Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Kawah Kamojang-Info Tiket Masuk Fasilitas Lokasi & Mitos Lengkap

/
142 Views
img
Objek wisata apa yang bisa di kunjungi di kawasan Kamojang? pertanyaan sering kali kita dapat dari beberapa teman. Jika Anda menanyakan hal yang sama maka objek wisata yang bisa dikunjungi adalah Kawah Kamojang. Seperti apa Kawah kamojang itu? apa daya tariknya? dan berapa tiket masuknya? Untuk mendapatkan jawabannya maka Anda harus membaca artikel dibawah ini karena pembahasan kali ini kita akan membahas Objek Wisata Kawah Kamojang secara lengkap tentunya dengan informasi terbaru langsung dari sumbernya.
Halo sahabat Pagguci, apakah Anda berencana menghabiskan akhir pekan Anda dengan berlibur ke Garut? Untuk itu jangan lupa untuk mampir di Kawah Kamojang, Mungkin objek wisata alam yang satu ini bisa coba Anda kunjungi ketika berwisata ke Garut. Sebelumnya kita juga telah membahas Objek Wisata Alam Situ Cibeureum yaitu wisata yang berada sebelum Kawah Kamojang. jadi selain ke kawah, anda juga bisa sekalian mengunjungi Situ Cibeureum Tersebut.
Sekilas Tentang Kawah Kamojang
Terkenal luas dengan nama Kawah Kamojang, sebenarmya kawah ini berada di Gunung Kamojang yang berada di Kecamatan Samarang yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Bandung. Dalam sejarahnya, Gunung Kamojang dikenal sebagai gunung berapi yang masih dalam satu untaian garis kawah dengan Gunung Guntur, tapi kawah ini dikelompokkan dalam gunung berapi aktif karena aktivitas panas bumi.
Sama seperti Darajat, dan Kawah Papandayan  Gunung Kamojang memiliki sumber panas bumi yang dijadikan sumber energi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi yang dikelola oleh PT. Pertamina dan PT. Indonesia Power, dimana di lokasi tersebut merupakan yang pertama di Indonesia dimana energi panas bumi dimanfaatkan dari zaman Kolonial Belanda.
Daya Tarik Kawah Kamojang
Obyek wisata Kawah Kamojang selalu memikat wisatawan untuk datang. Data Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat kunjungan wisatawan nusantara pada 30/9/2016 terhitung sebanyak 22.844 orang. Mungkin sekarang jumlahnya lebih banyak lagi

Di kawah kamojang ada beberapa hal menarik yaitu Fumarol, Kawah Lumpur, Danau Panas, dan asap kawah yang muncul dari retakan tanah yang menyemburkan uap panas .Di kawasan wisata Kawah Kamojang banyak kawah yang masih aktif mengeluarkan panas bumi. Beberapa kawah yang menarik untuk dikunjungi disini yaitu:

Kawah Kerata Api

Kawah Kereta Api Kamojang

Di sekitar kawsan kawah terdapat sebuah lubang yang mengeluarkan asap dan bunyinya mirip suara asap yang keluar darai kerata api.  Kawah Kerata Api merupakan kawah yang paling menarik perhatian parra wisatawan karena gas yang keluar sama indahnya denga Kawah Ciwidey.

Baca Juga:  Hotel Bintang Redante-Info Harga Dan Fasilitas Lengkap

Kawah Manuk

Kawah Manuk Kamojang

Gas panas yang keluar bisa merupakan barang yang nerada diatasta kawah. Dinamakan Kawah Manuk karena ada beberapa lubang yang mengeluarkan asap seperti suara manuk atau dalam bahas Indonesia Burung.

Kawah Hujan

Kawah Hujan Kamojang

Kawah Hujan merupakan satu-satunya kawah yang bisa dijadikan tempat mandi uap atau sauna. Ada mitos yang berkembang dimasyarakat sekitar, yaitu jika kita mandi di kawah tersebut akan sembuh dari segala penyakit seperti penyakit stroke, jantung, influenza, penyakit kulit dan rematik. Kawah Hujan mengeluarkan uap air dan gas sulfur yang menggumpal dari dan keluar dari sela-sela batu vulkanik

Selain ketiga kawah diatas, ada dua kawah lagi yaitu Kawah Berecek dan Kawah Sekarat.
  • Mitos:
Di bagian belakang kawah ada goa, Menurut warga sekitar goa tersebut dulunya merupakan pintu masuk Kerajaan Demak
Tiket Masuk Kawah Kamojang
Di area loket pengunjung harus membeli tiket untuk orang, kendaraan dan asuransi orang. Tiket untuk wisatawan mancanegara jauh lebih mahal (20x lipat) dibandingkan wisatawan lokal. Harga tiket hari biasa dan hari libur pun dibedakan.
Tiket Masuk Kamojang

Tiket Masuk

  • Lokal: Rp5.000/Orang hari biasa
  • Lokal Rp7.500/Orang hari libur
  • Asuransi: Rp2.000/Orang
Motor:
  • Rp,5.000 hari biasa
  • Rp. 10.000 hari libur
Mobil:
  • Rp. 7.500 hari biasa
  • Rp. 15.000 hari libur
Catatan harga tiket motor belum termasukbiaya parkir
Disclaimer: Harga tiket sewaktu-waktu dapat berubah
Failitas Kawah Kamojang
Fasilitas yang ada di lokasi cukup lengkap. Mungkin karena ada di area pengelolaan pertamina, jadi banyak mendapatkan bantuan. Suasananya juga rapi, dan bersih.
Tempat Parkir Kendaraan Kawah Kamojang

Fasilitas:

  • Warung ada beberapa dan cukup lengkap.
  • Tempat parkir luas.
  • Toilet di parkiran dan di dekat kawah hujan
  • Tempat sampah lumayan banyak
  • Banyak gazebo dan tempat duduk
  • Kamar buat mandi air panas, murah cuma  sepuasnya Rp.5000/orang. Tapi minim fasilitas.

Alamat Dan Lokasi Kawah Kamojang

Terletak tepat didalam area geothermal PLTU kamojang Garut. Berada di perbatasan dengan kecamatan Ibun, kabupaten Bandung. untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat pada peta lokasi di google map pada link berikut: https://goo.gl/maps/t1CtmPzuqsx Peta tersebut bisa nada gunakan sebagai panduan jalur untuk menuju Kawah Kamojang.

Untuk ke Kawah Kamojang ada 2 jalur tergantung datang dari mana. Yang pertama adalah dari arah Majalaya – Paseh – Kamojang. Yang kedua adalah jika kita sudah berada di Garut, maka kita ambil jalur ke Jalan Raya Samarang, kemudian belok ke Jalan Raya Kamojang di mana kita akan melewati beberapa hotel yang dekat dengan Kawah Kamojang. Berikut daftar beberapa hotel dan penginapan terdekat dengan Kawah Kamojang:

Baca Juga:  Tempat Wisata di Majalengka Jawa Barat yang Paling Menarik

Setelah lewat area tiket, beberapa puluh meter kemudian Anda akan tiba di area parkir dengan beberapa warung kecil. Dari area parkir ada jalur jalan kaki yang lumayan bagus dan cukup lebar. Jalurnya berupa kombinasi tangga dan tanjakan yang terbuat dari paving block. Kiri kanan jalur ada area luas berumput hijau dengan beberapa gazebodi sana sini untuk duduk-duduk.

Tidak sampai 50 meter sudah terlihat area uap panas yang dipagari, kawah tersebut merupakan Kawah Kerta Api. Dari Kawah Kereta Api jalur masih lanjut lagi naik ke atas. Sebelum naik, di kiri kanan ada juga beberapa lubang yang mengeluarkan uap panas dari dalam tanah, tapi cuma diberi pagar kayu sederhana, tidak seperti Kawah Kereta Api. Beberapa puluh meter di bagian atas ada lagi yang namanya Kawah Hujan.

Dari Kawah Hujan, jalur jalan kaki yang menggunakan paving block berhenti. Tapi sebenarnya masih ada jalur jalan kaki menuju area hutan yang lebih lebat. Namun tidak ada papan petuunjuk arah ataupun pagar, jadi hati-hati saja kalau mau mengexsplore lebih jauh.

Kesimpulan
Objek Wisata Kawah Kamojang merupakan objek wisata alternatif yang bisa anda tuju selama liburan di Garut. Kegiatan wisata yang bisa dilakukan disini yaitu jalan-jalan, mandi, dan foto-foto. Disini juga Anda bisa merebus telur, jadi Anda bisa membawa telur yang masih mentah untuk merebusnya langsung dengan uap panas Kawah Kamojang

Merebus Telur Di Kawah Kamojang

Tips
Untuk Anda yang ingin mengunjungi Kawah Kamojang disrankan menggunakan kendaraan pribadi baik itu motr ataupun mobil karena akses angkutan umum ke lokasi kawah masih cukup jarang, itupun hanya tersedia ojeg dan Angkutan Pedesaan atau angped.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kawah kamojang yaitu pagi hari, siang hari, dan sore hari pada musim kemaru, namun jika musim hujan disarankanuntuk mengunjunginya pada pagi atu siang hari. Jangan berangkat sore hari karena biasnya cuaca kurang bersahabat, sering turun kabut, cuaca mendung dan hujan

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar