Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Hariang Bulu Begonia Tanman Survival Yang Bisa Dimakan Dihutan

/
390 Views
Hariang bulu adalah salah satu dari sekian banyaknya tanaman yang bisa dimakan di gunung atau di hutan. hariang bulu!! ya begitulah orang-orang di daerah saya menyebut tanaman ini. Di daerah lain ada juga yang menyebut tanaman ini Calingcing, 
Tanaman semak belukar ini tumbuh di tempat  yang lembab dan di tanah yang banyak mengandung  air. Tanaman ini juga tumbuh hampir di setiap gunung dan hutan di indonesia. Ciri-ciri tanaman ini yaitu hampir di semua bagian, baik batang maupun daunnya berbulu, batangnya berwarna merah tua dan daunnya berwarna hijau tua sedikit kekuning-kuningan dan bentuknya mirip daun labu siam. Bagian yang bisa dimakan dari tanamn ini yaitu mulai dari batang sampai daunnya, tapi disarankan makan bagian batangnya saja dan pilihlah yang masih muda.
 

Meski pun tanaman ini berbulu, tapi jangan khawatir tanaman ini bisa dimakan, aman, tidak beracun dan dijamin halal. Hal yang paling penting sebelum memakan tanaman Calingcing ini yaitu mengupas atau menguliti kulit bagian luar untuk menghilangkan bulu-bulunya. Setelah membuang bulu-bulunya tanaman Calingcing ini bisa langsung di makan mentah tanpa harus dimasak terlebih dulu. Tanaman Calingcing ini rasanya asam enak dimakan pada siang hari, hhmmmm lumayanlah buat mengganjal sementara perut yang keroncongan saat di hutan.

Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk survival. Batangnya mengandung air dengan rasa asam sama seperti rasa belimbing sayur. Untuk pemanfaattannya, patahkan batangnya lalu kupas kulitnya yang mengandung bulu. Tumbuhan ini juga bisa dimakan mentah, umbi dan daunnya juga bisa dimakan. Tanaman ini juga bisa dijadikan obat untuk pengobatan demam. Caranya, rebuslah umbi hingga batang dan daunnya, di rebus sampai mendidih lalu disaring airnya dan minumkan ke penderita.


Ada lagi nih, salah satu manfaat dari tanaman Hariang bulu  ini yaitu bisa dipakai untuk keramas dan katanya dapat menghilangkan ketombe dengan cara menumbuk tanaman ini, tapi jangan terlalu halus menumbuknya!. Tumbukan Hsriang Bulu ini langsung dapat di pakai keramas tanpa harus mencampur dengan bahan-bahan lain. Setelah itu barulah  bilas ranbut hingga bersih.
Nah sekarang untuk sobat yang memiliki masalah dengan ketombe, tips tersebut boleh di coba, selamat mencoba dan semoga berhasil….!!!

Baca Juga:  Cara Menghindari Abu Vulkanik
  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat