Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Gunung Merbabu | Hal Ini Penting Kamu Ketahui Sebelum Mendaki

/
13 Views
img

Gunung Merbabu – Sekali-kali berwisata menyatu dengan alam akan menambah rasa syukur kita kepada sang pencipta, bahwasanya Dia telah menciptakan alam Indonesia dengan sangat sempurna dan begitu indah. Berencana liburan awal tahun bisa dengan mendaki gunung, menikmati negeri di atas awan, bercengkrama dengan sunrise dan juga menyatu dengan alam untuk menikmati keagungan yang Maha Kuasa.

Salah satu gunung di pulau jawa yang memiliki sunrise dan pemandangan yang paling indah adalah Gunung Merbabu. Yaitu sebuah gunung yang terletak di provinsi jawa tengah, kabupaten Magelang

Jika anda melakukan sebuah survey sederhana, tentang gunung yang pantas untuk di daki adalah….

Gunung Merbabu Menjadi salah satu gunung yang menempati posisi teratas dan terkenal akan keindahan panorama yang dimiliki. Secara geografis, letak Gunung Merbabu berada di 4 wilayah kabupaten di Jawa tengah, yaitu, Kab. Magelang, Salatiga, Boyolali, dan Semarang.

Bagi pemula maupun yang sudah berpengalaman, mendaki Gunung merbabu menjadi salah satu rekomendasi. Karena gunung ini bisa dibilang cukup ramah untuk pendaki pemula. Lalu, selain trek yang cukup mudah, apa lagi yang akan kita nikmati di sana?

  • Sabana, padang rumput
  • Bukit-bukit,
  • Hutan homogen
  • Pemandangan sunrise
  • Pemandangan gunung-gunung di sekitar merbabu
  • dan juga beberapa hal menarik lainnya
Info Mengenai Gunung Merbabu
  • Gunung merbabu merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif.
  • Terakhir meletus pada tahun 1797
  • Aman untuk pendaki
  • Ketinggian Gunung Merbabu 3.145mdpl, cukup tinggi untuk ukuran sebuah gunung di pulau jawa
  • Memiliki beberapa puncak yang terkenal

Gunung Merbabu, jika Anda bisa menaklukan untuk sampai ke puncak, anda akan mendapatkan lebih dari yang anda kira.. percayalah..

Jalur Pendakian Gunung Merbabu

Pendakian Gunung Merbabu memiliki 3 jalur utama, yang sebenarnya bisa lebih, tapi disini admin hanya akan menuliskan 3 saja. Dimana setiap trek memiliki karakteristik berbeda-beda. Anda bisa menentukan jalur mana yang akan kalian lewati dengan mempelajari terlebih dahulu jalur dipilih.

3 Jalur resmi tersebut yaitu :

  1. Jalur Selo Magelang / Boyolali
  2. Jalur Kopeng / Thekelan
  3. Jalur Wekas

Sedikit ringkasan mengenai masing-masing jalur pendakian

Baca Juga:  Info Lengkap Gunung Cikuray Terbaru

Jalur pertama, Via Selo merupakan salah satu jalur favorit para pendaki, karena trek melalui Selo memiliki beberapa trek bonus, Anda bisa menuju basecamp selo dari Arah magelang maupun Boyolali. Dan jalur ini merupakan salah satu jalur pendakian merbabu yang ramai, karena ramah bagi pemula.

Jalur Kedua, Via Kopeng/Thekelan atau jalur utara bisa anda tuju jika anda dari arah semarang atau salatiga. Jalur ini terkenal lebih ekstrim dan sulit, bagi para pemula lebih baik menghindari jalur ini dan memilih alternatif lain

Jalur Ketiga, Via Wekas Magelang kurang lebih memiliki trek yang mirip dengan jalur kopeng, walaupun jalur kedua dan ketiga ini memiliki trek yang sulit, namun jangan salah, anda akan mendapatkan pemandangan yang luar biasa dan juga menantang

Bagi pemula, saya lebih merekomendasikan untuk memilih via Selo,

Hal Yang Perlu di Ingat

Mengingat bahwa suhu di Gunung Merbabu terasa lebih dingin dibandingkan dengan puncak gunung lainnya, kami menghimbau untuk lebih mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang jika anda ingin mendaki gunung merbabu, dan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti hipotermia, agar bisa cepat ditangani dengan baik.

Mitos Gunung Merbabu

Tak ada yang mengelak jikalau pulau jawa merupakan gudangnya mitos, begitu pula dengan Gunung Merbabu, gunung gagah yang satu ini juga tidak luput dari kisah kisah misteri maupun mitos yang beredar di kalangan para pendaki. Yang membuat pendakian ke gunung merbabu menjadi lebih menarik dan memiliki cerita tersendiri.

Apa saja mitos atau kisah yang melekat di Gunung Merbabu ini?

Pasar Setan : sepertinya pasar setan merupakan kisah yang menarik dari setiap gunung yang berada di indonesia, salah satunya berada di Gunung Merbabu, Gunung Merbabu juga memiliki spot atau titik yang terkenal dengan pasar setan. dan hal ini dibuktikan oleh beberapa pendaki yang menjumpai keramaian bak pasar di atas gunung merbabu. Kisah tentang pasar setan ini berulang kali dituturkan oleh para pendaki yang melewati tanjakan setan di Gunung Merbabu.

Watu Gubug: atau Batu Gubug adalah sebuah titik dimana terdapat gugusan batu yang membentuk seperti gubug / atau lebih seperti goa dari tumpukan batu. menurut kisah yang beredar, watu gubug ini merupakan pintu masuk kerajaan ghaib yang berada di gunung merbabu

Macan Merbabu: Dikisahkan oleh masyarakat di sekitar lereng gunung merbabu, bahwa terdapat seekor macan loreng yang sering mengaum, konon katanya, macan tersebut adalah macan ghaib yang mendiami gunung merbabu. padahal, menurut data dari pemerintah setempat, di gunung merbabu tidak ada lagi macan. hal itu lah yang menjadi misteri di Gunung Merbabu

Hantu Minta Gendong: dikisahkan dari pengalaman salah seorang pendaki, bahwa pernah ada hantu berparas cantik yang minta gendang disalah satu jalur pendakian.

dan masih banyak lagi misteri dari Gunung Merbabu

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar