• Menu
  • Menu

Inilah Tempat Wisata Populer Di Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Halo sahabat Pagguci, Pada musim liburan, seperti libur sekolah, libur hari raya, atau pun libur lainnya, biasanya kita ingin mencari tempat-tempat wisata yang indah dan berkesan. Banyak orang justru lebih banyak memilih liburan keluar negeri, padahal wisata dalam negeri pun tidak kalah menarik untuk kita kunjungi. Salah satu objek wisata dalam negeri yang patut Anda coba yaitu liburan di Yogyakarta. Yogyakarta yang lebih dikenal dengan sebutan kota pelajar ini banyak tempat wisata yang menarik untuk Anda kunjungi.

Selain di kenal dengan kota pelajar jogja juga di kenal dengan aneka tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi, di jogja sendiri banyak sekali obyek wisata yang dapat di nikmati mulai dari wisata budaya dan pertunjukan kesenian sampai dengan wisata alamnya.  Jogja sering kali mengadakan acara-acara kebudayaan yang menarik untuk disaksikan seperti upacara-upacara perayaan skaten, kirap budaya, rasulan di gunung kidul dan lain-lain,  dalam acara-acara tersebut biasanya di meriahkan dengan suguhan pentas kesenian khas jawa  seperti jatilan, wayangan dan lain-lain.

Nah ada baiknya jika anda berkunjung ke jogja memperhitungkan waktu yang  berpas-pasan dengan acara-acara kebudayan di jogja, pasalnya acara-acara kebudayaan tersebut hanya di laksanakan pada waktu-waktu tertentu saja seperti skaten yang di laksanakan pada saat hari memperingati hari kelahiran (maulid) nambi Muhammad SAW.

Disamping wisata budaya anda juga dapat menikmati aneka tempat wisata yang tak kalah menarik, mulai dari tempat wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah anda bisa dapatkan di jogja, nah dalam hal ini ini saya akan mengulas mengenai beberapa tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi, di antaranya sebagai berikut.

1. Malioboro Jogja

Tempat wisata pertama yang wajib di kunjungi adalah Malioboro, berlibur ke jogja akan tidak afdol jika tidak berkunjung ke Malioboro, karena malioboro bisa di juga bilang sebagai maskotnya kota jogja selain tugu jogja.

Malioboro, ya ini merupakan tempat yang paling sering dikunjungi baik turis asing maupun turis domestik, jangan sampai Anda melewatkan jalan-jalan bersama keluarga di Malioro Yogyakarta. Sama layaknya Pasar Beringharjo, Malioboro juga jual bermacam-macam barang yang terbuat dari batik, pakaian, celana, tas, apalagi syal yang terbuat berbahan batik juga. Bermacam-macam oleh-oleh khas yogya yang murah meriah juga ada, sebut saja gelang serta bermacam kalung.

 

Malioboro ini sejatinya merupakan Nama Jalan yang membentan  dan di kanan kirinya terdapat pedagang kaki lima yang menjual berbagai kerainan dan pernik-pernik unik, oleh karena itu Malioboro ini lebih di kenl dengan destinasi wisata belanja di kota jogja.

Selain menjual pernak pernik unik para pedagang juga menjual Pakaiyan batik yang di jual relative lebih murah di banding dengan yang di jual pada toko-toko, di Malioboro ini anda dapat membeli berbagai kerajinan untuk bahan oleh-oleh yang istimewa untuk keluarga ataupun teman.

Baca Juga:  Info Kuliner Seafood Suka Mampir Yogyakarta

Bebeda di waktu siang di malam hari malioboro akan berubah menjadi surga para pecinta kuliner di sini akan di paadati oleh pedagang-pedagang  yang menjajakan aneka makanan  yang patut anda coba. Jika ingin lebih asyik, cobalah berjalan-jalan di Malioboro pada malam hari. Pada saat seperti itu dagangan kios aksesoris dan warung makan dadakan banyak tersaji di Malioboro, dan yang paling panting suasana di malam hari akan jauh lebih mengasyikan, coba saja!

Selain itu seketika anda  juga akan menjumpai pengamen jalanan  yang menggelar konser di pinggir jalan dengan musik khas nya yang menyerupai keroncong. para penonton akan berdiri mengelilingi pertunjukan musik tersebut.

2. Keraton Jogja

Keraton yang menjadi pusat pemerintahan di jogja ini di bagun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755, Keraton jogja selain  menjadi tempat tinggal raja juga menjadi pusat kebudayaan jawa yang sangat kental di dalam keraton jogja anda dapat menyaksikan secara langsung bagaimana kebudayaan jawa ini terus lestari.

Sesekali anda juga akan mendengar bunyi lonceng kyai branjanala yang terdengar di seleruh sudut keraton, di dalam kraton jogja anda juga dapat mendengar idahnya lantunan tembang jawa di iringi gamelan khas jawa yang di nyanyikan oleh seorang abdi dalem kraton.

Konon keraton ini di bangun sejajar garis lurus yang menghubungkan gunung merapi dan pantai parang tritis hal tersebut memiliki pesan filosofi tersendiri.

3. Pantai Parang Tritis

Tempat wisata yang wajib di kunjungi selanjutnya adalah Pantai Parang Tritis, siapa yang tidak mengenal keindahan pantai Parang Tritis selain di kenal dengan kindahan dan keunikanya pantai Parang Tritis juga di kenal kaya dengan cerita mistisnya konon katanya pantai Parang Tritis merupakan perwujudan  pantai selatan yang merupakan tempat kerajaan ga’ib Nyai Roro Kidul.

Yang paling unik di pantai ini adalah terdapatnya gunung dan padang pasir layaknya di timur tengah padang pasir ini terbentuk dari kikisan tebing yang ada di sekitar pantai Parang Tritis.

4. Pesisir pantai  Gunung kidul

Selain  pantai Parang Tritis jogja juga memiliki destinasi wisata pantai yang juga tidak boleh di lewatkan  yaitu deretan pantai di pesisir Gunung Kidul, di pesisir pantai Gunung kidul ini sebagian besar merupakan pantai pasir putih yang masih bersih dan asri.

Jika ingin mendapatkan keindahan Alam bersama keluarga di Yogyakarta, Anda perlu mengunjungi Pantai Sundak di Gunung Kidul Yogyakarta. Masih banyak pantai cantik yang tersaji di daerah gunungkidul. Salah satu diantara lainnya yang sangat keren yaitu pantai sundak. Ajaklah keluarga untuk datang kesana serta ajak mereka nikmati asyiknya bersantai di tepi pantai, sambil mencicipi kelapa muda dingin yang bisa Anda beli disekitar pantai.

Pantai di pesisir Gunung Kidul memang sudah sangat popular di kalangan wisatawan, tak lengkap rasanya berkunjung ke jogja tanpa menikmati indahnya pantai di pesisir gunung kidul yang sangat eksotis. Di setiap pantai di pesisir Gunung kidul ini juga memiliki keunikanya sendiri-sendiri yang tentunya sangat menarik.

Baca Juga:  Mengulas Museum Purbakala Sangiran Solo

5. Tugu jogja

Yang terakhir yaitu tugu Jogja, tugu Jogja yang merupakan maskot dari kota jogja ini juga wajib kamu kunjungi  ketika berkunjung ke kota jogja, untuk menikmati pesona tugu jogja anda sebaiknya berkunjung di malam hari di saat sepi kendaraan yang berlalu lalang dan juga tugu akan tampak lebih indah ketika terkena sinar lampu yang terletak di sekitar tugu.

Di tugu jogja  anda juga dapat berfoto-foto tapi  harus berhati-hati karena meski malam dan sudah cenderung sepi oleh kendaraan yang berlalu lalang tetapi seketika masih ada kendaraan yang akan lewat.

6. Kotagede

Tempat lainnya yang perlu Anda kunjungi adalah Kotagede, di tempat ini sudah banyak orang mengetahui banyaknya kerajinan yang terbuat dari perak. Maka tidak heran pula banyak wisatawan domestik yang berkunjung maupun wisatawan mancanegara. Masih banyak sentra pembuatan perak yang dapat dikunjungi. Dengan sigap, beberapa pengrajin dapat tunjukkan langkah pembuatan perak serta menunjukkan kerajinan perak yang telah jadi.
Pertama-tama, beberapa pengrajin dapat menjelaskan pembuatan perak, dimulai dari langkah mencari serpihan perak sampai membuatnya benang atau wujud padat yang lain. Kemudian, anda dapat diterangkan juga bagaimana menghias perhiasan atau suvenir berikut alat-alat yang dipakai. sesudah itu, anda serta keluarga akan diajak melihat prosesnya di sebelah ruang guide.
Asyiknya lagi, beberapa tempat pembuatan perak mempersilakan turis untuk belajar membuat perhiasan sendiri. Anda dan Bunda pun bisa mencoba langsung. Usai itu, langsung datang ke show room dan belilah beberapa perhiasan yang menarik untuk Anda, dan tentu Bunda.
7. Desa Krebet

Jika melihat batik pada baju merupakan hal yang biasa, sekarang Anda bisa melihat kerajinan batik pada kayu. Desa Krebet di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta adalah lokasi yang tepat jika Anda ingin mengetahui lebih jauh batik kayu. Desa Krebet sudah banyak dikenal orang sebagai tempat aneka batik pada kayu. Berbagai bentuk yang telah dibuat seperti ukiran topeng, sandal, dll berbahan dasar kayu sengon, pule, dan mahoni bisa Anda temukan disana.

Sebenarnya masih ada banyak tempat wisata  populer Yogyakarta lainnya yang bisa Anda kunjungi.

Demikian ulasan dari saya mengenai tempat wisata di jogja yang wajib dikunjungi semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

View stories

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *