Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Gili Meno Lombok

/
216 Views
0
()

Wisata di Lombok tak pernah jauh-jauh dari Gili. Selain Gili Trawangan yang memang sangat populer sebagai tujuan wisata di Lombok, masih ada lagi Gili Meno. Saat berkunjung ke Lombok, saya lebih memilih untuk berwisata ke Gili Meno ini untuk menikmati suasana yang damai. Tidak hanya itu, pemandangan alamnya juga sangat indah.

Tidak heran apabila gili yang satu ini seringkali menjadi tujuan bulan madu pasangan yang baru menikah. Ketenangan yang eksotis di gili menjadikannya memiliki nilai plus tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung, termasuk saya sendiri saat berada di sana.

Gili ini sebenarnya kurang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena ukurannya paling kecil dan diapit dua gili terkenal lainnya, yaitu Gili Trawangan dan Gili Air. Namun justru hal ini yang menjadikannya menarik karena pemandangan yang tersaji di sana menjadi sangat indah.

Pulau Gili Meno terkenal akan wisata pantai dan beberapa resort di sekitarnya. Bahkan Pulau Gili Meno menjadi destinasi wisata pantai terbaik versi Tripadvisor tahun 2017. Hampir semua bagian pantai di Gili Meno menyajikan pemandangan yang sangat indah. Tak heran jika Pantai Gili Meno jadi idola baru wisatawan lokal hingga mancanegara.

Pulau Gili Meno sendiri dihuni kurang lebih 400 orang yang bermukim di pinggiran pulau yang dekat dengan akses untuk keluar-masuk pulau. Suasana di Pulau yang disebut juga Pulau Penyu ini masih sangat asri, bahkan listrik di sini hanya tersedia di penginapan-penginapan tertentu yang mempunyai generator sendiri. Bahkan, untuk bahan bakar memasak, sebagian warga masih menggunakan kayu bakar.

Daya Tarik

Dibandingkan dengan dua gili lainnya, Gili Meno yang menawarkan suasana damai memang menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, keunggulan lain dari gili ini adalah adanya satui – satu nya tempat wisata di lombok yang memiliki danau air asin yang dikellingi hutan bakau dan menjadi sarang dari berbagai macam jenis burung.

Danau ini juga cukup luas sehingga wisatawan bisa puas menikmatinya. Saya bahkan berkesempatan untuk melihat burung-burung tersebut secara langsung tepatnya di Bird Park Homestay. Taman burung ini letaknya tepat di tengah dari Gili Meno atau sekitar seratus meter dari danau.

Menjelajahi gili juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan, terutama karena ukurannya relatif kecil. Saya menjelajahi gili sambil menikmati matahari terbenam saat berkunjung kemari. Jika merasa lelah wisatawan bisa menyewa sepeda atau cidomo. Ragam daya tarik dari gili ini akan membuat wisatawan tidak bisa menolaknya. Pastikan semua gili yang ada di Lombok masuk dalam daftar tempat yang dikunjungi saat berada di Nusa Tenggara Barat.

Aktivitas

Ragam kegiatan yang dapat dilakukan di sini selain berenang dan menikmati keindahan bawah laut adalah berbaring di pantai yang memiliki pasir putih sambil menikmati keindahan birunya air laut. Keindahan bawah laut di sini juga tak kalah eksotis. Biodiversitasnya dapat disaksikan langsung dengan cara melakukan snorkeling atau menyelam. Dengan sekadar berenang saja wisatawan sudah dapat menikmati alam bawah laut di gili ini.

Baca Juga:  Tempat Wisata Alam di Jabodetabek Murah dan Dekat Stasiun

Pulau Gili Meno yang juga kerap disebut Pulau Penyu ini memiliki beberapa daya tarik selain wisata pantai itu sendiri. Jika ingin menikmati suasana pantai, anda bisa melakukan aktivitas jalan kaki mengelilingi hamparan pasir pantai dengan pemandangan yang luar biasa. Jika tak mau berjalan kaki, anda bisa menyewa cimodo atau sepeda untuk mengelilingi pulau.

Pulaunya tidak begitu luas koq, jadi anda masih bisa berkeliling pulau dengan berjalan kaki. Tentunya, anda juga bisa berenang di pantainya yang masih asri dan jernih. Saking jernihnya anda bisa berenang sambil melihat aneka terumbu karang dan aktivitas penyu yang tersebar hampir di seluruh penjuru pulau. Apalagi jika anda punya hobi snorkeling, keseruan dan pengalamannya tidak akan tergantikan.

Puas berenang dan melakukan aktivitas snorkeling, anda juga bisa melanjutkan wisata anda di Pulau Gili Meno dengan mengunjungi Gili Meno Bird Park. Taman Burung Gili Meno ini juga menjadi salah satu tujuan wajib jika ke sini. Ada banyak spesies burung yang bisa anda temui di Gili Meno Bird Park, antara lain anda bisa melihat spesies burung elang, flamingo, beo, jalak bali hingga burung pelican.

 Sayangnya, pihak manajemen kurang begitu aware dengan tempat ini, sehingga semakin lama kondisi Gili Meno Bird Park seperti tidak terurus. Menurut para pengunjung, kondisinya tidak terawat sehingga banyak spot yang mengalami kerusakan. Tiket masuk ke Gili Meno Bird Park ini harganya Rp 50.000

Selain aktivitas di pantai dan mengunjungi Gili Meno Bird Park, anda juga bisa mengunjungi tempat penangkaran penyu yang ada di Gili Meno. Awalnya, penangkaran ini dikelola oleh sebuah LSM swasta dari Italia, yang kemudian mendapatkan bantuan operasional dari pemerintah dan turis yang berkunjung. Di penangkaran penyu di Gili Meno ini anda bisa melihat anak-anak penyu atau biasa disebut tukik yang dirawat, sebelum kemudian beranjak dewasa dan dilepaskan ke laut.

Ada pemandu yang bisa membantu anda menjelaskan berbagai pengetahuan seputar dunia penyu. Ketika ke sini, jangan coba-coba ganggu penyu-penyu itu ya, karena mereka ini mudah stress yang bisa mengganggu pertumbuhannya, jadi cukup dilihat dan difoto-foto saja.

Jika anda memilih sekedar berjemur di pantainya, juga tidak ada salahnya. Berkunjung lah ketika bulan Mei hingga September, karena cuacanya sedang panas dan sangat tepat untuk berjemur dan beraktivitas di pantai. Hindari ke sini saat bulan Oktober hingga April, karena cuacanya kebanyakan hujan, sehingga anda akan kesulitan beraktivitas di sekitar pantai. Terlebih jika hujan turun dari pagi hingga malam, otomatis anda hanya bisa berdiam di penginapan.

Di Pulau Gili Meno, anda juga bisa berkunjung ke Danau Air asin yang berada di sebelah barat pulau. Dikelilingi oleh hutan bakau, Danau Air Asin Gili Meno menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan ekosistem yang banyak dihuni burung, terutama burung elang.

Resort dan Penginapan

Untuk tempat menginap dan beristirahat, di Pulau Gili Meno tersebar banyak resort serta penginapan yang bisa anda gunakan. Antara lain Mahamaya Boutique Resort bertarif Rp 2.5 juta hingga Rp 3 juta per malam. Les Villas Ottalia dengan tarif mulai Rp 900.000, Hotel Gazebo Meno dengan tarif mulai Rp 780.000, Avia Villa dengan tarif mulai Rp 1.8jt, Karma Reef dengan tariff mulai Rp 1.8jt, Seri Resort Gili Meno mulai Rp 500.000.

Baca Juga:  Leuwi Tonjong | Info Tiket Masuk Terbaru & Lokasi Lengkap

Jika anda memiliki budget menginap Rp 300.000-an anda bisa menginap di hotel Sunset Gecko. Meski sederhana, pemandangan dan fasilitasnya masih rekomended. Sementara jika anda menginginkan lokasi yang dekat dengan pantai, anda bisa memilih Mahamaya Boutique Resort, Seri Resort Gili Meno atau Avia Villa. Ketiga resort ini berada persis didekat pantai.

Lokasi

Untuk menikmati keindahan Gili Meno, wisatawan dapat mengunjungi Lombok Utara di Nusa Tenggara Barat. Lokasinya tepat bersebelahan dengan Gili Trawangan. Saya sendiri mengunjungi gili ini sepulangnya dari Gili Trawangan. Tentunya akan sangat disayangkan apabila sudah berkunjung ke Gili Trawangan namun tidak menengok gili lain yang ada persis di sebelahnya.

Karena posisinya yang terapit ini menjadikan Pulau Gili Meno kurang begitu terdengar oleh wisatawan, sehingga menjadikan Pulau Gili Meno menawarkan wisata pantai dan alam yang masih asri. Mungkin sekarang sudah mulai ramai juga wisatawan yang datang ke sana, setelah dinobatkan menjadi wisata pantai terbaik di Indonesia tahun 2017.

Peta Lokasi

Panduan Jalur

Untuk mencapai pulau Gili Meno, ada dua rute yang bisa anda gunakan, yakni melalui Pulau Bali atau Pulau Lombok. Keduanya menggunakan jalur laut alias menaiki perahu. Jadi jika anda mempunyai masalah dengan perjalanan laut, siapkan obat-obatan anti mabuk untuk jaga-jaga. Karena perjalanan menuju Gili Meno juga lumayan lama.

  • Rute Gili Meno dari Pulau Bali

Jika menggunakan jalur dari Pulau Bali, anda bisa menuju pelabuhan Benoa atau Padangbai terlebih dahulu. Biaya perjalanan akan lebih murah menuju Pulau Gili Meno jika melalui pelabuhan Padangbai namun, akan lebih lambat jika dibandingkan menggunakan fast boat melalui pelabuhan Benoa. Untuk perjalanan dari Pelabuhan Padangbai membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit. Untuk tiket boat dari Pulau Bali ke Gili Meno harganya sekitar Rp 300.000 sampai Rp 500.000.

  • Rute Gili Meno dari Pulau Lombok

Kalau anda menggunakan jalur dari Pulau Lombok menuju Pulau Gili Meno, anda tidak bisa langsung berangkat setelah menaiki perahu di Bangsal Harbor. Pasalnya anda diharuskan menunggu hingga penumpang penuh, baru bisa berangkat. Biasanya perahu baru berangkat jika penumpang sudah berisi 20 orang. Perjalanannya sendiri memakan waktu kurang lebih 1 jam.

Tipsnya jika anda menggunakan jalur dari Pulau Lombok ke Pulau Gili Meno adalah dengan datang di pelabuhan sekitar pukul 15.00 – 16.00 karena biasanya perahu tidak akan mengantarkan penumpang lagi setelah pukul 17.00. Atau dengan menaiki perahu yang menuju ke Gili Trawangan dan anda menginap 1 malam di sana. Baru kemudian besok paginya anda bisa menaiki perahu boat dari Gili Trawangan menuju Gili Meno. Untuk harga tiket perahu dari Pulau Lombok ke Gili Meno sendiri harganya sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000.

Brikan Bintang Penilaian Kamu Terhadap Tempat ini

Average rating / 5. Vote count:

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
WhatsApp chat