Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Goa Jomblang

/
236 Views
0
()

Halo sahabat Pagguci, apa kabar kalian para petualang pecinta kegiatan alam bebas? Sudah naik gunung mana aja nih? Eh, jangan mendaki gunung terus dong! kali kali nyobain petualangan baru lah, misalnya menyur goa gitu. Goa Jomblang Gunung Kidul yang ada di Jogja boleh tuh dicobain. Berwisata dan menjelajah rame-rame sepertinya akan seru banget.

Sensasi bergelantung di atas tali sekitar 3 menit untuk menuruni dasar goa diperlukan nyali. Namun sensasi melihat bebatuan dan pohon sepanjang perjalanan membayar lunas rasa was-was. Jadi untuk Anda yang tidak memiliki keahlian menurni goa juga tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan jasa pemandu profesional yang ada disana.

Goa Jomblang merupakan sebuah goa vertikal dengan tipe colapse doline yang terbentuk karena proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun yang lalu.

Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yangmembuat unik karena di dalam gua terdapat luas mulut gua sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang. Gua Jomblang terletak di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Saat ini Gua Jomblang merupakan tempat konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi tempat wisata minat khusus yang mana dikelola oleh penduduk atau warga setempat. Untuk menuruni gua vertikal ini pihak pengelola sudah menyediakan perlengkapan lengkap sesuai standar keselamatan caving di gua vertikal.

Sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman gua yang gelap gulita. Air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan. Tidak salah jika banyak orang terkagum-kagum datang ke sini ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah “cahaya surga”.

Daya Tarik

Goa Jombalng Bagian Luar

Wisata Goa Jomblang Jogja ternyata merupakan salah satu tempat wisata terindah Di Yogyakarta. Siapa sangka bahwa banyak orang yang menyebutnya dengan cahaya surgawi. Tempat ini dulunya ada di wilayah Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta akan tetapi karena sudah termasuk dalam wilayah Provinsi Yogyakarta, maka banyak yang menyebutnya dengan Goa Jomblang.

Baca Juga:  Tanah Lot Bali

Di sana terdapat keunikan yang sangat menarik. Apakah itu? Yakni terdapat cahaya yang masuk dari mulut goa dan berada di atas goa. Bahkan tidak hanya itu saja, Goa Jomblang menjadi terlihat lebih indah, hal ini karena goa ini di tumbuhi pepohonan hijau di dalamnya. Tentunya sangat menambah sejuk pemandangan bukan? yang mana dalam hal ini terdapat pesona keindahan tersendiri. Itu semua menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berdatangan di Goa Jomblang Jogja.

Misteri & Sejarah

Goa Jombalng Gunung Kidul

Tentunya Anda semakin penasaran dengan misteri di goa jomblang Jogja kan? Nah, sedikit saja ternyata goa ini merupakan salah satu dari sekitar 500 goa di wilayah pegunungan karst Gunung Kidul. Diameternya saja sekitar 50 meter, dahulu masyarakat setempat percaya termasuk tempat pembunuhan massal PKI pada tahun 1970-an. Wah sangat misterius ya? Hal itulah yang membuat orang takut.

Selain itu juga karena dulunya banyak penjelajah yang masuki goa jomblang ini dan tidak bisa kembali, otomatis orang bingung, apakah sudah meninggal atau bagaimana tidak ada yang mengetahuinya. Namun, sempat pernah di adakan acara doa bersama dan setelah itu kejadian aneh tidak pernah terjadi lagi sampai hari ini.

Keindahan & Panorama

Batu Goa Jombalng

Jika dilihat dari atas, goa Jomblang memang sangat indah dan menarik. Siapapun tentunya tergoda untuk masuk ke dalamnya. Namun, jika Anda tertarik untuk berkunjung ke sana tentunya harus ada sebuah pengorbanan ya. Jangan salah ya semua itu dapat terbayar lunas dengan aneka pemandangan alam yang masih bernuansa alami di sana kok.

Lebih lanjut, ternyata di dasar goa terdapat pohon yang tumbuh subur dan dindingnya yang di selimuti oleh semak maupun lorong. Serunya itu dapat menghubungkan Anda dengan goa lain yaitu goa Goa Grubug. Goa jomblang ini juga di percaya oleng sebagian besar masyarakat dapat tembus sampai ke laut selatan juga , tempatnya tokoh gaib Nyai Roro Kidul.

Tidak cukup itu saja ya, ternyata di Goa Jomblang Jogja Anda bisa menyaksikan sebuah Stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan. Stalagmit tersebut menjadi sebuah pemandangan yang sangat menakjubkan dan sinar mataharinya sendiri juga dapat menembus kegelapan yang ada di dalam goa. Nah, itulah yang menjadi fenomena unik yang luar biasa eksotis.

Baca Juga:  Kumpulan Wisata Danau Cantik Di Bandung Untuk Liburan

Tiket Masuk

Tempat Reservasi Goa Jombalng

Untuk memasuki Goa Jombalang pengunjung dikenan tarif yaitu Rp. 400.000/orang. Datang sebelum jam 10 ya di lokasinya karena hanya ada satu shift setiap harinya.

Fasiltasnya:

  • Full body harness, boots dan helm, headlamp atau senter bawa sendiri yaa. Baju siap kotor!
  • Dengan Fullbody harness turun kebawah dikerek manual warga lokal, pun naiknya ditarik manual berbondong-bondong dengan bantuan zumar.
  • Guide
  • Makan siang berupa nasi box dan botol aqua 600ml sehabis eksplorasi
  • Kamar mandi dan kakus

Eksplorasi dimulai pukul 10an bergantian, dua orang sekali naik-turun, turun di mulut goa jomblang. Ada sekitar 4-5 guide yang akan menemani dibawah. Eksplorasi hanya dari goa jomblang ke goa grubug sampai jam 1 siang. Foto-foto di goa grubug.

Untuk Pecinta Alam & Speleolog

Untuk para pecinta alam dan speleolog bisa langsung scroll ke bawah (jauhh lebih murah kalau kita rigging sendiri)

Kalian bisa rigging di goa jomblang atau goa grubug. Waktu itu saya lihat beberapa anak mapala sedang rigging di mulut goa jomblang, bersebrangan dengan tempat turis turun. Tempat riggingannya agak susah, harus turun kebawah dikit ke tempat yang sempit dan anchoran mungkin hanya grade silver dan bronze.

Goanya sangat luas dan besar, yang ditawarkan untuk turis jauh dari yang bisa kita lakukan sebagai pecinta alam, mappingnya kelihatan susah.

Alamat & Lokasi

Tempat Wisata Goa Jomblang tepatnya yakni terletak di Yogyakarta Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan jarak sekitar 10 km dari kota Wonosari. Sangat strategis bukan? Sehingga Anda dapat dengan mudah berkunjung ke sana ya. Akses menuju lokasi Goa Jomblang sendiri juga mudah.

Peta Lokasi

Bagaimana tidak Anda dapat menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi juga ya. Bahkan, jika anda datang dari luar kota dapat langsung saja naik bus dan menuju Terminal Giwangan Yogyakarta. Misalnya jika Anda dari Terminal Giwangan, langsung saja naik bus jurusan Wonosari untuk menuju Kecamatan Semanu lalu ke Lokasi Goa Jomblang

Demikian tadi informasi yang di sajikan terkait misteri goa jomblang yang ada di Yogyakarta. Walaupun berkesan misteri namun, keindahan yang di suguhkan tidak akan membuat Anda menyesal berkunjung ke sini kok. Semoga dapat bermanfaat, terimakasih.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat