Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Gili Meno Lombok

/
73 Views
img

Wisata di Lombok tak pernah jauh-jauh dari Gili. Selain Gili Trawangan yang memang sangat populer sebagai tujuan wisata di Lombok, masih ada lagi Gili Meno. Saat berkunjung ke Lombok, saya lebih memilih untuk berwisata ke Gili Meno ini untuk menikmati suasana yang damai. Tidak hanya itu, pemandangan alamnya juga sangat indah. Tidak heran apabila gili yang satu ini seringkali menjadi tujuan bulan madu pasangan yang baru menikah. Ketenangan yang eksotis di gili menjadikannya memiliki nilai plus tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, termasuk saya sendiri saat berada di sana. Gili ini sebenarnya kurang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena ukurannya paling kecil dan diapit dua gili terkenal lainnya, yaitu Gili Trawangan dan Gili Air. Namun justru hal ini yang menjadikannya menarik karena pemandangan yang tersaji di sana menjadi sangat indah.

Lokasi Gili Meno

Untuk menikmati keindahan Gili Meno, wisatawan dapat mengunjungi Lombok Utara di Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tepat bersebelahan dengan Gili Trawangan. Saya sendiri mengunjungi gili ini sepulangnya dari Gili Trawangan. Tentunya akan sangat disayangkan apabila sudah berkunjung ke Gili Trawangan namun tidak menengok gili lain yang ada persis di sebelahnya. Ragam kegiatan yang dapat dilakukan di sini selain berenang dan menikmati keindahan bawah laut adalah berbaring di pantai yang memiliki pasir putih sambil menikmati keindahan birunya air laut. Keindahan bawah laut di sini juga tak kalah eksotis. Biodiversitasnya dapat disaksikan langsung dengan cara melakukan snorkeling atau menyelam. Dengan sekadar berenang saja wisatawan sudah dapat menikmati alam bawah laut di gili ini.

Daya Tarik Gili Meno

Dibandingkan dengan dua gili lainnya, Gili Meno yang menawarkan suasana damai memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, keunggulan lain dari gili ini adalah adanya satui – satu nya tempat wisata di lombok yang memiliki danau air asin yang dikellingi hutan bakau dan menjadi sarang dari berbagai macam jenis burung. Danau ini juga cukup luas sehingga wisatawan bisa puas menikmatinya. Saya bahkan berkesempatan untuk melihat burung-burung tersebut secara langsung tepatnya di Bird Park Homestay. Taman burung ini letaknya tepat di tengah dari Gili Meno atau sekitar seratus meter dari danau. Menjelajahi gili juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, terutama karena ukurannya relatif kecil. Saya menjelajahi gili sambil menikmati matahari terbenam saat berkunjung kemari. Jika merasa lelah wisatawan bisa menyewa sepeda atau cidomo. Ragam daya tarik dari gili ini akan membuat wisatawan tidak bisa menolaknya. Pastikan semua gili yang ada di Lombok masuk dalam daftar tempat yang dikunjungi saat berada di Nusa Tenggara Barat.

Cara Mencapai Gili Meno

Untuk bisa sampai dan menikmati keindahan Gili Meno, ada dua rute yang bisa diambil oleh wisatawan. Jalur pertama adalah dari tepi pantai dengan rute Mataram menuju Senggigi lalu Pemenang. Waktu tempuh yang dibutuhkan adalah sekiar satu jam lamanya menggunakan kendaraan bermotor. Pemandangan laut yang biru dan jernih akan menghiasi sepanjang perjalanan. Jalan kedua adalah jalan yang saya tempuh, yaitu melewati Mataram menuju Pusuk kemudian sampai di Pemenang. Rute ini cocok bagi wisatawan yang menyukai kekayaan hayati karena akan melewati daerah hutan Pusuk Pass. Rute kedua ini memakan waktu sekitar empat puluh lima menit sehingga lebih cepat samapi. Rute manapun yang diambil, wisatawan akan mencapai dermaga Bangsal untuk kemudian menyeberang ke gili.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar