Inilah 15 Tempat Wisata Terpopuler di Semarang

0
()
Apakah Anda sudah memiliki rencana untuk liburan tahun ini bersama keluarga atau orang terkasih? Jika belum, tak perlu pergi ke luar negeri, karena kota Semarang juga memiliki beragam fasilitas rekreasi mulai dari wisata alam, wisata pendidikan, hingga wisata sejarah budaya bagi Anda. Berikut ini adalah informasi mengenai berbagai tempat wisata di Semarang untuk Anda yang dapat menjadi informasi tambahan.
Tempat wisata di Semarang yang menjadi favorit
Kebun Binatang Mangkang
Via: tempat.me
Bagi anak-anak, tempat wisata yang paling menyenangkan kedua setelah kolam renang tentu adalah kebun binatang karena di sini mereka bisa menyaksikan secara langsung wujud hewan-hewan yang selama ini hanya dapat dilihat melalui layar kaca. Di kebun binatang Mangkang Semarang Anda dapat menyaksikan koleksi berbagai jenis hewan eksotis berjumlah 40 spesies yang diantaranya adalah gajah, orangutan, harimau, ular, dan sebagainya.
Hutan wisata Tinjomoyo
Via: tempat.me
Bagi Anda yang ingin menikmati bersantai dengan berpiknik di alam terbuka bersama keluarga, destinasi wisata Hutan Tinjomoyo dapat menjadi pilihan. Ratusan pepohonan yang tumbuh subur dengan lebih dari 200 jenis pohon membuat udara di sekitar lokasi bersih dan menyegarkan. Di tempat wisata Semarang yang luasnya mencapai 57.5 hektar ini berfungsi sekaligus sebagai paru-paru kota dan daerah resapan air.
Kota lama
Bila ingin merasakan suasana tempo dulu atau mengabadikannya menjadi foto bernuansa klasik yang elegan, berarti Anda harus mengunjungi daerah kota lama Semarang. Di lokasi wisata favorit Semarang ini Anda dapat menyaksikan gedung-gedung tua bergaya arsitektur abad 17 peninggalan zaman kolonial seperti Stasiun Kereta Api Tawang, Nilmij, Gereja Gedangan, Taman Sri Gunting, Marabunat, De Speigel, dan Marba.
Pantai Maron
Sebagai negara bahari, tanah air kita tentu memiliki beragam jenis pantai dengan pemandangan yang luar biasa. Salah satu di antaranya yang dapat Anda kunjungi saat berwisata ke Semarang adalah Pantai Maron. Di akhir pekan pada umumnya pantai ini penuh dengan pengunjung. Hanya saja di musim penghujan Anda sebaiknya berhati-hati berkendara menuju pantai ini karena akses jalannya yang terbuat dari tanah yang dipadatkan sehingga akan licin bila tersiram hujan. – Simak juga: 6 Wisata alam terbaik di kota Semarang
 
Lawang Sewu
Bila ingin menikmati suasana mistis yang akan menguji nyali Anda, tempat wisata di Semarang yang cocok bagi Anda adalah Lawang Sewu atau 1000 pintu. Gedung yang dibangun pada tahun 1904 ini di jaman Belanda berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api sementara pada lantai bawah dahulu merupakan penjara.
Kampoeng Wisata Taman Lele
via: 1001wisata.com
Obyek wisata Kampoeng Wisata Taman Lele adalah lokasi yang sesuai bagi liburan keluarga karena di sini tersedia beragam fasilitas bagi rekreasi keluarga. Pada lokasi wisata ini Anda akan dapat menikmati fasilitas berupa kolam renang, kebun binatang mini, danau buatan, wahana bermain anak, penginapan, dan panggung pertunjukan.
Pantai Marina
Popularitas wisata pantai Marina mungkin tak seperti pantai-pantai lain di pulau Bali atau Lombok. Tetapi bila Anda sedang berkunjung ke kota Semarang, lokasi wisata alam pantai ini layak untuk dicoba. Di sini pada umumnya wisatawan berolahraga joging, bersepeda, atau berenang. Selain itu Anda juga dapat melakukan olahraga air seperti ski air atau naik speed boat. Bagi anak-anak, tersedia wahana bermain yang pasti menyenangkan.
Pantai Tirang
Via: wisatabaru.com
Obyek wisata Pantai Tirang berlokasi tidak jauh dari bandara Ahmad Yani dan hanya sekitar 5 km saja dari Pantai Marina. Di daerah pantai yang masih asri dan bersih ini Anda bisa menyalurkan hobby memancing Anda karena merupakan habitat asli ikan kerapu dan kakap putih. Di sini juga terdapat hutan bakau alami yang indah dan merupakan rumah bagi puluhan satwa air.
Taman Rekreasi Wonderia
via: mamikos.com
Hampir sama dengan kota-kota besar yang lain di Indonesia, di Semarang juga Anda akan menemui obyek wisata berupa wahana bermain yang disebut Taman Rekreasi Wonderia. Dengan harga tiket masuk sebesar 5000 rupiah, Anda sudah dapat mengajak buah hati untuk menikmati permainan bom-bom car, kiddy boat, typhoon coaster, ghost house, super rally, merry go round, dan space gyro. Tetapi tentu saja Anda harus mengeluarkan dana lagi untuk menaiki wahana-wahana tersebut.
Klenteng Sam Po Kong
Kebudayaan masyarakat Semarang memang dapat dikatakan lekat dengan kultur Tiongkok yang ditunjukkan dengan tempat wisata di Semarang berupa tempat ibadah bagi pemeluk Taoisme Klenteng Sam Po Kong. Selain menikmati keindahan arsitektur Cina kuno, Anda juga bisa menelusuri jejak sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho. Yang menjadi ikon dari tempat wisata ini adalah patung Laksamana Cheng Ho dengan tinggi 10 meter yang didatangkan langsung dari Cina.
Kompleks Pecinan Semarang
Selain Klenteng Sam Po Kong, di destinasi wisata Gang Baru yang merupakan kompleks pecinan kota Semarang Anda juga dapat menemukan 11 klenteng yang masing-masing mempunyai nilai sejarah yang berharga. Selain itu Anda juga akan merasakan atmosfer khas Tiong Hoa di daerah ini.
Jalan Pahlawan Semarang
via: tentangsmg.com
Saat berwisata rasanya tentu kurang lengkap bila Anda tak merasakan pengalaman wisata kuliner. Bila ingin mencobanya sambil merasakan keramaian malam yang ramah dan hangat, Anda bisa berkunjung ke tempat wisata favorit Semarang Jalan Pahlawan. Beragam warung tenda yang menyediakan berbagai menu khas daerah pasti akan dapat menuntaskan rasa penasaran Anda.
Pagoda Buddhagaya Watugong
Selain merupakan tempat ibadah dan destinasi wisata religi terutama bagi pemeluk agama Budha, pagoda ini juga termasyur karena arsitekturnya yang sangat indah dan unik dengan ketinggian lebih dari 45 meter. Oleh karena itu pagoda ini dinobatkan sebagai yang tertinggi di Indonesia.
Air Terjun Kali Pancur
via: teluklove.com
Mengunjungi obyek wisata air terjun Kali Pancur dapat menjadi pengalaman wisata alam yang menakjubkan bagi Anda yang ingin rekreasi sekaligus menantang adrenalin. Betapa tidak, untuk mencapai lokasi Anda harus menempuh sekitar 900 buah anak tangga. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena perjalanan Anda tak akan terasa terlalu melelahkan karena mata kita akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan alam pegunungan yang cantik dengan udara bersih. Pada obyek wisata ini Anda juga dapat menyaksikan gua walet alami secara langsung.
Gua Kreo
Rekreasi dengan konsep caving atau jelajah gua memang menjadi trend beberapa tahun terakhir ini, dan Gua Kreo Semarang dapat menjadi salah satu referensi bagi Anda. Konon dahulu tempat wisata Semarang ini merupakan petilasan bagi wali songo. Di sekitar gua dengan kedalaman 7 meter ini Anda akan dapat berinteraksi langsung dengan ratusan kera jinak yang dikatakan sebagai penjaga tempat ini. Penduduk sekitar meyakini bahwa jumlah kera yang berada di lokasi ini selalu tetap. Penduduk bahkan tak pernah menemukai bangkai kera yang tewas di lokasi.
Referensi 15 tempat wisata di Semarang yang telah diulas di atas tentu akan dapat menambah informasi bagi Anda. Selamat berlibur!

Recommended For You

About the Author: Paguci

Travel Information | Adventure - panduan perjalanan dan wisata di indonesia, itinerary, info tiket, info hotel, cerita perjalanan, tips traveling, inpirasi liburan dan berita wisata terkini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *