Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Gili Trawangan

/
35 Views
img

Tempat wisata di lombok yang terpopuler dan salah satu destinasi wajib dikunjungi tentu adalah Gili Trawangan. Belum lengkap rasanya mengunjungi Pulau Lombok apabila belum menyambangi Gili. Saya merasakannya sendiri saat berwisata kemari. Pemandangan alam yang indah dan suasana yang menyenangkan langsung menghilangkan semua rasa penat. Gili Trawangan tidak hanya populer di kalangan wisatawan domestik namun juga di kalangan wisatawan mancanegara. Hal ini turut dibuktikan dengan masuknya Gili ke dalam Top 10 Region yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi di dunia versi Lonely Planet Best pada tahun 2011. Di sini saya juga melihat sendiri banyaknya wisatawan mancanegara yang datang berkunjung. Gili di Lombok menawarkan keindahan yang tak kalah dari pantai-pantai di Bali atau di bagian Indonesia lain. Keeksotisannya mampu menyihir orang-orang dari berbagai belahan dunia untuk datang berkunjung.

Lokasi Gili Trawangan

Gili Trawangan masuk kawasan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Secara administratif, lokasinya masuk dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat dan ada di arah barat laut dari Pulau Lombok. Gili ini merupakan sebuah pulau kecil dengan panjang kira-kira dua kilometer dan lebar satu setengah kilometer. Saya bahkan dapat mengelilingi pulau kecil nan indah ini dengan berjalan kaki selama dua jam. Di sini, saya juga tidak menemukan adanya aktivitas kendaraan bermotor. Menggunakan kendaraan bermotor termasuk kegiatan yang dilarang. Hal ini bertujuan untuk menjaga kawasan Gili agar senantiasa alami dan bersih dari polusi. Apabila wisatawan lelah berjalan kaki, alternatifnya adalah menggunakan sepeda sewaan atau menaiki delman yang disediakan di sana. Tidak sekedar memukau dengan daratannya yang bebas polusi, di Gili saya juga menemukan pantai dengan pasir putih yang sangat jernih serta air laut berwarna biru.

Daya Tarik Gili Trawangan

Daya tarik dari objek wisata terpopuler di Lombok ini tak lepas dari banyaknya spot menarik yang bisa dikunjungi wisatawan. Mulai dari pantainya yang berpasir putih dan panorama pantainya yang tampak begitu indah. Gili Trawangan juga menawarkan alam bawah laut yang begitu indah. Wisatawan bisa melakukan kegiatan snorkelling atua diving di sini. Lisensinya sudah internasional sehingga tidak perlu khawatir lagi. Bagi saya yang tidak bisa berenang ataupun menyelam, sekadar bersantai menikmati Gunung Agung dan Gunung Rinjani dari kejauhan saja sudah cukup memuaskan. Yang tak kalah menarik dari Gili Trawangan adalah pemandangan sunset alias matahari terbenam. Keindahan sunset di Gili sudah sangat terkenal di mana wisatawan biasa mengabadikannya dalam bentuk foto.

Cara Mencapai Gili Trawangan

Akses menuju Gili Trawangan tidaklah sulit, apalagi mengingat objek wisata ini sudah sangat populer sampai ke wisatawan mancanegara. Perjalanan menuju Gili bisa dimulai dari Pulau Bali. Agar bisa segera tiba ke Gili, wisatawan dapat menaiki angkutan umum yang berasal dari Kota Mataram. Rute perjalanannya adalah dari Mataram ke Rembiga, Pamenang dan dilanjutkan dengan menggunakan kapal sampai Trawangan. Waktu tempuhnya sekitar empat puluh lima menit. Begitu sampai di pelabuhan Trawangan, akan dapat dijumpai banyak biro travel yang menawarkan paket wisata, mulai dari menyelam atau diving, snorkelling hingga naik cidomo atau delman dan lain-lain. Kelengkapan sarana dan prasarana seperti restoran dan hotel sudah pasti banyak tersedia karena objek wisata ini selalu ramai oleh wisatawan. Menghabiskan liburan di Gili akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak mudah untuk dilupakan.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar