Inilah 5 Museum Di Jakarta Yang Wajib Dikunjungi

0
()
Sebagai pusat pemerintahan, kota bisnis, keuangan dan jasa, Jakarta memiliki gedung-gedung tinggi yang luar biasa untuk mengakomodasi kegiatan komersial, istana presiden, pusat perbelanjaan, permukiman dan selusin lapangan golf internasional tematik. Kota ini juga dihiasi dengan berbagai monumen dan taman rekreasi yang semuanya mampu menjadi daya tarik wisata. Ada banyak museum yang berada di Jakarta beberpa diantanya merupakan museum yang wajib anda kunjungi jika jalan-jalan ke kota Jakarata. Berikut ini adalah 5 museum yang harus dikunjungi ketika Anda bepergian di Jakarta.
Museum Sejarah Jakarta
Dibangun pada 1627 dan kemudian diperluas pada 1707 hingga 1710 berfungsi sebagai gedung pemerintah kota Batavia. Koleksi koin zaman VOC, berbagai dacin atau timbangan kuno, perabot rumah tangga (furnitur) ukiran berat 17-19 abad, benda arkeologi dari zaman pra-sejarah, periode Hindu-Buddha hingga periode Islam.

 

Lokasi:
Museum ini terletak di sisi selatan Taman Fatahillah. Untuk mencapai tempat ini bisa menggunakan Transjakarta Blok M – Kota dan turun di halte bus Kota. Atau naik minibus M12 dari Pasar Senen. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada google maps pada link berikut: https://goo.gl/maps/gVvtEnvieNU2

Telepon: (021) 6929101

Museum Wayang

Museum ini memiliki koleksi lengkap berbagai jenis wayang dari daerah di Indonesia seperti wayang kulit Jawa, Bali, Betawi dan Kalimantan; pertunjukan wayang, wayang beber, boneka kardus, rumput boneka dan topeng di museum. Juga ada banyak boneka yang berbeda dari luar di antara negara-negara lain di Cina, Malaysia, India, Kamboja dan Inggris. Buka setiap hari dari 9 hingga 15 kecuali Senin.

Lokasi:
Terletak di Jl. Pintu Besar Utara 27, Taman Fatahillah. Dapat dijangkau oleh Transjakarta yang memimpin pemberhentian Kota. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat pada google map pada link berikut: https://goo.gl/maps/bg5LAxsKkmz

Telepon: (021) 6929560

Museum Nasional/Museum Gajah

Museum Nasional juga disebut Museum Gajah. Memiliki sejumlah besar benda dari berbagai budaya suku atau kelompok etnis di Indonesia seperti pakaian, alat musik, model rumah adat dan sebagainya. Di sana juga ada sejumlah besar barang tembaga yang berasal dari masa ketika kemenangan Hindu di Jawa.

Baca Juga:  Museum Angkut Malang
Lokasi:
Terletak di Jl. Medan Merdeka Barat No. 12. Dari Blok M naik Transjakarta dan berhenti di halte Monas. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada google map berikut ini: https://goo.gl/maps/m7QMj8ocjHr

Telepon: (021) 3868172

Museum Tekstil

Museum Tekstil memiliki koleksi kain Tradisional dari hampir semua wilayah di Indonesia. Toko museum ini meliputi tekstil serat kayu, tenun Bugis, songket Palembang, kain ikat dan berbagai motif batik di Indonesia, juga ada koleksi peralatan tenun tradisional dari berbagai daerah.

Lokasi:

Museum ini terletak di sebuah rumah peninggalan kolonial Belanda di Jl. Aipda Karel Satsuit Tubun 4, dekat stasiun kereta Tanah Abang. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di google map pada link berikut: https://goo.gl/maps/6fBgyKgojoB2
Telepon: (021) 5606613

Museum Bank Indonesia

Di salah satu ruang pamer besar dan museum modern ini mengungkapkan perjalanan sebagai alat tukar sejak zaman kerajaan hingga saat ini. Kumpulan uang lama menarik bahwa uang Kampua atau bida yang terbuat dari kain tenun ditenun oleh para putri kerajaan era Buton.

Lokasi:

Jl. Pintu Besar Utara No.3, RT.3/RW.6, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110. Untuk Lebih Lengkapnya bisa dilihat di google map pada link berikut: https://goo.gl/maps/wUSveT3znZM2
Telepon: (021) 2600158

Demikian informasi tentang museum yang wajib Anda kunjungi di Jakarta. Semoga bisa menjadi referensi bagi wisatawan yang akan menjelajahi setiap sudut ibukota Jakarta. Selamat bersenang-senang!

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *