey. Bisa juga dari Terminal Kebun Kelapa maupun Leuwi Panjang, Bandung dengan menggunakan angkutan umum langsung mengarah ke Ciwidey. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan angkutan pedesaan yang menuju ke desa Situ Patenggang.

Jika Anda berwisata ke Kawah Putih Ciwidey ini jangan lupa untuk membawa jaket karena udaranya sangat dingin kisaran 8 -22 derajat, dan gunakan masker karena bau dari belerangnya memang sangat tajam.

Akses menuju ke Tempat Wisata Ciwidey Bandung selatan Apabila anda dari Arah Jakarta Pasti keluar Melalui Tol Padalarang Barat berikut adalah akses menuju Tempat Wisata Ciwidey Bandung Selatan :

Cari arah yang menuju ke Tol Cileunyi : Exit Tol Kopo ( Belok kanan ) Biasanya terhambat kemacetan karena banyaknya Mall dan Sekolah-sekolah di sepanjang jalur kopo )- Soreang ( panduannya adalah Kantor Pemerintahan kab Bandung belok kanan arah RSUD Soreang ) – Ciwidey ( Terminal Ciwidey dan Berakhir di WISATA KAWAH PUTIH CIWIDEY Total jarak Sekitar 40 km ( 1 – 2 jam memakai kendaraan Mobil Pribadi )


Cari Arah yang Menuju ke Tol Pasteur : Exit Tol Baros Cimahi – Margaasih – Nanjung – Cipatik ( Belok Kiri ) – Stadion Jalak Harupat – Soreang – Ciwidey ( Terminal Ciwidey dan WISATA KAWAH PUTIH CIWIDEY.

Peta Lokasi
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar