Jalur Selo Pendakian Gunung Merbabu

Jalur Selo Pendakian Gunung Merbabu

Setelah postingan yang lalu kita memberikan ulasan tentang Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas, kali ini kita akan mencoba mengulas jalur lain, yaitu jalur pendakian Gunung Merbabu via selo. Jalur Selo merupakan salah satu jalur favorit para pendaki baik bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman. Kenapa..?? Berikut ulasannya singkatnya.

Seperti yang sudah kita katakan bahwa jalur selo merupakan jalur favorit untuk mendaki Gunung Merbabu, ada berbagai alasan yang mendasari hal ini. Banyak pendaki beramai-ramai menaklukan gunung merbabu via selo.

Alasan yang pertama yang membuat jalur selo menjadi primadona di gunung merbabu yaitu jalur selo memiliki trek yang tidak terlalu sulit. Sehingga, bagi pendaki yang baru pertama kali ingin menaklukan gunung ini, tidak akan mendapatkan kendala yang berarti

Alasan yang kedua, bahwa jalur ini memiliki pemandangan alam sepanjang trek pendakian yang sangat indah dengan berlatar gunung merapi. Banyak yang mengklaim juga bahwa mendaki melalui jalur selo, kita akan mendapatkan pemandangan yang berbeda dengan jalur lain.

Selo adalah daerah di wilayah Boyolali Jawa Tengah. Anda bisa mencarinya melalui aplikasi google maps dari smartphone Anda. Jika Anda lihat pada peta. Kecamatan Selo berada diantara dua gunung yaitu di lembah antara Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Jika Anda mendaki melalui jalur ini, sepanjang trek perjalanan Anda akan ditemani megahnya pemandangan dari gunung api yang aktif itu.

Jalur selo, selain terdapat basecamp pendakian Gunung Merbabu, juga terdapat basecamp pendakian Gunung Merapi. Lalu, bagaimana kita bisa sampai ke basecamp Selo ini? Jika Anda dari arah barat atau lebih dekat dengan kota magelang, Anda bisa langsung menuju ke daerah Muntilan/Mungkid. Anda bisa naik kendaraan umum, dan berhenti di terminal Muntilan, kemudian perjalanan dilanjutkan menggunakan Angkot menuju arah Selo. Dan jika Anda berada di daerah Boyolali, Anda pun bisa langsung menuju langsung ke basecamp. Akses jalur menuju basecamp sangat mudah.

Trek Pendakian Gunung Merbabu Via Selo

Yang selalu dicari oleh para pendaki sebelum mendaki sebuah gunung adalah selalu basecamp. iya sudah pasti itu. Di basecamp kita bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang, mengecek kembali barang bawaan, beradaptasi dengan suhu sekitar, dan mengisi kembali energi yang terkuras selama perjalanan dari rumah menuju ke basecamp. Untuk mengisi kembali energi, di basecamp selo ini khususnya Anda bisa memesan makanan hangat pegunungan.

Terdapat beberapa basecamp yang menyediakan segala keperluan yang Anda butuhkan, diantaranya adalah basecamp pak parman, dan basecamp pak bari. Selain untuk istirahat dan makan, Anda juga melakukan registrasi pendakian gunung merbabu dengan biaya 10.000 per orang. Dan juga, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menitipkan kendaraan Anda di basecamp dengan biaya 3000/ motor dan 15.000 untuk mobil, (data pada tahun 2017 waktu itu ) kemungkinan tahun 2019 bisa naik.

Basecamp Selo - Pos I

Perjalanan dari basecamp menuju ke Pos I, Anda akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 2-3 jam. Trek menuju pos I berupa semak-semak dan hutan. Anda tidak akan menemukan kendala untuk sampai ke pos I ini.

Pos I - Pos II

Melanjutkan perjalanan menuju ke pos II, Anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 30 – 60 menitan. Trek menuju ke pos II juga cukup lancar, tidak ada kendala yang berarti. Sepanjang trek Anda akan menjumpai perbukitan, padang rumput sabana. di Pos II sendiri jarang terdapat pohon-pohon tinggi.

Pos II - Sabana I

Setelah beristirahat di Pos II, kita lanjutkan perjalanan menuju Sabana I, Mulai dari Sabana I, tantangan akan semakin terasa. Anda akan menjumpai tanjakan terjal dengan tingkat kesulitan menengah. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena perjalan menuju sabana I, tidak melulu soal tanjakan. Ada juga trek datar berpasir yang cukup panjang yang akan Anda jumpai, trek ini sering disebut pendaki dengan sebutan Trek Bonus.

Waktu tempuh dari Pos II ke Sabana I kurang lebih 180 menit perjalanan. Sesampainya di sabana I Anda bisa mendirikan tenda sembari beristirahat untuk memulihkan tenaga Anda sebelum melanjutkan perjalanan, dengan background pemandangan padang rumput yang indah.

Sabana I - Pos III

Tidak terlalu banyak yang bisa di ceritakan selama perjalanan dari Sabana I menuju ke Pos III, Lelah, letih pasti akan Anda rasakan. namun selama perjalanan, Anda akan mendapati pemandangan yang akan membuat Anda lupa bahwa Anda sedang merasakan lelah. Dari Sabana I ke pos III anda akan berjalan kurang lebih 60 menit.

Pos III - Sabana II

Dari pos III menuju ke Sabana II, kita akan berjalan kurang lebih 45 menit, yang akan Anda temui disana adalah padang rumput dan beberapa komplek pepohonan khas dataran tinggi.

Sabanan II merupakan peristirahatan terakhir sebelum melanjutkan perjalanan menuju ke puncak merbabu. Jika Anda ingin istirahat dan mendirikan tenda diperbolehkan karena terdapat medan lapang yang cukup luas dengan rumput-rumput yang tinggi

Sabana II - Puncak Kenteng Songo

Setelah beristirahat di Sabana II, untuk sampai ke puncak merbabu Anda diharusakan menempuh perjalanan sekitar 1-2 jam. Trek menuju puncak ini berupa tanjakan, terbayang akan sangat berat dan melelahkan, Namun, Anda tidak perlu khawatir, dari Sabana II Anda akan disuguhi pemandangan yang fantastis berupa gagahnya gunung merapi, jika cuaca sedang cerah. anda akan beruntung untuk menyaksikannya.

Puncak Kenteng Songo

Total waktu untuk mencapai puncak kenteng songo ini adalah 8 – 9 jam perjalanan dengan ketinggian puncak 3.142 mdpl

Saran :

Mendaki gunung merbabu disarankan pada pagi hari kurang lebih jam 10.00 pagi atau jam 13.00, namun, jika anda berniat mendaki pada malam hari, berangkat jam 19.00 atau setelah isya adalah waktu yang tepat.

Jangan lupa berdoa sebelum mendaki dan bawa turun sampah Anda …!!!