Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Gili Air

/
42 Views
img

Wisata gili alias pulau merupakan wisata yang paling populer dan paling direkomendasikan apabila mengunjungi Lombok di Nusa Tenggara Barat. Selain Gili Trawangan yang paling terkenal, ada lagi Gili Air. Sesuai namanya, di sini wisatawan dapat menikmati berbagai aktivitas yang berhubungan dengan air. Wisata ini tentunya akan menjadi pilihan utama bagi wisawatan yang menyukai kegiatan air dan juga wisata bahari. Saat saya berkunjung kemari pun, kegiatan air memang menjadi salah satu kegiatan unggulan yang banyak dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung. Mulai dari wisatawan domestik hingga mancanegara semuanya memenuhi lokasi wisata ini karena keindahan panorama alam yang ditawarkannya.

Lokasi Gili Airgili air

Gili Air tepatnya berlokasi di sebelah barat laut dari Pulau Lombok. Letaknya ada di sebelah Gili Meno. Wisatawan yang telah puas berkeliling Gili Trawangan dan Gili Meno bisa berlanjut ke gili yang satu ini. Tempatnya masih satu kawasan dengan gili-gili yang lain. Tidak heran apabila banyak paket wisata untuk mengunjungi semua gili sekaligus. Di sekitar gili, saya turut menjelajah lima titik spesial di mana di alam bawah lautnya terdapat kura-kura, kuda laut hingga aneka macam ikan penghuni laut lainnya. Masyarakat setempat sendiri menyebut Gili Air ini sebagai Tengaq Aiq yang memiliki arti di tengah-tengah laut. Penduduk asli gili mayoritas adalah Suku Bugis serta Suku Sasak. Mata pencaharian dari masyarakat setempat adalah sebagai nelayan, pemandu wisata hingga pedagang. Gili ini biasanya akan mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan pada bulan Juli hingga Agustus. Kebanyakan wisatawan berasal dari luar negeri, terutama Australia, Prancis, Inggris, Italia, Belanda dan lain-lain. Tidak banyak wisatawan domestik di gili. Terutama saat saya mengunjungi gili ini juga lebih banyak ditemukan wisatawan mancanegara daripada wisatawan domestik.

Daya Tarik Gili Air

Kebanyakan dari turis asing yang berkunjung mengaku merasa kagum dengan pemandangan laut yang ada di Gili Air. Aktivitas yang paling disukai di gili ini adalah menyelam serta snorkelling. Menjelajah alam bawah laut di gili juga bisa dilakukan. Ada lima tempat favorit wisatawan dan juga sangat saya sukai. Kelimanya adalah Air Slope, Air Wall, Segaluh, Frogfish Point serta Malang Reef. Di sini saya dapat menikmati keindahan dari deretan terumbu karang serta ikan aneka warna yang sangat menarik. Pecinta olahraga bawah laut akan sangat menyukai wisata di gili ini. Daya tarik lain dari gili adalah kegiatan selancar yang juga bisa dilakukan oleh wisatawan. Ombaknya naik dan cantik sehingga sangat cocok untuk berselancar. Jika tidak ingin berselancar ataupun snorkelling, kegiatan lain yang tak kalah menarik ialah berjalan-jalan di tepi pantai sambil memandangi birunya air laut.

Cara Mencapai Gili Air

Mencapai Gili Air ternyata bukan hal yang sulit. Saya mencapai gili ini dari Kota Mataram dengan menaiki kendaraan darat. Sampai dengan dermaga Bangsal dengan waktu tempuh sekitar satu jam, kemudian menyeberang menggunakan perahu motor selama kira-kira lima belas menit. Alternatif rute yang lain adalah menyeberang dari arah Senggigi Lombok dan lama perjalanannya sekitar satu jam. Wisatawan yang telah terlebih dahulu memesan hotel akan dapat dijemput oleh staff hotel. Namun, ini jika hotel tempat menginap menyediakan fasilitas penjemputan. Wisata di Pulau Lombok akan semakin lengkap dengan mengunjungi Gili Trawangan, Gili Meno serta Gili Air. Keindahan dan keeksotisannya akan meninggalkan kesan tersendiri.

  • Facebook
  • Twitter
  • Pinterest

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar