• Menu
  • Menu

Jenis-Jenis Lahan Basah Di Indonesia

Lahan basah merupakan bagian dari keanekaragaman Indonesia, baik dari segi ekosistem maupun spesies. Lahan basan paling luas di Indonesia terdapat di dataran-dataran rendah aluvial, lembah-lembah datar, dan muara-muara mangrove di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Indonesia kaya akan habitat sungai, dengan jeram jeram besar seperti air terjun Siguragura yang terletak di dekat Danau Toba di Sumatera Utara, rawa-rawa sungai di kawasan dataran rendah, dan danau unik Mamberamo di Papua.
Selain Mangrove, terdapat beberapa lahan basah penting lainnya.
1. Hutan Rawa Air Tawar
Hutan rawa air tawar terluas yang masih ada terdapat di daerah dataran rendah Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Beberapa tipe hutan rawa air tawar adalah: 1. hutan rawa campuran, 2. hutan Melaleuca, 3. hutan Terminalia, dan 4. hutan Campnospermain. Hutan rawa air tawar kaya akan tumbuhan epifit, rotan, dan palma, serta banyak spesies kayu yang bernilai ekonomi seperti Shorea spp.(meranti), Diospyros spp.(Ebony), Gonystylus bancanus(Ramin), dan Melaleuca spp. Hutan ini juga merupakan daerah aliran sungai yang penting.
2. Hutan Rawa Gambut
Hutan rawa gambut terdapat di Sumatera, Kalimantan, dan Papua. Kawasan gambut secara keseluruhan di Sumatera dan Kalimantan diperkirakan antara 16 – 25 juta hektar. Hutan rawa gabut mempunyai keanekaragaman hayati yang relatif tinggi dibandingkan dengan hutan bakau, dengan hasil hasil penting seperti rotan, damar, kayu beraroma wangi, dan buah buahan (misalnya durian)
3. Rawa hutan (Rawa Hutan Gulam)
Rawa hutan terdapat di Papua, pada bagian belakang hutan rawa. Pohon pohon yang umum terdapat di kawasan ini adalah Campnospermain sp., naucle cordinata, Mitragyna ciliata, dan Timonius sp., serta jenis palma dan pandan rumpun tinggi serta paku pakuan. Rumpun sagu terdapat di daerah daerah yang kurang lebih selalu tergenang, baik sebagai tegakan murni sagu (Metroxylon sago) atau sebagai rumpun dengan lapisan pohon yang agak rapat dan deretan pohon sagu yang terbuka. Diperkirakan terdapat enam sampai delapan juta hektar rawa sagu di Nuigini.
4. Rawa Herba, Rawa Rumput, dan Sabana
Di Papua, tegakan rumput rawa yang rapat dapat menutupi permukaan dataran aluvial yang luas. Rawa rumput juga terdapat di danau danau dengan air yang mengalir dan membentuk berbagai ekosistem sabana dan hutan. Rawa rawa ini penting untuk kelangsungan hidup buaya. Rawa rawa yang dangkal dan kering secara musiman merupakan daerah yang penting sebagai daerah penggembalaan ternak, dan di beberapa bagian wilayah Papua mendukung sejumlah besar kehidupan rusa yang merupakan sumber makan.
5. Danau
Ada empat jenis danau di Indonesia. Pertama yaitu danau danau yang berhubungan dengan sistem sungai, seperti danau berliku liku yang luas misalnya Danau Idenburg, Mamberamo dan sunga sungai Rouffaer di Papua atau sistem danau datar di sentarum di Kalimantan Barat. Kedua, dnanu danau air tawar sampai payau di kawwasan mangrove. Ketiga, danau danau gunung ata danau danau kuno seperti Danau Lindu di Sulawesi. Den yang keempat, danau danau kependanan seperti Danau Maninjau di Sumatera. Kebanyakan danau danau tersebut, kecuali danau kepundan yang tidak memiliki hubungan dengan sistem sungai, penting bagi sumber daya perikanan, dan danau danau kuno seringkali mengandung spesies ikan endemik. Banyak danau yang memponyai panorama indah dan memiliki potensi Ekonomi yang besar bagi rekreasi alam dan pariwisata. Contohnya adalah Danau Tempe di Sulawesi Selatan dan Danau Berantan, di Bedugul, Bali.
Dari berbagai macam jenis lahan basah tersebut semuanya mempunyai fungsi dan manfaat bagi manusia untuk itu kita harus menjaga kelestarian dan keberlanjutan fungsi tersebut agar di masa datang kekayaan Indonesia masih terus dapat dinikmati.
Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

View stories

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *