Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Pendakian via Wekas | Setelah sebelumnya kita mengulas sedikit tentang pendakian gunung merbabu melalui postingan ini. 

Maka, Kali ini kita akan menjabarkan lebih rinci mengenai jalur yang akan kita lalui. yaitu jalur wekas. Jalur Wekas merupakan jalur yang bisa dibilang memiliki tingkat kesulitan medium, Baik baik pendaki pemula maupun yang sudah berpengalaman, memilih mendaki melalui wekas menjadi salah satu pilihan yang direkomendasikan karena jalur ini cukup ramah dan memiliki trek yang tidak terlalu sulit. Namun, walaupun begitu, persiapan matang harus tetap diutamakan. hal tersebut agar kita siap dalam menghadapi segala resiko yang mungkin terjadi.

Wekas merupakan sebuah daerah yang berada di Kabupaten Magelang yang mana dijadikan basecamp pendakian gunung Merbabu. Secara administratif, Desa Wekas masuk kedalam wilayah pemerintahan kecamatan Pakis. Jika anda berniat untuk melakukan pendakian ke gunung yang disebut memiliki tujuh puncak ini, salah satu jalur yang terkenal adalah jalur wekas. Lalu, bagaimana kita bisa sampai ke basecamp pendakian via wekas ini?

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil dari kota magelang anda bisa langsung menuju ke arah tegalrejo (tanya orang magelang, pasti semua tahu, karena tegalrejo memiliki pondok terbesar dan terkenal) dari magelang -tegalrejo, langsung saja naik terus sampai mentok dan sampai ke kecamatan pakis. Atau mungkin peta di bawah ini bisa anda jadikan acuan untuk menemukan basecamp pendakuan wekas.

Setibanya di basecamp, anda bisa langsung melakukan registrasi sembari beradaptasi dengan suhu di Gunung Merbabu. Pada waktu itu, biasa registrasi dan perizinan kurang lebih 10.000/orang (untuk tahun 2017 bisa naik). Sedangkan jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda juga akan dikenakan biaya penitipan kendaraan dengan biaya yang terjangkau. Tiba di basecamp, lebih baik lakukan perencanaan pendakian,. saran saya, jangan terburu-buru untuk langsung mendaki.

Alangkah baiknya beristirah terlebih dahulu atau menentukan jam pendakian, karena merbabu merupakan gunung yang tinggi, jadi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pendakian.

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Wekas

Lama perjalanan untuk sampai ke puncak Merbabu, jika melalui jalur wekas ini kurang lebih memakan waktu 8 – 9 jam perjalanan, namun hal tersebut tidak selalu berlaku bagi sebagian pendaki, tergantung dari kecepatan jalan dan beberapa aspek lainnya.

Jika digambarkan dengan menggunakan peta sederhana, berikut ini adalah pos-pos yang akan dilewati untuk bisa sampai ke puncak merbabu melalui jalur pendakian Utara, Berikut ulasan singkatnya :

Basecamp – Pos II

Jalur Wekas memang tidak memiliki Pos I, dari basecamp, anda akan langsung menuj pos II, kenapa bisa demikian, menurut informasi yang diterima, jalur menuju pos I sudah di non aktifkan dengan alasan karena trek nya terlalu ekstrim untuk itu, pendaki diarahkan melalui jalur lain yang langsung menuju pos II

Perjalanan dari Basecamp ke pos II anda akan dihadapkan dengan pemandangan ladang milik warga sekitar dengan trek tidak terlalu menanjak. Lalu anda akan melalui hutan pinus dengan trek yang masih sama, setelah melewati hutan pinus, barulah tanjakan mulai terlihat. Dari basecamp menuju pos II, kurang lebih menempuh perjalanan selama 135 menit, di Pos II anda bisa istirahat di daerah yang cukup lapang dan luas.

Pos II – Tugu Perbatasan ( Perbatasan Boyolali-Kab. Semarang)

Dari pos II, kita lanjutkan perjalanan menuju ke tugu perbatasan antara kab. boyolali dan kab. semarang. Tugu ini juga merupakan jalur pertemuan antara jalur wekas, jalur chuntel dan jalur kopeng/thekelan  (yang mana merupakan jalur tertua pendakian gunung merbabu) dan seringkali, di tugu ini kita akan berjumpa dengan pendaki lain dari jalur lain.

Dari pos II ke tugu membutuhkan waktu kurang lebih 60 menit perjalanan. perjalan berupa hutan-hutan dan semak-semak. Untuk bisa sampai ke tugu, cukup ikuti jalur yang sudah ada, karena jalan menuju tugu tidak terlalu banyak persimpangan.

Tugu Perbatasan – Puncak Trianggulasi (Puncak Kenthengsongo)

Dari tugu hingga sampai ke puncak trianggulasi, kita akan sering di hadapkan dengan trek yang naik turun karena trek di atas lebih seperti berupa perbukitan, yang mana anda tidak selalu berjalan menanjak. Mulai dari tugu, anda akan mulai mendapatkan pemandangan yang luar biasa indah selama perjalanan.

Namun ada satu tantangan yang harus anda lalui, yaitu “Jembatan Setan”, Jembatan setan adalah sebuah jalan yang berupa tebing yang curam. Anda diharuskan melewati trek tersebut untuk sampai ke puncak. Setelah melewati Jembatan setan ini, kita akan melewati kawah belerang gunung merbabu.

Di kawah belerang yang berwujud putih ini, anda akan menjumpai 2 kawah disana, yaitu kawah kecil dan kawah besar. Hal yang perlu di perhatikan oleh para pendaki ketika meliwati kawah belerang yaitu anda tidak bisa mengambil air secara sembarangan. Ada pipa kecil di area sektiar kawah, jika anda berniat menambah persediaan air, ambila dari pipa tersebt, jangan dari kawah, ntar keracunan.

Jika anda sudah sampai kawah belerang, tinggal sebentar lagi anda akan sampai puncak. Setelah melewati kawah tersebut, kita akan menjumpai persimpangan, tiap tiap persimpangan akan mengantarkan anda untuk sampai ke salah satu puncak dari gunung merbabu. Silakan anda nilai sendiri keindahan pemandangan dari puncak gunung merbabu.

Satu lagi, jangan lupa bawa turun sampah anda… karena pecinta alam tidak nyampah di gunung.